Meningkatkan Hasil Belajar IPS melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Peserta Didik Kelas VI SLB Negeri 1 Takalar

Amiruddin Amiruddin(1*),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v5i2.8476

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VI SLB Negeri 1 Takalar. melalui model kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI TD SLB Negeri 1 Takalar dengan jumlah peserta didik 23 orang yang terdiri dari 11 orang peserta didik Laki dan 12 orang peserta didik perempuan tahun pelajaran 2016/2017.

Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dilakukan 2 kali pertemuan dan siklus II juga dilakukan 2 kali pertemuan, yang dilakukan selama 2 bulan dan ditambah dengan merangkum semua hasil penelitian yang ada. Hasilnya peningkatan belajar peserta didik melalui model kooperatif tipe STAD ini adalah (i) Tingkat hasil belajar peserta didik kelas VI TD SLB Negeri 1 Takalar.pada siklus I (Tindakan I dan Tindakan II), masuk dalam kategori sedang dengan jumlah nilai rata-rata 68 sedangkan pada siklus II (Tindakan I dan Tindakan II), mengalami kemajuan dengan kategori tinggi dengan nilai rata-rata 85, (ii) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI TD SLB Negeri 1 Takalar melalui model kooperatif tipe STAD, baik secara kualitatif maupun kuantitatif.

Sehubungan dengan hasil di atas, maka model pembelajaran ini dinilai cukup efektif serta efisien diterapkan dalam mengajar khususnya pada bidang studi IPS, karena dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik baik dalam mengerjakan tugas-tugasnya di sekolah maupun berusaha memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk selalu mencoba (bereksperimen) dalam setiap kegiatan belajarnya sehingga dapat lebih termotivasi lagi untuk meraih hasil belajar serta prestasi yang maksimal.

 

Abstract

          This research is a classroom action research which aims to improve the learning outcomes of class VI students at SLB Negeri 1 Takalar. through the STAD type cooperative model. The subjects of this study were students of class VI TD SLB 1 Takalar with 23 students consisting of 11 male students and 12 female students in 2016/2017 academic year.

This research was conducted in two cycles, namely the first cycle was carried out 2 meetings and the second cycle was also conducted two meetings, which were conducted for 2 months and added by summarizing all the results of existing research. Learn the improvement of student learning through the cooperative type STAD model is (i) The level of learning outcomes of students of class VI TD SLB 1 Takalar. In the first cycle (Actions I and Actions II), included in the medium category with an average value of 68 While in the second cycle (Actions I and Actions II), improvements in the high category with an average value of 85, (ii) Related to the increase in learning outcomes of students of class VI TD SLB 1 Takalar through cooperative type STAD models, both professional and quantitative .

            In connection with the results above, this learning model is quite effective and efficient applied in special teaching in IPS studios, because it can improve learning outcomes of students both in doing their tasks in school and helping to provide assistance to students to be able to try (experiment) in each learning activity so they can be more motivated to get maximum learning outcomes and achievements.


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. E. 1989. Pokok-pokok layanan Bimbingan Belajar. FIP IKIP Ujung Pandang: Ujung Pandang.

Abdurrahman, M. 1996. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Depdikbud.

Arikunto, S. 1999. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Aunurrahman. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Depdikbud. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed. IV. Jakarta: Balai pustaka.

Djamarah, S. B, A. Zain, 1995. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineke Cipta.

Gagne, R.M. (1970) The Condition of Learning. New York Hort Rinehart, and Winston, Inc. (Original work published 1965)

Hapiddin, A. 2009. Tata Cara Memasang Instalasi Listrik di rumah. Jakarta : Griya Kreasi.

Ibrahim, M., Faida, R., Muhammad, N., Ismano. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Pasat Sains dan Matematika sekolah Program Pasca sarjana UNESA. Surabaya: University Press.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning (efektivitas pembelajaran kelompok). Bandung: Alfabeta.

Johnson & Johnson. 1994. Cooperative Learning in the Classroom. Virginia: Association for Supervision and Curriculum Development.

Lie, A. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Nasution, M. A. 2000. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Nur, M dan wikandari, P. R. 2000. Pengajaran Berpusat pada Peserta didik dan Pendekatan Konstruktivitas dalam Pengajaran. Pusat Studi dan Matematika dan IPA Sekolah. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Purwanto, N. 1990. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rosdinar. 2003. Perbandingan Hasil Belajar Biologi antara Metode Ceramah dan Pembelajaran Kooperatif Pendekatan STAD Peserta didik Kelas II MTS Negeri Model Makassar. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.

Sadiman Arief. 1990. Media Pendidikan, Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakar-ta: Rajawali.

Sappewati. 2000. Perbedaan Hasil belajar Fisika Peserta didik Kelas II SMU Negeri I Polewali Antara Belajar Kelompok Kooperatif dan Belajar Individual. Skripsi: Universitas Negeri Makassar.

Slameto. 1991. Proses Belajar Mengajar dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Slavin, R. E. 1992. Cooperative Learning. USA: Allyn and Bacon.

Slavin. 1988. Educational Psychology. New Jersey: Prantice Hall.

Sup Sujana, Nana dan Rivai. 1987. Cara Belajar Peserta didik Aktif dalam Proses Belajar- Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

arno, P. 2009. Pengantar Termofisika. Universitas Sanata Dharma.

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran inovatif. Sidoarjo: Masmedia Buana Pustaka.

Wahid, B dan Rahman, A. 2002. Transformasi (Pembelajaran Kooperatif dan Implementasinya di Kelas). Jurnal Pendidikan MIPA. Volume 6 Nomor 1. Januari, Makassar: Universitas Negeri Makassar.

www.Google.com. Definisi IPS.2009


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: [email protected]

          [email protected]

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View