PKM Kreatifitas Kelompok Remaja Putri Dalam Pembuatan Masker Modifikasi Untuk Mengantisipasi Penularan COVID-19

Kurniati Kurniati(1*), St. Aisyah(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15728

Abstract


Mitra Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini adalah kelompok remaja putri di Desa Kanaungan, Kec. Labakkang, Kab. Pangkep. Masalahnya adalah: (1) Keterbatasan jumlah masker siap pakai yang dimiliki oleh remaja putri, (2) Sulitnya remaja putri mendapatkan model masker yang sesuai dengan keinginnan, (3) kurangnya keterampilan dalam remaja putri di Desa Kanaungan dalam menjahit dan membuat masker sendiri. Sasaran eksternal adalah masker kain siap pakai yang terbuat dari beberapa jenis kain polos dan batik dengan desain yang menarik yang dapat digunakan oleh remaja-remaja putri di Desa Kanaungan. Metode yang digunakan adalah: di awali dengan sesi tanya jawab seputar kemampuan menjahit masker kemudian dilanjutkan dengan praktek  membuat masker dengan berbagai macam model oleh mitra. Hasil yang dicapai adalah (1) Kelompok mitra  mengaku akan lebih termotivasi untuk membuat masker agar dapat menambah persedian masker siap pakai, (2) Dengan adanya pelatihan membuat masker menjadikan kelompok mitra sudah mampu memiliki jenis masker dengan desain dan motif sesuai dengan selera yang diperoleh melalui hasil karya mereka sendiri, (3) Kelompok mitra mendapatkan keterampilan baru melalu program pelatihan pembuatan masker siap pakai dengan mengetahui langkah-langkah dalam pembuatan masker yang sebelumnya belum mereka dapatkan

Full Text:

PDF

References


Afandi, M., E. Chamaliah, O. P. Wardani. (2013). Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Unissula Press. Semarang.

Esposito, S., Principi, N., Leung, C.C., & Migliori, G.zB. (2020). Universal Use of Face Masks for Success Against COVID-19: Evidence and Implications for Prevention Policies. European Respiratory Journal, 1, 3-6.

Purnamasari, D. (2013). Pelaksanaan Program Keterampilan Tata Rias sebagai Upaya Memberdayakan Remaja di Panti Sosial Bina Remaja (PSBR), Tridadi, Sleman, Yogyakarta. Skripsi. Uniersitas Negeri Yogyakarta.

Satgas Penanganan Covid. (2020). Peta Sebaran Covid-19. di akses pada laman https://covid19.go.id/peta-sebaran tanggal 19 Oktober 2020.

Sukmawati, T. (2018). Upaya LKP Lucky Dalam Meningkatkan Keterampilan Melalui Program Kursus Menjahit (Studi Kualitatif Bagi Kalangan Perempuan di LKP Lucky, Desa Tani Mulya, Kec. Ngamprah, Kab. Bandung Barat). Jurnal Comm_Edu. Vol. 1 (2) : 105-114.

Wey, L., George, L. (2020). Community Use Of Face Masks And COVID-19: Evidence From A Natural Experiment Of State Mandates In The US. Healt Affairs 39, No.8, 1419-1425.

World Health Organization, Coronavirus Disease (COVID-19) Advice for The Public: When and How to Use Mask [Online], Diakses dari: https://www.who.int/emergencies/disease/novel-coronavirus2019/advice-for-public/when-and-how-touse-masks [2020c, 10 Juni 2020].


Article Metrics

Abstract view : 277 times | PDF view : 87 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.