Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas

Erni Ratna Dewi(1*),

(1) STKIP Andi Matappa Pangkep
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i1.5442

Abstract


Mengembangkan metode pembelajaran modern dan komnvensional dibutuhkan adanya metode resistensi yaitu ada kemampuan guru “mendengarkan” siswa mampu berbicara, membaca, mempraktekkan dan melakukan tindakan pembelajaran secara tentatif dan konstruktif, agar mampu menciptakan nuansa pembelajaran yang lebih hidup, mudah dan cermat. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan opinion survey yang mengamati 21 SMA Negeri di Kota Makassar. Penentuan informan dilakukan dengan metode representatif melalui wawancara kepada Kepala Dinas Pendidikan dan stafnya yang menerima laporan tentang perkembangan penerapan metode pembelajaran di SMA. Analisis data yamg digunakan menganalisa grafik perkembangan metode pembelajaran untuk mengetahui efektivitas, efisiensi dan kualitas pembelajaran. Hasil penelitian menemukan bahwa model yang representatif berkembang diterapkan oleh guru adalah model pembelajaran kooperatif (model 2) dibandingkan dengan model pendekatan CTL (model 6) serta model lainnya. Model pembelajaran yang diterima oleh siswa SMA dalam proses belajar mengajar adalah model pembelajaran matematika realistik (model 7) dibandingkan dengan model pembelajaran peningkatan kemampuan berpikir (model 4) serta model lainnya. Metode pembelajaran yang representatif berkembang diterapkan oleh guru SMA adalah metode demonstrasi (metode 2) dibandingkan dengan metode simulasi (metode 5) serta metode lainnya. Metode pembelajaran yang representatif diterapkan guru SMA dan diterima oleh siswa adalah metode diskusi panel dan debat (metode 3) dibandingkan dengan metode bermain peran (metode 4) serta metode lainnya. Hasil metode pembelajaran modern dan konvensional yang diterapkan oleh guru SMA dan diterima oleh siswa sudah bisa dikatakan efisien, efektif dan berkualitas dalam penerapannya mulai tahun 2013 – 2017.


Keywords


Model Pembelajaran, Metode Pembelajaran Modern dan Metode Pembelajaran Konvensional

Full Text:

PDF

References


Anitah, Sri, 2008. Media Pembelajaran, Solo: UNS Press.

Bungin, Burhan, H.M, 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cepi Riyana, 2004, Strategi implementasi Teknologi Informasi dan Komunikasi dengan menerapkan Konsep Instructional Technology, Jurnal Edutech, Jurusan Kurtek Bandung.

Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Dahlan, 2000. Model-model Mengajar. Bandung : Diponegoro.

Daryanto, 2000. Media Visual untuk Pengajaran Teknik, Bandung: Tarsito, 1993

Dick, Walter & Lou Carey. 1978. The Systematic Design of Learning. Harper Collins Pub.

Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Rosda.

Majid, Abdul, 2008. Perencanaan Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyono, 2012. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran di Abad Global, Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Muslich, Masnur, 2008. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman, 2011. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Seri Manajemen Sekolah Bermutu. Jakarta: Rajawali Press.

-------------, 2013. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Edisi Revisi, Jakarta: Rajawali Pers.

-------------. 2013. Manajemen Kurikulum. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sani, Ridwan Abdullah, 2015. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, 2010. Interaksi dan Motovasi Belajar-Mengajar, Jakarta: Rajawali Pers.

Sri Rahayu Chandrawati. 2009. Model-Model Pengembangan Kurikulum Dan Fungsinya Bagi Guru. http://chandrawati.wordpress.com/category/uncategorized/ di unduh pada tanggal 22 Maret 2012

Sudjana, Nana, 2009. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumantri, Mohamad Syarif, 2015. Strategi Pembelajaran. Teori dan Praktik di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: Rajawali Press.

Suprihartiningrum, Jamil, 2014. Stategi Pembelajaran: Teori & Aplikasi, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprijono, Agus Suprijono, 2013. Cooperative Learning, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syah, Muhibin, 2009. Psikologi Belajar, Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Soemanto, Wasty, 2008. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, Muhibbin, 2000. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru, Bandung: Rosdakarya.

Trianto, 2000. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

------------, 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP . Jakarta: Bumi Aksara.

Usman, M. Basyirudin, 2002. Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers.


Article Metrics

Abstract view : 22289 times | PDF view : 20017 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Erni Ratna Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats