Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel
(1) 
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6863
Abstract
Penelitian ini Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menggambarkan penerapan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar. (2) Untuk mengetahui kemampuan menyimak dan berbicara pada anak melalui metode bercerita di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini yaitu penerapan metode bercerita, kemampuan menyimak dan berbicara anak. Subjek penelitian ini adalah kelompok B3 yang berjumlah 15 orang dan 2 orang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Data yang diperoleh melalui instrumen observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptifkualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita pada anak kelompok B1 di Taman Kanak-kanak Pertiwi Kota Makassar menggunakan metode bercerita dengan menggunakan alat peraga berupa buku cerita, audio visual (TV), boneka tangan, dan gambar berseri, dari ke empat alat peraga tersebut yang paling sering digunakan adalah bercerita dengan menggunakan alat peraga berbentuk audio visual (TV). Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada semua guru Taman Kanak-kanak untuk menjadikan metode bercerita sebagai salah satu metode pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan menyimak dan berbicara anak.
Keywords
References
Beaty. J. Janice. 2014. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Hasanah, Uswatun. 2011. Mengembangkan Daya Pikir & Daya Cipta Anak Usia 5-6 Tahun. Online: (http://paud-uny.blogspot.com/). Diakses 1 Februari 2017.
Hurlock, Elizabeth, B. 1978. Perkembangan Anak. Jilid I. Jakarta: Erlangga
Howard.1997. Pengembangan Bahasa untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Rineka Cipta
Musbikin, Imam. 2010. Buku Pintar PAUD dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Laksana.
Madyawati, lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.
Moeslichatoen. 2004. Metode Pengajaran Di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugraha, A. 2010. Kurikulum dan Bahan Belajar TK. Jakarta: Universitas Terbuka.
Nuraeni. 2002. Pembelajaran Bahasa Indonesia SD dan Apresiasi Bahasa dan Sastra Indonesia. Yokyakarta: BPG.
Soetopo, Hendyat. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran Teori, permasalahan dan Praktek. Malang: UMM Pres.
Sutari, dkk. 1997. Menyimak. Jakarta: Depdikbud
Tarigan, Henry Guntur. 1981. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Article Metrics
Abstract view : 864 times | PDF view : 197 times Untitled view : 0 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 HAJERAH M.PD
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)