Hubungan Occupational Skill dan Technological Skill Terhadap Kesiapan sebagai Guru Milenial

Candra Wahyu Nur Khamdan(1*), Setiadi Cahyono Putro(2), Wahyu Sakti Gunawan Irianto(3),

(1) State University of Malang
(2) State University of Malang
(3) State University of Malang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v7i2.19704

Abstract


Perkembangan teknologi ssaat ini mempengaruhi berbagai hal terutama di bidang pendidikan. Sehingga menuntut calon guru yang mampu mempersiapkan berbagai hal untuk menjadi guru milenial (Y). Oleh sebab itu Mahasiswa sebagai calon guru milenial harus mempersiapkan Occupational Skill (X1) dan  Technological Skill  (X2). Tujuan dari penelitian untuk mengetahui : (1) Deskripsi X1, X2, Y, (2) Hubungan X1 dengan Y , (3) Hubungan X2 dengan Y, (4) Hubungan X1 dan X2 dengan Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel yang diteliti berjumlah 84 mahasiswa dengan berpedoman teknik sampel jenuh. Variabel X1, X2 dan Y memiliki tingkat reliabilitas secara berurutan adalah 0.921, 0.906,dan 0.938. Nilai Sumbangan Efektif secara berurutan pada X1 dan X2 adalah 15.27% dan 16.25%. Nilai Sumbangan Relatif secara berurutan pada X1 dan X2 adalah 48.40% dan 51.60%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu (1) X1,X2, dan Y dalam kategori sedang; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara X1 dan Y, X2 dan Y, dan X1 dan X2 secara simultan dengan Y.

Keywords


Occupational Skill; Technological Skill; Kesiapan Sebagai Guru Milenial.

Full Text:

PDF

References


Anisah, S. 2019. Mau Jadi Guru Milenial? Yuk Buat Media Pembelajaran Berbasis Android. Sukabumi: CV Jejak.

Balitribune. 2019. Guru Milenial untuk Indonesia. (Online). (https://balitribune.

co.id/content/guru-milenial-untuk-indonesia), diakses 13 Februari 2020.

Beers, S., Z. 2012. 21st Century Skills: Preparing Students for THEIR Future.

Fajriana, A., W., & Aliyah, M., A. 2019. Tantangan Guru Dalam Meningkatan Mutu Pendidikan Agama Islam Di Era Melenial. Jurnal Pendidikan Islam. 2(2), 246-265.

Gerstain, J. 2014. Moving from Education 1.0 Trough Education 2.0 Towards Education 3.0. Educational Technology Faculty Publications and Presentation. Department of Educational Technology

Hidayat, W., N., Sutikno, T., A., Patmanthara, Dwi, C., 2019. Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Untuk Guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian. 1(2), 93-103.

Jamieson-Proctor, R., Finger, G., & Albion, P. 2010. Auditing the TK and TPACK confidence of pre-service teachers: Are they ready for the profession?, Australian Educational Computing, (Online). 25(1), 8–17, (), diakses 11 Januari 2020.

Kompasiana. 2018. Guru Profesional di Zaman Milenial. (Online), (https://www.kompasiana.com/nasin/5beb9ccd6ddcae33ab612202/guru-profesional-di-zaman-milenial?page=all), diakses 10 Januari 2020.

Kristiawan, M. 2014. A Model for Upgrading Teachers Competence on Operating Computer as Assistant of Instruction, Global Journal of Human Social Science Research. (Online), 14(5), (https://s3.amazonaws.com/academia.

edu.documents/41282150/Muhammad_Kristiawan_Global_Journal.pdf), diakses 11 Januari 2020.

Merlinroute. 2017. Occupational Skills : A Guide to Character Advancement. (Online), (https://www.lorientrust.com/wp-content/uploads/2019/02/A-Guide-to-Occupational-Skills-V311-1-1.pdf) diakses 4 Januari 2020.

Mesran, Sulaiman., O., K., Wijoyo, H., Putra, S., H., Watrianthos, R., Sinaga, R., Mardiana, R., Saragih, M., G., & Indarto, S., L. 2020. Merdeka Kreatif di Era Pandemi Covid-19. Green Press.

