Meningkatkan Keterampilan Menyimak pada Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita
(1) Sebelas Maret University
(2) Sebelas Maret University
(3) Sebelas Maret University
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.27521
Abstract
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui keterampilan menyimak pada anak usia dini melalui penerapan metode bercerita dalam kegiatan pembelajaran di TK RA Zaenab Provinsi Jawa Tengah. (2) Untuk mengetahui kemampuan menyimak pada anak melalui metode bercerita di TK RA Zaenab Provinsi Jawa Tengah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Fokus dalam penelitian ini yaitu penerapan metode bercerita, kemampuan menyimak anak usia dini. Subjek penelitian ini adalah kelompok B TK RA Zaenab yang berjumlah 14 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Data yang diperoleh melalui instrumen observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode bercerita pada anak usia dini kelompok B di TK RA Zaenab Provinsi Jawa Tengah menggunakan metode bercerita dengan menggunakan alat peraga berupa buku cerita. Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada semua guru TK untuk menjadikan metode bercerita sebagai salah satu metode pembelajaran dalam mengembangkan kemampuan menyimak anak.
This study aims (1) to determine listening skills in early childhood through the application of storytelling methods in learning activities at RA Zaenab Kindergarten, Central Java Province. (2) To determine the ability to listen in children through the storytelling method at RA Zaenab Kindergarten, Central Java Province. The approach used in this research is a qualitative approach with a descriptive type of research. The focus in this research is the application of the storytelling method, the ability to listen to early childhood. The subjects of this study were group B of RA Zaenab's Kindergarten which amounted to 14 people. Data collection techniques using interview and observation techniques. The data obtained through the instruments of observation and interviews. The results showed that the application of the storytelling method in early childhood group B in RA Zaenab Kindergarten, Central Java Province, used the storytelling method by using props in the form of story books. Based on the results of this study, it is suggested to all kindergarten teachers to use the storytelling method as one of the learning methods in developing children's listening skills.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, E. (2018). Metode Bercerita Menggunakan Papan Flanel.
Desfita, M. (2020). Learning, Listening, and Reading Based on Child Worksheets Interactive Multimedia in Early Childhood of 5–6 Years. 405(Iclles 2019), 90–95. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200217.019
Habibatullah, S., Darmiyanti, A., & Aisyah, D. S. (2021). Potensi Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun Melalui Metode Bercerita. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 1–7. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.5315
Hajerah, H. (2019). Analisis Kemampuan Menyimak dan Berbicara Anak Melalui Penerapan Metode Bercerita Di Taman Kanak-Kanak (TK) Pertiwi DWP SETDA Prov Sul-Sel. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 3(1), 43. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i1.6863
JR, R. R., Luthfi, A., & Fauziddin, M. (2018). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Kemampuan Menyimak pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.5
Lestari, I. (2018). Analisis Awal Kemampuan Bercerita Pada Anak Usia 5 - 6 Tahun. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 13(2), 165–177. https://doi.org/10.21009/jiv.1302.10
Loniza, A. F., Saad, A., & Che Mustafa, M. (2018). the Effectiveness of Digital Storytelling on Language Listening Comprehension of Kindergarten Pupils. The International Journal of Multimedia & Its Applications, 10(06), 131–141. https://doi.org/10.5121/ijma.2018.10611
Octivasari, F., & Nasriah, N. (2021). Pengaruh Mendongeng Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Ibnu AL – Akbar Kecamatan Beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 6(1), 14. https://doi.org/10.24114/jbrue.v6i1.23209
Prasiwi, A. A. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menyimak melalui Metode Bercerita pada Anak Usia Dini. Paedagogie, 13(2), 43–50. https://doi.org/10.31603/paedagogie.v13i2.2363
Siregar, M., Meilanie, S. M., & Purwanto, A. (2020). Pengenalan Ecoliteracy pada Anak Usia Dini melalui Metode Bercerita. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 719. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.700
Sri Mahrani Harahap. (2019). Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Metode Parafrase. Jurnal Education and Development, 7(1), 1–9.
Widayati, S., & Simatupang, N. D. (2019). Kegiatan Bercerita Dengan Menggunakan Buku Cerita Sederhana Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak. Preschool (Jurnal Perkembangan Dan Pendidikan Anak Usia Dini), 1(1), 53–59.
Zein, R., & Puspita, V. (2020). Model Bercerita untuk Peningkatan Keterampilan Menyimak dan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1199–1208. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.581
Article Metrics
Abstract view : 222 times | PDF view : 157 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Erlina Nur Octaviana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : pembelajar@unm.ac.id
Contak HP: 085299149118 / 081342252446
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)