Nilai Pembentuk Karakter Anak Dalam Cerita Rakyat Asal-Usul Raja Negeri Jambi

Ahmad Hariandi(1*), Lola Riska(2), Muhammad Toto Nugroho(3),

(1) Jambi University
(2) Jambi University
(3) Jambi University
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v5i1.15142

Abstract


Cerita rakyat ialah salah satu contoh media yang dapat digunakan sebagai saranamembangun karakter yang positif pada anak sekolah dasar melalui nilai pembentuk karakter yang ada di dalam cerita. Penelitian  ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis nilai pembentuk karakter pada anak  dalam cerita rakyat Jambi berjudul Asal-usul Raja Negeri Jambi. Teknik Pengumpulan pada  penelitian ini  iaklah dilaksanakan dengan membaca teks cerita rakyat Jambi yaitu Asal-usul Negeri Jambi secara berulang-ulang dan menganalisa data berupa kata kunci yang berkaitan dengan nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita tersebut. Selanjutnya data yang telalh dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis isi. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya nilai pembentuk karakter anak  dalam cerita rakyat Asal-usul Raja Negeri Jambi; yaitu sabar, berani adil dan hemat.

Keywords


cerita rakyat; nilai pembentuk karakter; sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Citraningrum, D. M. (2012). Representasi nilai moral masyarakat using dalam cerita rakyat Banyuwangi (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Erlandini, D. (2011). “Gaya Penceritaan dan Tema Cerita Rakyat Banyuwangi”. Skripsi. Universitas Jember. Jember

Hariandi, A., & Irawan, Y. (2016). Peran Guru dalam Penanaman Nilai Karakter Religius di Lingkungan Sekolah pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 1(1), 176-189.

Hidayatullah, F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta: Yuma Pustaka.

Indiarti, W. (2017). Nilai-nilai pembentuk karakter dalam cerita rakyat asal-usul Watu Dodol. Jentera, 6(1), 26-41.

Kaslani. (1997). Cerita Rakyat Dari Jambi 2. Jakarta: PT.Grasindo

Kurniawan, H. (2009). Sastra Anak dalam Kajian Strukturalisme, Sosiologi, Semiotika, hingga Penulisan Kreatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Noor, R. M. (2011). Pendidikan Karakter Berbasis Sastra: Solusi Pendidikan Moral yang Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kemdiknas.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta


Article Metrics

Abstract view : 237 times | PDF view : 54 times

Refbacks



Copyright (c) 2021 Ahmad Hariandi, Lola Riska, Muhammad Toto Nugroho

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446


Pembelajar terindex oleh:

   

 

 

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats