Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two Terhadap HOTS Siswa

Windya Alfiani(1*), Muhammad Hayyun(2),

(1) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pembelajar.v3i2.10303

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh staregi pembelajaran aktif the power of two terhadap hots siswa pada matematika sekolah dasar di SDN Bintaro 08 Pagi khususnya di kelas IV A dan IV B. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan model quasi eksperimen. Bentuk desain eksperimen yang dipilih adalah pretest-posttest control group design. Hasil penelitian dapat terlihat dari hasil perhitungan dengan uji t-independent dan diperoleh diperoleh nilai t = 1,46 dengan nilai sig.(2-tailed)  sebesar 0,147 > dari 0,05. Dengan demikian berdasarkan kriteria pengujian sig (2-tailed) > 0,05,  maka dapat ditarik kesimpulan bahwa H0 diterima dan H1 ditolak  yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang pembelajarannya menggunakan strategi pembelajaran the power of two dengan siswa yang pembelajarannya menggunakan pembelajaran konvensional. Dalam hal tersebut bahwa strategi pembelajaran the power of two dalam pembelajaran tidak terpengaruh terhadap hots siswa pada matematika kelas IV A dan IV B di SDN Bintaro 08 pagi.


Full Text:

PDF

References


Kurniati, Dian, Romi Harimukti dan Nur Asiyah Jamil. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam menyelesaikan soal berstandar PISA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan 20 (2) Desember 2016 (142-155). (http://Journal.uny.ac.id/index.php/jpep, diakses pada 20 februari 2019).

Lesmana, Adi Dimas. (2016). Indentifikasi Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA Menggunakan Instrumen Two-Tier Test Pada Mata Pelajaran Fisika. Skripsi sebagai syarat untuk memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Islam Negeri Syarif Hidayutulah Jakarta.(http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/31777/3/DIMAS%20ADI%20LESMANA_FITK.pdf, diakses pada tanggal 25 februari 2019).

Masithah, Ita. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe ThePower of Two (Kekuatan Berdua) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMPN 11 Mataram Pada Mata Pelajaran IPA Tahun

Ajaran 2016/2017.Artikel Penelitian Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram. (https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://anzdoc.com/download/artikel-penelitian-oleh-itha-masithah, diakses pada tanggal 25 Februari 2019).

Nugroho, R. Arifin. (2018). HOTS (Higher Order Thinking Skills). Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: ALFABETA, Cv.


Article Metrics

Abstract view : 528 times | PDF view : 86 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 windya alfiani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Diterbitkan Oleh

Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar

Kampus IV UNM Tidung, Gedung HP 101 Fakultas Ilmu Pendidikan. Jalan Tamalate I Tidung Makassar

Email : pembelajar@unm.ac.id

Contak HP: 085299149118 / 081342252446

Pembelajar terindex oleh:

     Image

 

 

Flag Counter

 Image

Pembelajar is licensed under an Attribution-NonCommercial 4.0 International (CC BY-NC 4.0)

 

View PEBELAJAR Stats