Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar
(1) Universitas muhammadiyah tangerang
(2) Universitas muhammadiyah tangerang
(3) Universitas muhammadiyah tangerang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v7i1.12019
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya kegiatan pembelajaran yang kurang tanggap terhadap berbagai macam karakteristik individu. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, guru perlu memahami karaketeristik siswanya. Jika guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang memperhatikan karakteristik siswa dan ciri-ciri kepribadian siswa tidak dijadikan pijakan dalam pembelajaran, siswa akan mengalami kesulitan memahami materi pelajaran. Upaya apa pun yang dipilih dan dilakukan oleh guru dan perancang pembelajaran jika tidak bertumpu pada karakteristik perseorangan siswa sebagai subjek belajar, maka pembelajaran yang dikembangkan tidak akan bermakna bagi siswa. Karakteristik siswa sangat penting untuk diketahui oleh pendidik, karena ini sangat penting untuk dijadikan acuan dalam merumuskan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun oleh guru dan diimplementasikan melalui metode pembelajaran kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN Cikokol 2.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA
Degeng.1991. Karakteristik Belajar
Mahasiswa Berbagai Perguruan BTinggi di Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas/IUC
Dewanti, S. 2009. “Keefektifan Perpaduan PCL dan Pelatihan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan
Memecahkan Masalah
Matematika”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 13, No.
, hal. 21-37.
Djohan. 2009. “Kemampuan Musikalitas sebagai Sarana Pengembangan
Keteramplan Sosial” Jurnal Penelitian dan Evaluasi
Pendidikan, Vol. 13, No. 1, hal. 111-126
Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York:
Basic Books.
Moll, L. C. (ed). 1994. Vygotsky and Education: Instructional
Implications and Applications of Sociohistorycal Psychology.
Cambrige: University Press.
Nasution.1992. Metod Research. Bandung: Jemmars.
Padmo,J D. 2003. Faktor-faktor perancangan Pembelajaran MIPA Berbasis Budaya, (dalam Dewi Padmo, dkk.). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UT, Pustekom,IPTPI.
Reigeluth, C.M. 1983. Instructional Design: What is It and Why is It? Dalam C.M. Reigeluth (Ed.), Instructional Design Theories and
Models: an Overview of Their Current Status. Hillsdale, N.J.:
Lawrence Erlbaum Associates.
Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015).
PENGEMBANGAN LEMBAR
KERJA SISWA TEMATIKINTEGRATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH
DASAR.
file:///C:/Users/City/AppData/Loca l/Temp/8613-21729-1-PB.pdf
Article Metrics
Abstract view : 8 times | PDF view : 9 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Ina Magdalena Nevi Septianti Rara Afiani
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-nc-nd/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Diterbitkan Oleh
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar
Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar
Email : [email protected]
Contak HP: 085299149118
Pembelajar terindex oleh:
Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)