Upaya Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penyusunan Perangkat Pembelajaran Melalui In-House Training yang Berkelanjutan di SMA Negeri 1 Lewa

Asri Mbangi Bangar(1*),

(1) SMA Negeri 1 Lewa
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i2.38240

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan terjadinya peningkatan kompetensi pendidik di SMA Negeri 1 Lewa dalam menyusun kelengkapan perangkat pembelajaran melalui kegiatan in-House Training.Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subyek dari penelitian yang diambil adalah seluruh pendidik di SMA Negeri 1 Lewa sejumlah 40 orang yang dilakukan sejak bulan Mei hingga Agustus 2022. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, serta studi dokumen. Data penelitian dianalisis melalui tahapan analisis kualitatif yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kompetensi pendidik di SMA Negeri 1 Lewa dalam menyusun perangkat pembelajaran melalui kegiatan in-House Training yang ditempuh melalui dua siklus pelatihan.

This study aims to describe improving the competence of educators at SMA Negeri 1 Lewa in compiling learning tools through in-House Training activities. This research is qualitative research with the subjects of this research all educators at SMA Negeri 1 Lewa which was conducted from May to August 2022. The data collection techniques used were questionnaires, observations, and document studies. The research data were analyzed through the stages of qualitative analysis which included data collection, data reduction, data presentation, and concluding. The results showed an increase in educators' competence at SMA Negeri 1 Lewa in compiling learning tools through in-House Training activities, which were taken through two training cycles


Keywords


In-House Training, kompetensi pendidik, perangkat pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Arfani, L. (2016). Mengurai Hakikat Pendidikan, Belajar dan Pembelajaran. 11(2), 81–97.

Asmara, J., Massawet, E. T., & Rambitan, V. M. M. (2016). Analisis Permasalahan Guru Terkait Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Think Talk Write (TTW) dan Permasalahan SIswa Terkait Keterampilan Bertanya Siswa Dalam Pembelajaran IPA Biologi. Jurnal Pendidikan, 1(10), 2059–2065.

Baharuddin, B., & Kanada, R. (2017). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui In House Training. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(2), 1–20.

Diana, E. (2021). Urgensi In House Training dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(5), 3290–3298. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Hayyu, N. Z. (2020). In House Training Sebagai Upaya Pemngembangan Tenaga Pendidik. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Retrieved from http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/417/368

Kamiludin, J. (2021). Pelaksanaan In House Training (IHT) Untuk Meningkatkan kemampuan Guru dalam Menyusun RPP. 8(49), 1–9. http://dx.doi.org/10.47601/AJP.57

Noto, M. S. (2014). Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis SMART ((Specific, Measurable, Achievable, Realistic, and Time-bound)). Infinity, 3(1), 18–32. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i1.p18-32


Article Metrics

Abstract view : 39 times | PDF view : 34 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Asri Mbangi Bangar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : [email protected]

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats