Asesoris Memperindah Tampilan Baju Bodo

Muhammad Ardi(1*), Srikandi Srikandi(2), Syamsiarna Nappu(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i2.15772

Abstract


Mitra Program Kemitraan Komunitas (PKM) ini adalah UKM Keluarga Sutera. Masalahnya adalah: (1) kurangnya pengetahuan tentang desain aksesoris baju bodo (baju bodo) yang memiliki penampilan cantik, (2) kurang keterampilan membuat desain aksesoris baju bodo yang memiliki penampilan cantik, (3) jumlah produksi pakaian bodo yang memiliki aksesori yang tampak cantik sangat terbatas, dan (4) kualitas produksi pakaian bodo yang memiliki aksesori yang terlihat cantik sangat terbatas. Sasaran eksternal adalah pakaian bodo yang memiliki aksesori yang terlihat cantik dan berbagai warna untuk orang dewasa, remaja, dan anak-anak. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam mendesain aksesoris pakaian bodo (baju bodo), (2) mitra memiliki keterampilan untuk merancang dan menjahit aksesoris, (3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi bodo pakaian yang memiliki aksesoris dengan penampilan yang indah, (4) pasangan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas pakaian bodo yang memiliki aksesoris dengan penampilan yang indah, dan (5) memproduksi pakaian bodo yang memiliki aksesoris berbagai warna dengan penampilan yang indah.

Full Text:

PDF

References


Bahfiarti, T. (2013). Konsep Warna Baju Bodo dalam Perkawinan Adat Bugis (Studi komunikasi non verbal). Jurnal Ilmu Komunikasi, 3.

Hariana. (2010). Tinjauan Pakaian Adat Sulawesi Selatan (Studi Komparatif Baju Bodo Suku Bugis, Makassar, dan Mandar. Buletin Sibermas.

Miftakiyah. (2014). Pengetahuan Dasar Busana.

Nashrullah. (2017). Pakaian Adat Suku Bugis-Makassar.

Riyanto, A. A. (2003). Teori Busana. Bandung: Yapemdo.

Sulvinajayanti, S., Cangara, H., & Bahfiarti, T. (2016). Makna Pesan Komunikasi Motif Kain Sutera Sengkang Pilihan Konsumen di Kota Makassar. KAREBA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 37–45.


Article Metrics

Abstract view : 184 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.