Pengembangan Kompetensi Guru Melalui Program Guru Penggerak Di SDN 1 Kalikoa Cirebon
(1) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(2) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(3) Universitas Muhammadiyah Cirebon
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i2.31844
Abstract
Penelitian yang kami lakukan ini bertujuan untuk membahas tentang pengembangan kompetensi guru melalui program Guru Penggerak khususnya di era IR 4.0. Guru merupakan bagian penting dalam sistem pendidikan. Hal ini dikarenakan guru memegang peranan penting dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, tuntutan pengembangan profesional guru juga sangat penting dalam kemajuan teknologi khususnya pada Revolusi Industri 4.0 (IR 4.0). Tapi sayangnya, ditemukan bahwa masih banyak masalah yang dihadapi oleh guru. Masalah tersebut terkait dengan bagaimana mereka melakukan pengajaran yang mereka berikan serta meningkatkan kompetensi mereka agar sesuai kebutuhan peserta didik yang sebagian besar merupakan generasi milenial. Beberapa permasalahan guru yang diidentifikasi contohnya seperti rendahnya kualitas kompetensi guru, melimpahnya tugas dalam menyusun dokumen pengajaran dan pekerjaan administrasi, konten kurikulum sulit yang harus dilaksanakan dan masih banyak lagi yang lainnya. Salah satu solusi yang diberikan adalah dengan mengikuti program pengembangan guru online tersedia melalui media sosial. Dalam hal ini, program pengermbangan kompetensi yang dilakukan adalah program pemerintah yang bernama Program Guru Penggerak sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan kapasitas guru agar lebih baik lagi
The research we did aims to discuss the development of teacher competence through the Teacher Movers program, especially in the IR 4.0 era. Teachers are an important part of the education system. This is because teachers play an important role in improving the quality of human resources. In addition, the demands of teacher professional development are also very important in technological progress, especially in the Industrial Revolution 4.0 (IR 4.0). But unfortunately, it was found that there are still many problems faced by teachers. The problem is related to how they carry out the teaching they provide and improve their competence to suit the needs of students, most of whom are millennials. Some of the teacher problems identified, for example, are the low quality of teacher competence, the abundance of tasks in preparing teaching documents and administrative work, difficult curriculum content that must be implemented and many others. One of the solutions provided is to join an online teacher development program available through social media. In this case, the competency development program carried out is a government program called the Motivating Teacher Program as one of the solutions to develop teacher capacity to be even better.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Faiz, A., & Faridah. (2022). PROGRAM GURU PENGGERAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(1), 82–88.
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Mudjiman, H. (2008). Belajar Mandiri,(Self-Motivated Learning) Cetakan ke 2.
Prayitno. (2010). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Universitas Negeri Padang.
Sadulloh, U. (2015). Landasan Pedagogik.
Satriawan, W., Santika, I. D., Naim, A., Tarbiyah, F., Raya, B., Selatan, L., Timur, L., Bakoman, A., & Panggung, P. (2021). Guru Penggerak Dan Transformasi Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam Volume, 11(1), 1–12.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&B. CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Article Metrics
Abstract view : 94 times | PDF view : 23 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Aiman Faiz
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)