Meningkatkan Hasil Belajar Matematika melalui Pendekatan Problem Posing pada Siswa Kelas X SMA Negeri I Pamboang Majene

Abdul Wahab(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author



Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan di SMA Negefi, 1 Pamboang, yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamboang tahun pelajaran 2009/2010 sebanyak 33 orang. Pelaksanaan tindakan ini terdiri dari dua siklus, dimana siklus I dan II masing-masing berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan. Setiap siklus dilaksanakan tindakan yang terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.
Pengambilan data digunakan dengan menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Meningkatnya hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 1 Pamboang melalui pendekatan Problem posing, ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Pada siklus I Jumlah siswa yang tuntas belajar 29 orang (87,88 %) dengan skor rata-rata 68,76 dan pada siklus II jumlah siswa yang tuntas belajar 33 orang (100 %) dengan skor rata-rata 84.
Pada siklus II terjadi ketuntasan belajar secara klasikal vakni 85 % dari jumlah siswa yang mencapai skor minimal 60 % dari skor ideal. Sedangkan secara kualitatif selama proses belajar mengajar berlangsung terjadi perubahan sikap yang dilihat dari motivasi belajar siswa terhadap matematika.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tedadi peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri I Pamboang setelah digunakan pendekatan problem posing.

Kata kunci: Hasil belajar Matematika, Pendekatan Problem Posing.

 


Full Text:

Pdf

Article Metrics

Abstract view : 325 times | Pdf view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.