Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa

Elidat Benyamin Suan(1*), Ade Erna Naci Suan(2),

(1) Institut Agama Kristen Negeri Kupang
(2) Institut Agama Kristen Negeri Kupang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v8i1.15144

Abstract


Tujuan Penelitian ini yaitu untuk membuktikan signifikansi pengaruh pola asuh otoriter orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri Ayotupas Tahun Ajaran 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran instrument dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 112 siswa, sampel penelitian berjumlah 88 siswa yang ditentukan dengan teknik Stratified Random Sampling. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linear sederhana dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pola asuh otoriter orang tua terhadap prestasi belajar siswa. Hasil uji regresi sederhana (Uji F) diperoleh Fhitung 3,642 (tingkat signifikansi 0,05), Ftabel 1,39. Jadi Fhitung > Ftabel atau 3,642>1,39. Hasil uji determinasi menunjukkan sumbangan relatif pola asuh otoriter orang tua terhadap prestasi belajar siswa sebesar 4,1%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan pola asuh otoriter orang tua dengan prestasi belajar siswa berada pada kategori rendah.

 

Kata kunci: pola asuh otoriter, prestasi belajar.

Keywords


Pola Asuh Otoriter; Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu dan Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pengantar Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.

Clemes, Haris. 1996. Mengajarkan Disiplin Kepada Anak. Jakarta: Mitra Utama.

Danny I. 1991. Yatim, Irwanto. Kepribadian Keluarga Narkotika. Jakarta: Arcan.

Darajat, Zakiyah. 1996. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang.

Depdikbud. 1988. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati, Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta

Djaali. 2011. Psikologi Pendidikan. Jakarta:BumiAksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Djamarah. 2004. Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Furchan, A. 2004. Pengantar Penelitian dalam Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hamalik, O. 2010. Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Hasbullah. 2001. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja GrafindoPersada.

Kartini, Kartono. 1992. Peran Keltarga Memandu Anak. Jakarta: Rajawali Press.

Margono, 2004. Metodologi Penelitian Pendidika, Jakarta: Rineka Cipta.

Maria, Trisna, Dwi, Ni Nym Ayu. 2010. Kontribusi Minat Belajar Siswa, Perhatian Orang Tua dan Iklim Sekolah terhadap Hasil Belajar pada Peserta Didik di SMKN 3 Denpasar. Tesis . Singaraja: Pasca Sarjana Undiksha.

Maunah, B. 2009. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Moeliono, A. 1989. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: BalaiPustaka.

Nazir. 2005. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Neno, Ch, Z, Djawa, Maya, Kase,Simon dan Saetban, Christofel. 2011. Pedoman Tata Tulis Skripsi Edisi I. Kupang: Sekolah Tinggi

Agama Kristen Kupang.

Priyatno, D. 2008. Mandiri Belajar SPSS. Yogyakarta: MediaKom

Purwanto, N. 2010. PsikologiPendidikan. Bandung: RemajaRosdakarya.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik menyusun Tesis, Bandung: Alfabeta.

Riduwan. 2010. Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2001. Statistika untuk Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, Sofchah. 2001. Cara Belajar yang Efektif dan Efisien. Pekalongan : Cinta Ilmu

Surya, Hendra. 2011. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar. Jakarta: Elex Media Kompotindo.

Wahyudin, D. 2007. Anak Kreatif. Jakarta: Gema Insani.

Wibowo, A, E. 2012. Aplikasi Praktis SPSS dalam Penelitian. 2012.

Yogyakarta: Gava Media

Yudi, Premana, I Made. 2011. Hubungan Antara Pola Asuh Keluarga, Disiplin Belajar, dan Minat Belajar dengan Prestasi Belajat Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pada Siswa Kelas VIII Semester Genap di SMP Negeri 3 Singaraja Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Singaraja: Undiksha.

Yusniah. 2008. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Siswa MTs Al-Falah Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Yusuf, N. 2000. IlmuPendidikan. Tulung Agung: Pusat Penerbitan dan Publikasi.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Elidat Benyamin Suan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : [email protected]

Contak HP: 085299149118 

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats