Literasi Visual Melalui Aplikasi Tiktok Sebagai Sarana Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar
(1) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(2) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(3) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(4) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(5) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i2.32980
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afdetis Mana, Lira Hayu. (2021). Respon Siswa Terhadap Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(4), 418-429.
Aina, Mia., et.al. (2021). Motivasi Belajar Biologi Peserta Didik SMA Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19. Al-Jahiz : Journal of Biology Education Research. 2(1). 1-12
Budiyono. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan, 6(2), 300-309.
Dewanta. (2021). Pemanfaatan Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Indonesia. 9(2). 79-85.
Dini Dwi Puspitasari, Aggun Citra. (2021). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Pada Mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI. Jurnal Educatio, 7(3), 1127-1134.
Fauzi, Imron. (2019). Etika Profesi Keguruan. Jember : IAIN Jember Press.
Fitriyani, Yani., et.al. (2020). Motivasi Belajar Mahasisiwa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid 19. Jurnal Kependidikan, 6(2), 165-175.
Hartati, Tatat., et.al. (2013). Video Streaming For Creative Writing At International Elementary School. Journal Of Education And Learning, 6(1), 43-56.
Hasan Nor., et.al. (2019).Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Proses Pembelajaran dan Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Kajian Akuntansi. 3(1), 68-77.
Jonathan, Sarwono. 2006. MetodePenelitianKuantitatifdanKualitatif. Yogyakarta:GrahaIlmu.
Kadji, Yulianto. (2012). Tentang Teori Motivasi. Jurnal Inovasi. 9(1). 1-15.
Ludji Biro, Arylien. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 44(2), 168-174.
Masni, Harbeng. (2015). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Dikdaya, 5(1), 34-46.
Martahan Hutajulu, Charlis Sangap, Dkk. (2022). Peran Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan. 4(2), 3002-3010.
Nugroho Aji, Wisnu., dan Dwi Bambang Putut Setiadi. (2020). Aplikasi Tiktok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Jurnal Metafora, 6(2), 147-158.
Oktavia, Rita dan Aristo Hardinata. (2021). Tingkat Literasi Digital Siswa Ditinjau Dari Penggunaan Teknologi Informasi Sebagai Mobile Learning Dalam Pembelajaran Biologi Pada Siswa Menengah Atas (SMA) Kecamatan Kuala Nagan Raya. Jurnal Bionatural. 7(2). 26-34.
Permana, Adi. (2016). Pengaruh Gaya Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Belajar Ilmu Alamiah Dasar. Jurnal Formatif, 6(3), 276-283.
Pratiwi, Sri., Toni Balya., dan Reza Prabudi. (2019). Literasi Visual Sebagai Pemaknaan Karya Audio Visual (Karya Audio Visual “MAUILIATE” Pengangkatan Budaya Lokal Toba). Jurnal Simbolika, 5(2), 149-161.
Pujadi, Arko. (2007). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa: Studi Kasus Pada Fakultas Ekonomi Universitas Bunda Mulia. Bussines & Management Journal Bunda Mulia, 3(2), 41-51.
Puspitasari, Pipit., et.al. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 1(2), 227-232.
Rohman, AunurAhmad., dan Sayyidul Karimah. (2018). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Motivasi Belajar siswa Kelas XI. Jurnal At-Taqaddum.10(1). 95-108.
Ranti Datu, Almi., et.al. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu. 6(2). 1959-1965.
Sahruddin, Alphian. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B Melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 2(2), 72-84.
Setya Rahayu, Hanasih., et.al. (2020). Video Pembelajaran Untuk Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, 4(1), 1-5.
Sugiyono. 2005. MemahamiPenelitianKualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Surrudin, Muhammad dan Nirmala Prihatini. (2018). Analisis Berbagai Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa kelas IV SDN Tebaban. Jurnal Didika. IV (1). 56-61
Article Metrics
Abstract view : 96 times | PDF view : 15 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Rahma Avira
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)