Literasi Visual Melalui Aplikasi Tiktok Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar

Rahma Avira(1*), Syukron Ma’mun(2), Farikha Luqyana(3), Dwi Febiyana(4), Imron Fauzi(5),

(1) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(3) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(4) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(5) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i2.32980

Abstract


Motivasi menjadi salah satu hal yang dianggap sebagai faktor keberhasilan dalam proses belajar dan mengajar. Setiap siswa memiliki motivasi belajar yang berbeda  dengan siswa lainnya. Perbedaan semacam ini biasanya terjadi karena adanya perbedaan kebutuhan setiap siswa dalam proses pembelajaran. Dengan begitu pemilihan media pembelajaran harus lebih inovatif, terlebih melihat kenyataan pada saat ini yang sedang digemari oleh kalangan pelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan meningkatkan motivasi belajar khususnya melalui literasi visual berupa video pembelajaran di Tiktok. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam studi kepustakaan adalah dengan mencari data tentang hal-hal atau variabel-variabel yang berupa catatan, buku, karangan atau artikel, majalah, dan sebagainya. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan bahwasannya untuk meningkatkan motivasi belajar salah satunya dapat menggunakan media pembelajaran yang menarik dan inovatif. Salah satu media pembelajaran yang saat ini digandrungi oleh siswa adalah aplikasi Tiktok. Yang mana pada aplikasi tersebut selain mengandung konten hiburan juga dapat diambil manfaatnya, untuk meningkatkan literasi visual pada proses pembelajaran. Motivation is one of the things that are considered as a success factor in the learning and teaching process. Each student has a different learning motivation than other students. This kind of difference usually occurs because of the difference in the needs of each student in the learning process. That way the selection of learning media must be more innovative, especially seeing the reality at this time that is being favored by students.The purpose of this research is to find out the ability to increase learning motivation, especially through visual literacy in the form of learning videos on Tiktok. This research is qualitative research using literature study methods. The data collection technique used in literature studies is to look for data on things or variables in the form of notes, books, essays or articles, magazines, and so on.Based on research that has been done that to increase learning motivation, one of them can use interesting and innovative learning media. One of the learning media that is currently loved by students is the Tiktok application. Which in the application in addition to containing entertainment content can also be taken advantage, to improve visual literacy in the learning process.

Keywords


Motivation, Visual Literacy, Tik Tok

Full Text:

PDF

References


Afdetis Mana, Lira Hayu. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4), 418-429.

Aina, Mia., et.al. (2021). Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Al-Jahiz : Journal of Biology Education Research. 2(1). 1-12

Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan, 6(2), 300-309.

Dewanta. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 9(2). 79-85.

Dini Dwi Puspitasari, Aggun Citra. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Educatio, 7(3), 1127-1134.

Fauzi, Imron. (2019). Etika Profesi Keguruan. Jember : IAIN Jember Press.

Fitriyani, Yani., et.al. (2020). Motivasi Belajar Mahasisiwa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165-175.

Hartati, Tatat., et.al. (2013). Video Streaming For Creative Writing At International Elementary School. Journal Of Education And Learning, 6(1), 43-56.

Hasan Nor., et.al. (2019).Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Proses Pembelajaran dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kajian Akuntansi. 3(1), 68-77.

Jonathan, Sarwono. 2006. MetodePenelitianKuantitatifdanKualitatif. Yogyakarta:GrahaIlmu.

Kadji, Yulianto. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal Inovasi. 9(1). 1-15.

Ludji Biro, Arylien. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.

Masni, Harbeng. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dikdaya, 5(1), 34-46.

Martahan Hutajulu, Charlis Sangap, Dkk. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2), 3002-3010.

Nugroho Aji, Wisnu., dan Dwi Bambang Putut Setiadi. (2020). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora, 6(2), 147-158.

Oktavia, Rita dan Aristo Hardinata. (2021). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Menengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Jurnal Bionatural. 7(2). 26-34.

Permana, Adi. (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Formatif, 6(3), 276-283.

Pratiwi, Sri., Toni Balya., dan Reza Prabudi. (2019). Literasi Visual Sebagai Pemaknaan Karya Audio Visual (Karya Audio Visual “MAUILIATE” Pengangkatan Budaya Lokal Toba). Jurnal Simbolika, 5(2), 149-161.

Pujadi, Arko. (2007). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Bussines & Management Journal Bunda Mulia, 3(2), 41-51.

Puspitasari, Pipit., et.al. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2), 227-232.

Rohman, AunurAhmad., dan Sayyidul Karimah. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum.10(1). 95-108.

Ranti Datu, Almi., et.al. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. 6(2). 1959-1965.

Sahruddin, Alphian. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B Melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2), 72-84.

Setya Rahayu, Hanasih., et.al. (2020). Video Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(1), 1-5.

Sugiyono. 2005. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.

Surrudin, Muhammad dan Nirmala Prihatini. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa kelas IV SDN Tebaban. Jurnal Didika. IV (1). 56-61


Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahma Avira

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats