Peningkatan Manajemen Konten Pembelajaran Daring Berbasis LMS Moodle Bagi Guru SMKN 4 Gowa

Muhammad Rais(1*), Muhammad Ayat Hidayat(2), Khaidir Rahman(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.23366

Abstract


Abstrak. Mitra kegitan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) adalah SMKN 4 Gowa lebih tepatnya adalah Jurusan Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH). Masalah dalam PKM adalah: (1) guru SMKN 4 khususnya jurusan ATPH masih belum memiliki kemampuan mengelola materi dalam bentuk teks dengan memanfaatkan learning resource LMS moodle. 2) masih belum memiliki kemampuan mengelola materi dalam bentuk video dan URL dengan memanfaatkan learning resource LMS moodle. Sasaran dalam kegiatan PKM adalah: (1) meningkatkan kemampuan guru jurusan ATPH SMKN 4 Gowa dalam memanfaatkan learning resource  LMS moodle pengelolaan materi berbasis documen teks berbentuk pdf, ppt, dan digital konten lainnya, (2) meningkatkan kemampuan guru jurusan ATPH SMKN 4 Gowa dalam memanfaatkan learning resource  LMS moodle berbasis video dan URL. Metode yang digunakan adalah: workshop, diskusi, curah pendapat dan praktek simulasi pembuatan konten materi di LMS moodle. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya dalam mengelola materi berbasis dokumen teks seperti pdf, ppt dengan memanfaatkan learning resource LMS moodle seperti file dan folder, (2) mitra memiliki kemampuan pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan learning resource LMS moodle seperti label, page, dan URL.

 

Kata Kunci: Manajemen Konten, Pembelajaran Daring, LMS Moodle


Full Text:

PDF

References


Chatib, M. (2014). Gurunya Manusia. Bandung: Mizan Pustaka

Heinich, Robert., Molenda, Michael., Russel, James., and, Smaldino, Sharon. (2019). Instructional Technology and Media For Learning (12th Edition). New Jersey: Prentice -Hall Inc

Indrajit, Eko, Richardius, (2019), Pentingnya Guru Kuasai Cyber Pedagogy di Era Revolusi Industri 4.0. Suara Karya.co.id https://suarakarya.co.id/pentingnya-guru-kuasai-cyber-pedagogy-di-era-revolusi-industri-4-0/11952/, diakses 20 Agustus 2019

Intan, A. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4.0. Jakarta: Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan.

Pujrianto. (2019). Modul PPG dalam Jabatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Uwes, A. C. (2018). Learning resource ju Arah Baru Teknologi Pendidikan quo vadis, Serang: Disampaikan dalam Temu Kolegial dan Seminar Teknologi Pendidikan, LeSemar, Serang, 24 Oktober 2018.

Wibawanto, Hari. (2019). Penjaminan Mutu Pembelajaran Daring. Bahan Presentasi Diskusi PPTIuP UNS. https://lppmp.uns.ac.id/wp-content/uploads/2019/08/Penjaminan-Mutu-Pembelajaran-Daring.pdf. (Diakses 27 Agustus 2021)


Article Metrics

Abstract view : 159 times | PDF view : 33 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.