Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Mengatasi Prilaku Abnormal Siswa Sekolah Dasar

Tita Kurnia Hakim(1*), Devi Vionitta Wibowo(2), Afif Nurseha(3), Shyntia Egistiani(4),

(1) Fakultas Tarbiyah STAI Riyadhul Jannah Subang
(2) Fakultas Tarbiyyah STAI Riyadhul Jannah
(3) Fakultas Tarbiyyah STAI Riyadhul Jannah
(4) Fakultas Tarbiyyah STAI Riyadhul Jannah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v7i1.44798

Abstract


Penelitian ini membahas tentang strategi guru pendidikan guru agama islam untuk mengatasi permasalahan prilaku abnormal pada siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk prilaku abnormal pada siswa serta untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi prilaku abnormal pada siswa dan untuk mengetahui implikasi penanggulangan prilaku abnormal terhadap pendidikan agama islam masa kini. Penelitian ini bertempat di SDN Cikujang Kabupaten Subang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan melakukan observasi atau pengamatan yang dilakukan untuk mengamati prilaku abnormalpada siswa dan melakukan wawancara kepada pihak sekolah SDN Cikujang yaitu kepada Kepala Sekolah dan Guru PAI untuk mengkonfirmasi strategi yang digunakan untuk mengatasi masalah prilaku abnormal pada siswa. Hasil dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui beberapa bentuk-bentuk prilaku abnormal pada siswa dengan strategi guru pendidikan agama islam dalam mengatasi prilaku abnormal yaitu dengan cara melakukan pencegahan terlebih dahulu. Selain itu juga guru selalu memberikan pengarahan sebaik mungkin serta melaksanakan pembiasaan keagamaan seperti membaca yasin setiap jum’at dan selalu melaksanakan hari-hari besar islam serta selalu menanamkan nilai-nilai agama sejak dini agar bisa menjadikan peserta didik yang berkarakter baik.

This study discusses the strategy of Islamic religious teacher education teachers to overcome the problem of abnormal behavior in students. The purpose of this study aims to find out how abnormal behavior forms in students and to find out the strategies applied by Islamic religious education teachers in dealing with abnormal behavior in students and to find out the countermeasures for abnormal behavior in contemporary Islamic religious education. This research took place at Cikujang Elementary School, Subang Regency. This study uses a descriptive descriptive research method by making observations or observations made to observe abnormal behavior in students and conducting interviews with the Cikujang Elementary School, namely the Principal and Islamic Religious Education Teachers to confirm the strategies used to overcome the problem of abnormal behavior in students. The results of this study are to find out some forms of abnormal behavior in students with Islamic religious education teacher strategies in overcoming abnormal behavior, namely by taking precautions first. In addition, the teacher always provides the best possible direction and carries out religious habits such as reading yasin every Friday and always carrying out Islamic holidays and always instilling religious values from an early age so that they can become students with good character.

Keywords


Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Dalam Mengatasi Prilaku Abnormal Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Akhyar, Y., & Fitri, E. M. (2022). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Kenakalan Siswa Di Smp. Jurnal Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 19(1). Https://Doi.Org/Https://Doi.Org/10.46781/Al-Mutharahah.V19i1.472

Anitah, S. (2007). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ansori, Y. Z. (2022). Strategi Pendidik Dalam Menumbuhkan Karakter Jujur Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2022(6), 1. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i1.1208

Arsyad, P. (2010). Peranan Guru Agama Dalam Mencegah Juvenile Delinquency Di Smp Mujahidin Perak Barat Surabaya. Iain Sunan Ampel Surabaya.

Asrori, M. (2013). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. Madrasah: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 5(2), 26.

Damayanti, R., Sumantri, S., Dhieni, N., & Karnadi. (2022). Guru Sebagai Agen Of Change Dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Journal Of Early Childhood Education, 6(2), 960–976. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i2.1602

Fauzan, I. (2019). Konsep Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa (Studi Kasus Di Mts Al-Gozali Kecamatan Jatibarang). Al-Afkar, Journal For Islamic Studies, 4(1), 125–140. Https://Doi.Org/10.31943/Afkar_Journal.V4i1.63

Hasan, S. (2018). Profesi Dan Profesionalisme Guru. Uwais Inspirasi Indonesia.

Indonesia, P. R. (2006). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 3(2), 19–25.

Kunum, F. P. N. (2010). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bagi Anak Putus Sekolah Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Tinjauan Dari Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak). Uajy.

Mumtahanah, N. (2015). Upaya Menanggulangi Kenakalan Remaja Secara Preventif, Refresif, Kuratif Dan Rehabilitasi. Al Hikmah: Jurnal Studi Keislaman, 5(2).

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles Dan Pengajaran Adab. Unisia, 37(82), 18–30.

Nisa, A. (2019). Analisis Kenakalan Siswa Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Konseling. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 4(2), 102–123.

Nurfirdaus, N., & Risnawati, R. (2019). Studi Tentang Pembentukan Kebiasaan Dan Perilaku Sosial Siswa (Studi Kasus Di Sdn 1 Windujanten). Jurnal Lensa Pendas, 4(1), 36–46.

Nurkholis. (2013). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Bagi Anak Putus Sekolah Di Daerah Istimewa Yogyakarta (Tinjauan Dari Undang-Undang Nomor 23 Takunum, F. P. N. (2010). Implementasi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44.

Paramida, C., Sitika, A. J., & Syarief, C. (2021). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mencegah Kenakalan Siswa Smk Texar Karawang. Jisip (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 5(4).

Perwito, A. H., Agustini, M. Y. D. H., Athanasius, S. S., Retnawati, B. B. T. A. (2022). Analisis Aspek Hijau Dalam Pelaksanaan Digital Marketing. Jurnal Panrita Abdi.

Priyanto, I., & Bahari, Y. (2021). Perilaku Menyimpang Siswa Kelas X Pada Sma Negeri 1 Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(7).

Srianti, S. (2014). Strategi Guru Dalam Mempersiapkan Siswa Yang Berkualiats (Studi Mts Suli Kabupaten Luwu). Institut Agama Islam Negeri Palopo.

Sujatmoko, E. (2016). Hak Warga Negara Dalam Memperoleh Pendidikan. Jurnal Konstitusi, 7(1), 181–212.

Susiana, S. (2019). Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menanggulangi Perilaku Menyimpang Peserta Didik Di Sma Negeri 2 Pinrang. Iain Parepare.

Syifa, L., Setianingsih, E. S., & Sulianto, J. (2019). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikologi Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 527–533.

Tenri, A. O., & Ahmad, M. R. S. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa Di Smas Muhammadiyah Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi Pendidikan, 25–30.


Article Metrics

Abstract view : 214 times | PDF view : 47 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 Tita Kurnia Hakim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats