Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif pada Peserta Didik Kelas VIII B SMP Negeri 32 Makassar

Yuli Hartati Kusnindar(1*),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v5i2.8475

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA kelas VIII B SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah Peserta Didik kelas VIII B SMP Negeri 32 Makassar tahun pelajaran 2017/2018.  Penelitian ini dikatakan berhasil jika pencapaian aktivitas belajar peserta didik mencapai 70,00% dari seluruh peserta didik untuk setiap indikator aktivitas belajar dan  indikator pencapaian hasil belajar peserta didik mencapai skor rata-rata 70,00% dari skor ideal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas belajar peserta didik pada siklus I 73,33% sedangkan pada siklus II 84,58%, sedangkan skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I dan II berturut-turut 63,00% dan 71,50%. Berdasarkan indikator keberhasilan aktivitas belajar peserta didik sudah memenuhi standar yang ditetapkan dimana pencapaian aktivitas belajar peserta didik mencapai 70,00% dari seluruh peserta didik untuk setiap indikator aktivitas belajar, begitu pula dengan indikator keberhasilan hasil belajar IPA peserta didik dimana skor rata-rata hasil belajar telah mencapai 70,00% dari skor ideal, maka penelitian ini dihentikan pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik sebesar 11,25% dan hasil belajar peserta didik sebesar 8.50%.

 

Kata kunci: Media pembelajaran interaktif, Aktitivitas belajar dan Hasil belajar.

 

Abstract

This study is a Classroom Action Research which aims to describe the process of using interactive learning media that can increase the activity and learning outcomes of science in class VIII B of SMP Negeri 32 Makassar in the academic year 2017/2018. The subjects of this study were students of class VIII B of SMP Negeri 32 Makassar in the academic year of 2017/2018. This study is said to be successful if the achievement of learning activities of students reaches 70.00% of all students for each indicator of learning activities and indicators of achievement of learning outcomes of students achieving an average score of 70.00% of the ideal score. The results showed that the percentage of learning activities of students in the first cycle was 73.33% while in the second cycle 84.58%, while the average score of the learning outcomes of students in the first and second cycle respectively 63.00% and 71.50 %. Based on the indicators of success of learning activities students have met the established standards where the achievement of learning activities of students reaches 70.00% of all students for each indicator of learning activities, as well as indicators of success of students' learning outcomes where the average score of learning outcomes has reached 70.00% of the ideal score, then this study was stopped in cycle II. The results showed that the use of interactive learning media could increase the learning activities of students by 11.25% and the learning outcomes of students by 8.50%.

 

Keywords: Interactive Learning Media, Learning Activities And Learning Outcomes.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2014. Evaluasi Progam Pendidikan: Pedoman Teoretis Praktis bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta : PT Grafindo Persada

Asyhar, R. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta : Referensi Jakarta

Gulo. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo.

Hamalik, O. 2003. Media Pendidikan. Bandung: PT Cipta Adiya Bakti

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalia Indonesia

Komara, E. 2014. Belajar dan Pembelajaran Interaktif. Bandung : PT. Revika Aditama

Kusnandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Raja Grafindo Persada

Nasution. 1999. Didaktik Azas-azas Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Ruslan. 2009. Validasi Isi :Buletin Pa’biritta No. 10 Tahun IV

Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Abad 21. Bandung :Alfabeta

Rusman., Kurniawan, D., & