Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Daring Pada Siswa SMA di Provinsi Jawa Timur

Dwi Ariani Finda Yuniarti(1*), Anna Widayani(2),

(1) Akademi Komunitas Negeri Pacitan
(2) Akademi Komunitas Negeri Putra Sang Fajar Blitar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v6i1.23234

Abstract


Pada masa pandemi covid-19. Dengan pembelajaran daring guru dan siswa melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh dengan bantuan internet. Agar tujuan pembelajaran oleh guru kepada siswa dapat tercapai secara maksimal maka guru haruslah memfasilitasi pembelajaran daring dengan alternatif sarana atau media daring yang dgunakan sebagai pendukung pelaksanaan pembelajaran daring. Dengan ketersediaan platform pembelajaran daring yang bervariasi sehingga guru haruslah menentukan pilihan yang trerbaik diantara yang tersedia tersebut. Penelitian ini membantu guru agar dapat menentukan media daring yang murah dan mudah digunakan oleh siswa sesuai kemampuannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner kepada 300 siswa SMA di Provinsi Jawa Timur. Kemudian diperoleh data yang selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 99% siswa menggunakan telepon genggam/handphone/smartphone mereka untuk mengikuti pembelajaran daring dan 94,3% siswa menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media pembelajaran yang digunakan untuk penyampaian materi pada pembelajaran daring. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan WhatsApp sebagai aplikasi yang dapat diakses pada telepon genggam/handphone merupakan media pembelajaran sebagai sarana penyampaian materi dalam pembelajaran daring yang sering digunakan karena kemudahannya.

Elearning is seen as the best alternative to the learning model implemented during the COVID-19 pandemic. With online learning, teachers and students carry out distance learning with the help of the internet. So that the learning objectives by teachers to students can be achieved optimally, the teacher must facilitate online learning with alternative means or online media that are used to support the implementation of online learning. With the availability of various online learning platforms, teachers must determine the best choice among those available. This research helps teachers to be able to determine online media that are cheap and easy to use by students according to their abilities. The method in this study used a qualitative descriptive analysis method. Data was collected by giving questionnaires to high school students in East Java Province. Then the data obtained are then analyzed descriptively. The results of this study indicate that 99% of students use their mobile phones/mobile phones/smartphones to participate in online learning and 94.3% of students use the WhatsApp application as a learning medium used to deliver material in online learning. From these data it can be concluded that the use of WhatsApp as an application that can be accessed on mobile phones is a learning medium as a means of delivering material in online learning which is often used because of its convenience. 

 


Keywords


analisis, daring, media daring, pembelajaran daring dan pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Yusneli Syafari dan Maria Montessori, “Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19,” J. basicedu, vol. 3, no. 2, pp. 524–532, 2020.

D. N. Baety and D. R. Munandar, “Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19,” EDUKATIF J. Ilmu Pendidik., vol. 3, no. 3, pp. 880–889, 2021.

A. S. Syarifudin, “Impelementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing,” J. Pendidik. Bhs. dan Sastra Indones. Met., vol. 5, no. 1, pp. 31–34, 2020, doi: 10.21107/metalingua.v5i1.7072.

E. R. Dewi, “Metode Pembelajaran Modern Dan Konvensional Pada Sekolah Menengah Atas,” PEMBELAJAR J. Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, vol. 2, no. 1, p. 44, 2018, doi: 10.26858/pembelajar.v2i1.5442.

N. Sourial, C. Longo, I. Vedel, and T. Schuster, “Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions,” Fam. Pract., vol. 35, no. 5, pp. 639–643, 2018, doi: 10.1093/fampra/cmy005.

A. Asmuni, “Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya,” J. Paedagogy, vol. 7, no. 4, p. 281, 2020, doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.

W. Yuliani, “Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling,” Quanta, vol. 3, no. 1, pp. 9–19, 2019, doi: 10.22460/q.v1i1p1-10.497.

N. M. Dwijayani, “Development of circle learning media to improve student learning outcomes,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1321, no. 2, pp. 171–187, 2019, doi: 10.1088/1742-6596/1321/2/022099.

C. Elianur, “Pilihan Media Pembelajaran Daring Oleh Guru Pai Di Bengkulu Tengah,” J. As-Salam, vol. 4, no. 1, pp. 37–45, 2020, doi: 10.37249/as-salam.v4i1.142.

E. Kuntarto, “Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi,” J. Indones. Lang. Educ. Lit., vol. 3, no. 1, pp. 53–65, 2017, [Online]. Available: https://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/article/view/1820.

J. Raco, “Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya,” 2018, doi: 10.31219/osf.io/mfzuj.


Article Metrics

Abstract view : 331 times | PDF view : 101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dwi Ariani Finda Yuniarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats