Minat Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Blended Learning melalui Google Classroom pada Pembelajaran Konsep Dasar Bahasa Indonesia SD

Feby - Inggriyani(1*), Acep Roni Hamdani(2), Taufiqulloh Dahlan(3),

(1) Universitas Pasundan
(2) Universitas Pasundan
(3) Universitas Pasundan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.8649

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi minat belajar mahasiswa dengan blended learning menggunakan kelas google. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa semester empat tahun akademik 2018/2019. Pengambilan sampel dengan purposive sampling adalah kelas IV A yang berjumlah 44 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi, yaitu kuesioner, wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata minat belajar mahasiswa sebelum blended learning adalah 66,70. Sedangkan hasil rata-rata skor minat mahasiswa setelah diberikan pembelajaran dengan memanfaatkan blended learning, yaitu 85,48. Dengan demikian, ada peningkatan minat dalam belajar dengan rata-rata 18,78. Semua indikator minat belajar siswa dicapai dengan sangat baik. Indikator persentase perasaan senang adalah 86,50, indikator perhatian saat belajar adalah 85,80, indikator minat belajar adalah 85,00% dan indikator keterlibatan dalam belajar adalah 84,50%. Indikator minat belajar terbesar adalah perasaan bahagia. Dengan demikian, blended learning dapat meningkatkan minat belajar di perguruan tinggi.

 

Kata Kunci: blended learning, google classroom, minat belajar

ABSTRACT

This study uses qualitative methods with descriptive designs. The purpose of this study is to identify interest in college student learning in blended learning using google classes. The population in this study is the fourth semester students of the 2018/2019 academic year. Sampling with purposive sampling is class IV A, amounting to 44 people. Data collection techniques using triangulation, namely questionnaires, interviews and observations. The results showed that the average college student learning interest before blended learning was 66.70. While the results of the average score of interest in college student after being given learning by utilizing blended learning, which is 85.48. Thus, there is an increased interest in learning with an average of 18.78. All student learning interest indicators are very well achieved. The indicator of the percentage of feeling happy is 86.50, the indicator of attention when studying is 85.80, the indicator of learning interest is 85.00% and the indicator of involvement in learning is 84.50%. The indicator of greatest interest is feeling happy. Thus, blended learning can increase interest in studying in college.

Keywords : blended learning, google classroom, lerning interest


Keywords


blended learning, google classroom, minat belajar

Full Text:

PDF

References


Bibi, Sarah. (2015). Efektivitas Penerapan Blended Learning Terhadap Tingkat Pemahaman Mahasiswa Mata Kuliah Algoritma Dan Pemrograman. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 4(2),274-286.

Djamarah, Syaiful. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunawan1, Fransiskus Ivan dan Stefani Geima Sunarman.(2018).Pengembangan Kelas Virtual Dengan Google Classroom Dalam Keterampilan Pemecahan Masalah (Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa Smk Untuk Mendukung Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematik Etnomatnesia. 340-348.

Hardiyana, Andri. (2015). Implementasi Google Classroom sebagai Alternatif dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di Sekolah. Karya Tulis Ilmiah, Cirebon: SMA Negeri 1 Losari.

Hermidayani, Khoirun. (2018). Pengaruh Model Blended Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Seminar Nasional Royal (SENAR). STMIK Royal – AMIK Royal. 661 – 666

Iftakhar, Shampa. (2016). Google Classroom: What Works and How?. Journal of Education and Social Sciences, 3 (feb), 12-18.

Istiqomah, Sri Banun Titi & Ninik Azizah. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis ICT untuk Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (ISBD) di Prodi D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang. JURNAL EDUHEALTH, 3(2), 103-113.

Izenstark, Amanda, and Katie L. Leahy. (2015). “Google Classroom for Librarians: Features and Opportunities.” Library Hi Tech News 32 (9):1–3. https://doi.org/10.1108/LHTN-05-2015-0039.

Nanindya, D. W. 2018. Daya Tarik Pembelajaran DI Era 21 dengan Blended Learning. JKTP, I (1): 13-18

Pappas, Christopher (2015). "Google Classroom Review: Pros And Cons Of Using Google Classroom In eLearning". Diakses 1 Mei 2017 dari https://elearningindustry.com/google classroom-review-pros-and-cons-of-usinggoogle-classroom-in-elearning

Pohan, Sutan Saribumi. (2016). Blended Learning Sebagai Strategi Pembelajaran Di Era Digital. Prosiding Temu Ilmiah Nasional Guru (Ting) Viii. Universitas Terbuka Convention Center. 227-237.

Jatmiko Budhi Prakosa, Jatmiko Budi, J.S Sukardjo dan Sri Mulyani.(2013). Penerapan Blended Learning Dengan Numbered Heads Together (Nht) Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri Gondangrejo Tahun Ajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 2(4), 96-101.

Qomariah, S.S dan I Ketut R.S. (2016). Kualitas Media Pembelajaran, Minat Belajar, Dan Hasil Belajar Siswa: Studi Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Kelas X Iis Sma Negeri 12 Jakarta. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Bisnis, 4 (1),33-47.

Riduwan. 2006. Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula.Bandung:Alfabeta Rosdakarya.

Salma, D. P. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan E-learning. Jakarta: Kencana.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sjukur, S.B.(2012). Pengaruh Blended Learning terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Tingkat SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3 (2), 368-378.

Torrao, S. (2007). Blended Learning: Research Report & Examples of Best Practices. Estonia. University


Article Metrics

Abstract view : 3023 times | PDF view : 1153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Feby - Inggriyani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats