Regulasi Emosi sebagai Upaya Kontrol Diri Warga Binaan Rutan Kelas 1 Makassar

Muh. Nur Hidayat Nurdin(1*), Agni Imaniah Rahmah(2), Amirah Ansyar(3), Masita Yulandri Salim(4), Miftahul Jannah(5), Mawar Fitriazahra(6),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(4) Universitas Negeri Makassar
(5) Universitas Negeri Makassar
(6) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24976

Abstract


Abstrak. Warga binaan Rutan kelas 1 Makassar menunjukkan bahwa diantara mereka cenderung masih terjadi perkelahian dikarenakan adanya perbedaan pendapat, kesalahpahaman dan akibat dari perbuatan tersebut mereka berakhir dengan hukuman di sel merah. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh, kami mengadakan psikoedukasi dengan judul Regulasi Emosi. Psikoedukasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada warga binaan mengenai regulasi emosi agar dapat mengatasi dan mengontrol diri dari munculnya emosi negatif. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah. Setelah dilaksanakannya psikoedukasi dan berdasarkan hasil yang diperoleh warga binaan dapat memahami materi dengan baik dan menambah wawasan dan pengetahuan mengenai Regulasi Emosi. Warga binaan sangat antusias dalam mendengarkan pemaparan materi dan mengajukan beberapa pertanyaan.

Kata kunci: regulasi emosi, kontrol diri, warga binaan


Full Text:

PDF

References


Arief, A. (2002). Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan. Jakarta: Ciputat Press.

Chaplin J.P. 2006. Kamus Lengkap Psikologi (terjemahan Kartono, K). Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.

Dirdjosisworo. (1984). Sejarah dan Azaz-Azaz Penologi (Pemasyarakatan). Bandung: Armico.

Effendy, I. (2016). Pengaruh pemberian pre-test dan post-test terhadap hasil belajar mata diklat hdw. dev. 100.2.a. pada siswa SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(2), 81-88. ISSN: 2528-5696.

Marsela, R. D., & Supriatna, M. (2019). Kontrol diri : definisi dan faktor. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice & Research. 3(2). 65–69. ISSN:2548-3226.

Sitohang, J. (2018). Penerapan metode tanya jawab untuk meningkatkan hasil belajar Ipa pada siswa Sekolah Dasar. Suara Guru. 3(4), 681-688.

Silaen, A. C., & Dewi, K. S. (2015). Hubungan antara regulasi emosi dengan asertivitas (Studi korelasi pada siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Jurnal Empati, 4(2), 175-181.

Triadi, B., & Kusumiati, R. Y. E. (2021). Hubungan control diri dengan perilaku agresif pada penjaga tahanan di Lapas Kelas II A Ambarawa. Jurnal Psikologi Konseling. 18(1). 874-885.


Article Metrics

Abstract view : 298 times | PDF view : 65 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.