Peningkatan Profesionalisme Guru-Guru SMAN 5 Gowa Melalui Pelatihan Penyusunan Asesmen Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills)

Jusniar Jusniar(1*), Ahmad Fudael Majid(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15726

Abstract


Penyusunan asesmen dan pembelajaran berbasis HOTS merupakan salah satu implikasi dari Kurikulum 2013 Revisi tahun 2017 serta penyiapan generasi emas di abad 21 yang memiliki keterampilan 4C (Communication, Collaboration, Crtical dan Creative thinking). Asesmen berbasis HOTS dapat diwujudkan oleh guru-guru dengan dukungan proses pembelajaran yang dapat menstimulasi HOTS. Guru-guru di SMAN 5 Gowa kondisinya sangat mendukung, oleh karena siswa-siswa sekolah tersebut tergolong kategori unggulan dengan sarana yang cukup lengkap untuk menerapkan model-model pembelajaran inovatif. PKM ini bertujuan memberikan tambahan pengetahuan, pengalaman, dan keterampilan dalam hal penyusunan perangkat asesmen berbasis HOTS. Metode PKM yang diterapkan berupa pelatihan dan pendampingan dalam penyusunan asesmen berbasis HOTS yang diawali dari proses penjabaran kompetensi dasar (KD) ke indikator-indikator pencapaian kompetensi yang berbasis HOTS. Hasil PKM secara umum direspon “sangat baik” oleh peserta dan berharap keberlanjutan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan profesionalisme guru-guru.

Full Text:

PDF

References


Afandi & Sajidan. (2017). Stimulasi Keterampilan Tingkat Tinggi. UNS Press.

Anderson, L. W., Krathwohl, D. R., Eds. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives (complete ed.); Longman: New York

Arends, RI. (2012). Learning How to Teach. New York: McGraw-Hill Comapies.Inc.

Arikunto, S. (2008). Evaluasi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek (Edisi Revisi V). Jakarta: Bumi Aksara.

DirJenDikDasMen, (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Other Thinking. Jakarta: Depdikbud.

Gultom, S. (2013). Materi Pelatihan Guru: Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E. (2009). Models Of Teaching Model-Model Pengajaran Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman M. U. (2007). Menjadi Guru Prefesional, Bandung: Rosda Karya.

UU No 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

UU nomor 20 tahun 2003 tentang Sisetem Pendidikan Nasional.

Zoller, U. (2001). Alternative assessment as (critical) means of facilitating HOCS-promoting teaching and learning in chemistry education. Chemistry Education: Research and Practice in Europe. Vol. 2. No. 1. 9 – 17.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.