Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pembuatan Ecoprint Pada Peserta Kursus Menjahit Yayasan Pendidikan Adhiputeri Kota Makassar

Irmayanti Irmayanti(1*), Hamidah Suryani(2), Rissa Megavitry(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pengabdi.v1i1.15722

Abstract


Yayasan Pendidikan Adhiputeri merupakan salah satu lembaga pendidikan non formal yang menyelenggarakan berbagai macam kursus, salah satunya adalah kursus menjahit. Warga belajar kursus menjahit Yayasan Adhiputeri terdiri atas remaja putus sekolah dan ibu-ibu rumah tangga yang masih tergolong sebagai tenaga kerja produktif, dimana sangat memungkinkan untuk menambah keterampilan dan menjadikan ecoprint sebagai peluang usaha guna meningkatkan pendapatan keluarga. Adapun tujuannya pelatihan ini adalah selain untuk menumbuhkan kesadaran dan kemandirian dalam berusaha juga dapat memperluas lapangan kerja guna meningkatkan pendapatan keluarga dalam usaha mencapai keluarga yang bahagia dan sejahtera. Pemanfaatan bahan alami untuk pembuatan ecoprint merupakan usaha yang sangat mudah dikerjakan karena ecoprint memiliki keunggulan diantaranya yaitu ramah lingkungan, tidak menggunakan bahan kimia, proses pembuatannya mudah, bahannya mudah diperoleh karena berasal dari dedaunan, bunga maupun ranting tumbuhan serta tidaak memerlukan mesin sehingga dapat memberikan lapangan kerja yang baru bagi para masyarakat khususnya dalam hal bagi warga belajar Yayasan Pendidikan Adhiputeri. Metode yang digunakan adalah: ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan praktikum. Hasil yang dicapai adalah : (1) mitra memiliki pengetahuan dan keterampilan mewarnai dan mencetak motif di kain menggunakan teknik ecoprint, (2) mitra mampu mengisi waktu luang yang dimiliki dengan keterampilan mewarnai dan mencetak motif pada kain dengan Teknik ecoprint, (3) mitra sudah memiliki pengetahuan tentang cara membuat kerajinan tangan berupa cetakan motif pada kain dengan teknik ecoprint dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan tersebut sehingga dapat dimanfaatkan untuk manambah penghasilan keluarga, (4) Hasil akhir dari karya mitra dapat dikategorikan cukup rapi meskipun masih diperlukan latihan guna menghasilkan warna dan cetakan motif tumbuhan (daun, bunga dan batang) yang semakin menarik

Full Text:

PDF

References


Djandjang Purwo Sedjati & Vincentia Tunjung Sari. (2019). Mix Teknik Ecoprint Dan Teknik Batik Berbahan Warna Tumbuhan Dalam Penciptaan Karya Seni Tekstil. Jurnal. Jurnal Seni Kriya Vol.8 No.1.

Maharani, A. (2018). Motif Dan Pewarnaan Tekstil Di Home Industrykaine Art Fabric “Ecoprint Natural Dye”. Skripsi, (Online). http://eprints.uny.ac.id/57613/1/skripsi%20full.pdf.

RR.Nissa Pressinawangi KP dan Dian Widiawati. Eksplorasi Teknik Ecoprint Dengan Menggunakan Limbah Besi Dan Pewarna Alami Untuk Produk Fashion. Jurnal. Jurnal Tingkat Sarjana bidang Senirupa dan Desain, No.1.

Saptutyningsih, E & Titis Kusuma Wardani, D. (2019). Pemanfaatan Bahan Alami Untuk Pengembangan Produk Ecoprint Di Dukuh IV Cerme, Panjatan, Kabupaten Kulonprogo. Jurnal. Jurnal Warta LPM, Vol. 22, No.1.


Article Metrics

Abstract view : 729 times | PDF view : 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.