Pangestika, B., S., & Wahyudi, T., N. 2019. Implementasi Media Pembelajaran Video Scribe Pada Mata Pelajaran Akuntansi di Era Industri 4.0. Seminar Nasional Pendidikan Pengembangan Kualitas Pembelajaran Era Generasi Milenial 2019. (Online), (https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/

bitstream/handle/11617/10755/Makalah%205%20SNP%20Bella%20Safira.pdf?sequence=1&isAllowed=y), diakses 13 Februari 2020.

Pelipa, E., D. dan Marganingsih A. 2018. Pengaruh Praktik Kerja Terhadap Kemampuan Life Skill Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi. (Online), 3(2), 88-95, (http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPE/article/

viewFile/335/337), diakses 11 Januari 2020.

Peraturan Pemerintah RI No 19 Tahun 2005. Departemen Agama RI (online), (https://kemenag.go.id › file › dokumen › PP1905), diakses 20 Desember 2019.

Putro, S., C. 2016. Pengetahuan Pedagogik Dan Keteknikan Sebagai Prediktor Kemampuan Adaptasi Calon Guru Pada Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro FT UM, Teknologi dan Kejuruan. 39(1), 1-10.

Rahayu, B. 2018. Generasi Guru Milenial di Era Revolusi Industri 4.0 (Study kasus pada Guru Sekolah Dasar di Bogor Timur), Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2018 PGSD-Universitas Pakuan. (Online), 128-129, (https://journal.unpak.ac.id/index.php/proceedings/article/viewFile/1348/1124), diakses 28 Januari 2020.

Sari, P., I. 2019. Peran Pendidik dalam Implementasi Media Pembelajaran Terhadap Peserta Didik Generasi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. (Online), 2(1), 508-517, (http://jurnal.untirta.ac.id/

index.php/psnp/article/download/5656/4061) diakses 14 Februari 2020.

Slameto. 2015. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sudewo, B. 2020. Meningkatkan Komitmen Dan Kemampuan Para Pendidik Smpn 18 Medan Menyusun Rpp Inovatif Melalui Kerja Praktek Dengan Teknik Umpan Balik. Sabilarrasyad: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Kependidikan. 5(2), 1-12.

Supandi, A., Sahrazad, S., Wibowo, A., N., Widiyarto, S., 2020. Analisis Kompetensi Guru: Pembelajaran Revolusi Industri 4.0. Prosiding Samasta:Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia. 1-6.

Sutisnawati, A. 2017. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar, Mimbar Pendidikan Dasar (MPD). (Online), 8(1), 15-24, (https://ejournal.upi.edu/index.php/Mimbardiksar/article/download

/7886/5005), diakses 11 Januari 2020.

Syahrir. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika SMP untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Jurnal Ilmiah Mandala Education. 2(1), 436-441.

Tribunnews. 2018. Menjadi Guru Era Pendidikan 4.0, (Online) (https://aceh.

tribunnews.com/2018/11/27/menjadi-guru-era-pendidikan-40) diakses 9 Desember 2019

UU No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Kelembagaan Ristekdikti (Online), (https://kelembagaan.ristekdikti.

go.id/wp-content/uploads/2016/08/UU_no_20_th_2003.pdf) diakses 8 Desember 2019.

Wati, I & Kamila, I. 2019. Pentingnya Guru Professional Dalam Mendidik Siswa Milenial Untuk Menghadapi Revolusi 4.0, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 12 januari 2019, (Online). (https://jurnal.univpgri- palembang.ac.id/index

.php/Prosidingpps/article/download/2547/2361), diakses 11 Januari 2020.

Wulandari,V., Koryati,D., & Fitriyanti. 2016. Pelaksanaan Pendidikan Life Skills dalam Program Wirausaha Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Palembang. Jurnal Profit Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 3(2), 175-182, (https://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jp/article/download/5569/

, diakses 11 Januari 2020.

Yusuf, M., A., 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. fajar Interpratama Mandiri.


Article Metrics

Abstract view : 10 times | PDF view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Candra Wahyu Nur Khamdan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : [email protected]

Contak HP: 085299149118 

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats