Pemanfaatan Dan Pemeliharaan Sarana Dan Prasarana Pendidikan

Nur Fatmawati(1*), Andi Mappincara(2), Sitti Habibah(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.9799

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan di SMP Negeri 7 Makassar. Fokus penelitian yaitu bagaimanakah pemanfaatan dan pemeliharaan sarana pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan dan pemeliharaan sarana pendidikan. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, pengelola sarana dan prasarana, guru dan peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan  pembahasan dapat  disimpulkan  bahwa:  sarana  pendidikan  di SMP  Negeri 7 Makassar sudah dimanfaatkan dengan optimal, karena;  guru menggunakan taman sekolah sebagai pengganti ruang kelas sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai, guru mengajarkan materi pelajaran sudah sesuai dengan media yang digunakan, guru mengajarkan siswa   sesuai dengan materi yang disampaikan dengan memanfaatkan sarana penunjang yang ada dikelas, dan dalam pemanfaatan sarana pendidikan harus diperhatikan sesuai dengan karakter siswa yang berbeda-beda. Sedangkan pemeliharaan sarana pendidikan di SMP Negeri 7 Makassar sudah terlaksana secara optimal, dimana pemeliharaannya dilihat dari segi sifat berupa pengecekan, pencegahan, dan perbaikan ringan dan berat, dan pemeliharaan dari segi waktu yaitu pemeliharaan sehari-hari dan pemeliharaan secara berkala.


Keywords


Pemanfaatan, pemeliharaan, pemanfaatan dan pemeliharaan sarana dan prasarana pendidikan.

Full Text:

PDF

References


Arum, & Wahyu, S. A. 2007. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan.Jakarta: CV. Multi Karya Mulia.

B. Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan Di Sekolah. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.

Bafadal, I. 2003. Manajemen Peningkatan Mutu Sekolah Dasar; Dari Sentralisasi Menuju Desentralisasi. Bandung: Bumi Aksara.

Didin, K., & Imam, M. 2016. Manajemen Pendidikan "Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan". Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fuad, N., & Martin. 2016. Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan "Konsep dan Aplikasinya". Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Ismaya, B. 2015. Pengelolaan Pendidikan. Jakarta: PT Refika Aditama.

Minarti, S. 2016. Manajemen Sekolah "Mengelola Lembaga Pendidikan SecaraMandiri".

Moleong, L. 2009. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. Mustari, M. 2015. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Nasution S. 2003. Metode penelitian naturalistik - kualitatif. Bandung: PT.Tarsito.

Rohiat. 2008. Manajemen Sekolah: Teori Dasar dan Praktik. Bandung: RefikaAditama.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

-----------. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Wahyuningrum, H. 2000. Buku ajar manajemen fasilitas pendidikan. Yogyakarta: AP FIP UNY.

Republik Indonesia. 2005. Undang-undang No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Sekretariat Negara. Jakarta.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). (Online). https://kbbi.web.id/kiat-2. (diakses 15 Oktober 2018).

Kelompoklansia. 2017. Media, Sarana dan Sumber Belajar Pendidikan LuarSekolah. https://kelompoklansia.wordpress.com/2017/12/03/sarana- pembelajaran/, (diakses 15 Oktober 2018).

Herdiansyah Dahlan. 2012. Pengertian, Jenis, dan Peran Sarana Belajar Di Sekolah. http://hendriansdiamond.blogspot.com/2012/02/pengertian-jenis-dan-peran-sarana.html, (diakses 15 Oktober 2018).

Dennisa Hayuningtyas. 2017. Sarana dan Prasarana Pembelajaran. https://civitas.uns.ac.id/dennisahw/2017/05/03/sarana-dan-prasana-pembelajaran/, (diakses 15 Oktober 2018).

Nurhidayah, Siti. 2018. Manajemen Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Bandar Lampung. Skripsi, Bandar Lampung. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Wahyunuhari, Fajar. 2013. Pemanfaatan media pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Di Sekolah Dasar Negeri Se- Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul. Skripsi, Yogyakarta. Fakultas Ilmu Keolahragaan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Astuti, Lilin. 2016. Pemanfaatan media dalam pembelajaran ipa kelas v di MI Diponegoro 03 Karangklesem Purwokerto Selatan Kabupaten Banyumas. Skripsi, Purwokerto. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Insititut Agama Islam Negeri Purwokerto.

Kata Sinonim. 2018. Sinonim Kiat. https://www.katasinonim.com/persamaan/kiat, (diakses 7 Februari 2019).

Ryusnita. 2017. 4 Definisi Teknik Menurut Para Ahli. https://definisimenurutparaahli.blogspot.com/2017/04/4-definisi-teknik- menurut-para-ahli.html. (diakses 7 Februari 2019).


Article Metrics

Abstract view : 2922 times | PDF view : 18402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Fatmawati, Andi Mappincara, Sitti Habibah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats