Pemberdayaan Komunitas Masyarakat Nelayan Melalui Pembinaan Terpadu Untuk Peningkatan Ekonomi

Jufriadi Jufriadi(1*), Musawwir Musawwir(2), Rahmawati Rahman(3), Rudi Latief(4),

(1) Universitas Bosowa
(2) Universitas Bosowa
(3) Universitas Bosowa
(4) Universitas Bosowa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15725

Abstract


Program Pengembangan Desa Mitra (PPDM) ini adalah masyarakat desa pesisir. Masalahnya adalah: (1) masyarakat desa khususnya yang berada diwilayah pesisir masih tergolong masyarakat miskin, (2) kurang keterampilan untuk memanfaatkan potensi desa seperti hasil rumput laut untuk diolah sebagai usaha rumah tangga , (3) hasil rumput laut di desa cukup banyak namun hanya dijual langsung setelah panen, dan (4) potensi wisata panatai belum dikelolah dengan baik khususnya dermaga yang ada didesa. Metode yang digunakan adalah: edukasi, pelatihan, FGD/diskusi, tanya jawab, dan mitra pendamping. Hasil yang dicapai adalah (1) mitra memiliki pengetahuan dalam mengelolah hasil rumput laut (Es Krim, sabun rumput laut), (2) mitra memiliki keterampilan untuk membuat es krim, sabun herbal rumput laut, sabun cuci piring dan pupuk kompos(3) mitra memiliki kemampuan untuk meningkatkan produksi hasil olahan rumput laut dengan berbagai rasa dan model, membuat pupuk kompos untuk pengadaan pupuk bagi petaniĀ  (4) memproduksi olahan rumput laut yang memiliki kualitas yang bisa bersaing dan membuat pupuk kompos untuk mengurangi biaya pembelian pupuk bagi petani di desa.

Full Text:

PDF

References


Hutomo, M.Y. (2000). Pemberdayaan Masyarakat dalam Bidang Ekonomi: Tinjauan Teoritik dan Implementasi. Jakarta: Bappenas.

Mardikanto, T. dan Soebiato, P. (2012). Pemberdayaan Masyarakat. Bandung: Alfabeta.

Rusli, Z., dkk. (2012). Pemberdayaan Masyarakat Miskin Melalui Program Usaha Ekonomi Desa Simpan Pinjam (UED-SP). Pekanbaru: Universitas Riau.

Soetomo. (2014). Kesejahteraan dan Upaya Mewujudkannya dalam Perspektif Masyarakat Lokal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suharto, E. (2010). CSR dan COMDEV Investasi Kreatif Perusahaan. Bandung: Alfabeta,

Zubaedi. (2007). Wacana Pengembangan Alternatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Article Metrics

Abstract view : 182 times | PDF view : 23 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.