Strategi Guru Kelas Untuk Meningkatkan Gerakan Literasi Peserta Didik Sekolah Dasar
(1) Sekolah Dasar Negeri 36/V Pembengis
(2) Sekolah Dasar Negeri 36/V Pembengis
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i2.31865
Abstract
Literasi memiliki manfaat yang sangat baik bagi hidup peserta didik di masa yang akan datang. Dengan meningkatkan gerakan literasi yang dilakukan peserta didik, maka akan dapat memciptakan generasi yang berkualias . Tujuan penelitian ini ialah mendeskripsikan bagaimana strategi yang digunakan guru kelas dalam meningkatkan gerakan literasi di kelas IV SD Negeri 13/I Muara Bulian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan Guru Kelas IV SD Negeri 13/I Muara Bulian. Teknik analisis data dilakukan dengan mengadopsi dari model Miles dan Huberman, sedangkan uji validitas data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat empat macam strategi yang digunakan Guru Kelas IV di SD Negeri 13/I Muara Bulian
Literacy has very good benefits for the lives of students in the future. By increasing the literacy movement carried out by students, it will be able to create a quality generation. The purpose of this study is to describe how the strategies used by classroom teachers in improving the literacy movement in grade IV SD Negeri 13/I Muara Bulian. This study uses a qualitative approach to the type of phenomenology. Data collection techniques using observation and interview techniques. Interviews were conducted with the fourth grade teacher of SD Negeri 13/I Muara Bulian. The data analysis technique was carried out by adopting the Miles and Huberman model, while the data validity test used triangulation techniques. The results of this study indicate that there are four kinds of strategies used by Class IV teachers at SD Negeri 13/I Muara Bulian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Antasari, I. W. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Tahap Pembiasaan di MI Muhammadiyah Gandatapa Sumbang Banyumas. Libria, 9(1).
Baleiro, R. (2011). A Definition of Literary Literacy: A Content Analysis of Literature Syllabuses and Interviews with Portuguese Lecturers of Literature. Journal of New Horizons in Education, 4(1).
Destrinelli, D., & Wijayanti, M. N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Menyanyikan Lagu Wajib Nasional dengan Metode Solfegio Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 159-175.
Endaryanta, E. (2017). Implementasi Program Gerakan Literasi Sekolah di SD Kristen Kalam Kudus dan SD Muhammadiyah Suronatan. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 6(7), 732-744.
Faizah, U.D., Sufyadi, S., dkk. (2016). Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah PertamaDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikandan Kebudayaan.
Kharizmi, M. (2015). Kesulitan peserta didik sekolah dasar dalam meningkatkan kemampuan literasi. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(2).
Kuntarto, E., & Sari, N. (2017). Pengalaman Terbaik Dalam Menumbuhkan Minat Membaca Buku Perpustakaan Pada Peserta didik Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 18-35.
Kuswarno, E. (2006). Tradisi fenomenologi pada penelitian komunikasi kualitatif: sebuah pengalaman akademis. MediaTor (Jurnal Komunikasi), 7(1), 47-58.
Maharani, L. (2018). Implementasi Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Implementasi Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar.
Muhammadi, M., Taufina, T., & Chandra, C. (2018). Literasi Membaca Untuk Memantapkan Nilai Sosial Peserta didik SD. LITERA, 17(2).
Nopilda, L., & Kristiawan, M. (2018). Gerakan literasi sekolah berbasis pembelajaran multiliterasi sebuah paradigma pendidikan abad ke-21. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 216-231.
Nugroho, M.T., Destrinelli, D., Kurniawan, A. R., Pratama, A., Yuliana, E., Arfiana, M., & Mulyani, N. (2020). Peran Literasi dalam Mendukung Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar Negeri 164/I Sridadi. JIP (Jurnal Ilmiah PGMI), 6(2), 144-156.
Nurchaili, N. (2017). Menumbuhkan budaya literasi melalui buku digital. LIBRIA, 8(2).
Wulandari, R. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al-Hakim Internasional. Jurnal Kebijakan Pendidikan, 6 (3), 319-330.
Purnomo, B. (2017). Analisis Strategi Guru dalam Pelaksanaan Pengelolaan Kelas di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 71-88.
Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA.
Sumaryanti, L. (2018). Membudayakan Literasi pada Anak Usia Dini dengan Metode Mendongeng. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 3(1), 117-125.
Supriyanto, H. (2017). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat membaca peserta didik. Wiyata Dharma: Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 68-82.
Suyono, S., Harsiati, T., & Wulandari, I. S. (2017). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Sekolah
Perlindungan, F. (2017). Exploring Literacy Practices In A Second Language. Journal TEFLIN, 28 (1), 115-132.
Article Metrics
Abstract view : 128 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Muhammad Toto Nugroho, Nurlaili Mulyani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : [email protected]
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)