Pembelajaran Program Khusus Orientasi Mobilitas Bagi Peserta Didik Tunanetra di Sekolah Luar Biasa

anita yudhiastuti(1*), Nur Azizah(2),

(1) yogyakarta state university
(2) yogyakarta state university
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.5778

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran program khusus orientasi mobilitas bagi peserta didik tunanetra di SLB PGRI Sentolo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu satu guru orientasi mobilitas dan peserta didik tunanetra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduction, data display, and conclusion drawing/ verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahap persiapan dilakukan dengan melakukan asesmen, menyusun silabus dan menyusun RPP. Pelaksanaan dilakukan meliputi tiga kegiatan yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan berisi kegiatan memotivasi, memusatkan perhatian dan mengetahui kemampuan yang telah dikuasai. Pada kegiatan inti, guru sering menggunakan metode ceramah dan praktik. Guru menggunakan media benda sekitar. Pada proses pembelajaran bahan ajar belum digunakan secara optimal. Pada kegiatan penutup dilakukan penilaian. Pada tahap evaluasi, guru melakukan evaluasi formatif pada proses pembelajaran dan setelah pembelajaran. Evaluasi dilakukan dengan observasi dan tes praktik. Rekomendasi penelitian selanjutnya yaitu dapat melakukan upaya intervensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seperti melakukan inovasi  pada media, bahan ajar, dan penilaian.

 

 


Keywords


pembelajaran program khusus orientasi mobilitas, peserta didik tunanetra

Full Text:

PDF

References


Ambarita, Alben. (2006). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.

Friend, M & Bursick, W.D. (2012).Including Student with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teacher. Sixth Edition. USA:Pearson

Gargiulo, R. M & Kilgo, J. L. (2005). Young Children with Special Needs. Second Edition. USA: Delmar Cengage Learning

Hidayat, A.AS. & Suwandi, A. (2013). Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra. Bandung: Luxima.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud No.81 A tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2014). Program Pengembangan Kekhususan: Pedoman Pengembangan Orientasi Mobilitas, Sosial Dan Komunikasi untuk Peserta Didik Tunanetra.Jakarta: Kemendikbud.

Magalhaes, A.T., Sankako, A.N. & Braccialli, L. MP. (2014). Strategies Used By Children’s Education Teacher for Orientation and Mobility of the Visually Impaired Student. British Journal of Visual Impairment. 32, 157-169.

Majid, Abdul. (2012). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mumpuniarti. (2003). Ortopedagogik Tunagrahita. Yogyakarta: FIP UNY

Ratnasari & Pamuji. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk Meningkatkan Orientasi Mobilitas Anak Tunanetra di Pendidikan Khusus Negeri Seduri Mojosari. Jurnal Pendidikan khusus. 1-11

Riyana, Cepi. (2009). Komponen-komponen pembelajaran. Modul 6. Bandung UPI.

Rudiyati, S. (2002). Pendidikan Anak Tunanetra. Yogyakarta: FIP UNY.

Smith, D. D. & Tyler, N.C. (2010).Introduction to Special Education. London: Pearson

Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan Edisi 7. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Turnbull, A., Turnbull, R., Wehmeyer, M. L., & Shogren, K. A. (2013). Exceptional Lives: Special Education In Today’s Schools.Seventh Edition. USA: Pearson..

Widjaya, A. (2013). Seluk Beluk Tunanetra dan Strategi Pembelajarannya. Yogyakarta: Javalutera


Article Metrics

Abstract view : 1836 times | PDF view : 698 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 anita yudhiastuti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats