Asistensi Pengelolaan Open Journal System (OJS) untuk Mendorong Peningkatan Akreditasi Jurnal Ilmiah dalam Lingkup Universitas Negeri Makassar

Nurul Mukhlisah Abdal(1*), Andi Muhammad Rivai(2), Syarifah Fathimah A.(3), Yusri Yusri(4),

(1) Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar
(2) Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar
(3) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(4) Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i1.21249

Abstract


Abstrak. Publikasi artikel penelitian baik itu di jurnal nasional maupun di jurnal internasional telah menjadi sesuatu yang tidak dipisahkan dari profesi seorang dosen bahkan mahasiswa. Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan jurnal ilmiah nasional terakreditasi, perguruan tinggi diharapkan dapat membuat dan mengembangkan jurnal-jurnal yang terdapat dalam lingkup perguruan tinggi masing-masing. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan pengelola jurnal dalam menggunakan Open Journal System (OJS). Kegiatan ini secara umum terdiri atas 4 tahap yakni tahap perencanaan, pelaksanaan kegiatan, observasi, dan tahap asistensi atau pendampingan. Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan ini yakni 1) Pengelola jurnal telah memahami dengan kekurangan atau kekeliruan yang mereka telah  lakukan selama pengelolaan jurnal, baik dari aspek manajemen penerbitan, proses review artikel, pembagian peran editor dan reviewer dan beberapa aspek lainnya, 2) Konsep pelatihan yang berdasarkan analisis kebutuhan peserta membuat peserta merasa materi yang diberikan pada saat pelatihan sangat bermanfaat bagi mereka, dan sangat sesuai dengan permasalahan yang dialami sebagai pengelola jurnal, 3) Pasca pelatihan, sebagian peserta telah memahami apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan kualitas jurnal mereka masing-masing. Peserta juga telah menyatakan kesiapannya untuk memperbaiki jurnal mereka.

 

Kata Kunci: Open Journal System (OJS), Jurnal Ilmiah, Akreditasi SINTA, Arjuna


Full Text:

PDF

References


Hasmawati, H., Abdal, N. M., Bakhtiar, M. I., Anwar, M., & Yusri, Y. (2020). PKM Pelatihan Pengelolaan Jurnal dalam Lingkup Universitas Negeri Makassar. PENGABDI, 1(1).

Junandi, S. (2018). Pengelolaan jurnal elektronik bidang perpustakaan menuju jurnal terakreditasi. Pustabiblia: Journal of Library and Information Science, 2(1), 119-136.

Sahrudin, U. (2019). Peran Pustakawan Dalam Pengelolaan Dan Penerbitan Jurnal Ilmiah. Kandaga–Media Publikasi Ilmiah Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan, 1(1).

Sari, D. B. K. (2020). Pengenalan Open Jornal System Madika Pusat Pendidikan Dan Pelatihan. Madika: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 95-106.

Wahyudi, R., & Pratama, R. (2020). Sharing dan Workshop Manajemen Tata Kelola Open Journal System pada Fakultas Universitas Boyolali. JPKMI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia), 1(1), 27-34.

Widoarjo, W., Sutopo, B., Sudaryono, E. A., Syafiqurrahman, M., & Juliati, J. (2020). Tata Kelola Jurnal Ilmiah Dan Strategi Peningkatan Peringkat Akreditasi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Kewirausahaan Indonesia (JANAKA), 6(1).


Article Metrics

Abstract view : 815 times | PDF view : 58 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.