Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar

Ina Magdalena(1*), Nevi Septianti(2), Rara Afiani(3),

(1) Universitas muhammadiyah tangerang
(2) Universitas muhammadiyah tangerang
(3) Universitas muhammadiyah tangerang
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v7i1.12019

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dari adanya kegiatan pembelajaran yang kurang tanggap terhadap berbagai macam karakteristik individu. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, guru perlu memahami karaketeristik siswanya. Jika guru dalam menyampaikan materi pelajaran kurang memperhatikan karakteristik siswa dan ciri-ciri kepribadian siswa tidak dijadikan pijakan dalam pembelajaran, siswa akan mengalami kesulitan memahami materi pelajaran. Upaya apa pun yang dipilih dan dilakukan oleh guru dan perancang pembelajaran jika tidak bertumpu pada karakteristik perseorangan siswa sebagai subjek belajar, maka pembelajaran yang dikembangkan tidak akan bermakna bagi siswa. Karakteristik siswa sangat penting untuk diketahui oleh pendidik, karena ini sangat penting untuk dijadikan acuan dalam merumuskan strategi pembelajaran. Strategi pembelajaran disusun oleh guru dan diimplementasikan melalui metode pembelajaran kepada siswa agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi di SDN Cikokol 2.


Keywords


karakteristik siswa, pembelajaran, strategi pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Basri, Hasan. 2013. Landasan Pendidikan. Bandung: CV. PUSTAKA SETIA

Degeng.1991. Karakteristik Belajar

Mahasiswa Berbagai Perguruan BTinggi di Indonesia. Jakarta: Depdikbud Dirjen Dikti Proyek Pengembangan Pusat Fasilitas Bersama Antar Universitas/IUC

Dewanti, S. 2009. “Keefektifan Perpaduan PCL dan Pelatihan Metakognitif dalam Meningkatkan Kemampuan

Memecahkan Masalah

Matematika”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Vol. 13, No.

, hal. 21-37.

Djohan. 2009. “Kemampuan Musikalitas sebagai Sarana Pengembangan

Keteramplan Sosial” Jurnal Penelitian dan Evaluasi

Pendidikan, Vol. 13, No. 1, hal. 111-126

Gardner, H. 1993. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York:

Basic Books.

Moll, L. C. (ed). 1994. Vygotsky and Education: Instructional

Implications and Applications of Sociohistorycal Psychology.

Cambrige: University Press.

Nasution.1992. Metod Research. Bandung: Jemmars.

Padmo,J D. 2003. Faktor-faktor perancangan Pembelajaran MIPA Berbasis Budaya, (dalam Dewi Padmo, dkk.). Teknologi Pembelajaran. Jakarta: UT, Pustekom,IPTPI.

Reigeluth, C.M. 1983. Instructional Design: What is It and Why is It? Dalam C.M. Reigeluth (Ed.), Instructional Design Theories and

Models: an Overview of Their Current Status. Hillsdale, N.J.:

Lawrence Erlbaum Associates.

Sasmito, L. F., & Mustadi, A. (2015).

PENGEMBANGAN LEMBAR

KERJA SISWA TEMATIKINTEGRATIF BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA SEKOLAH

DASAR.

file:///C:/Users/City/AppData/Loca l/Temp/8613-21729-1-PB.pdf


Article Metrics

Abstract view : 8 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Ina Magdalena Nevi Septianti Rara Afiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : [email protected]

Contak HP: 085299149118 

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats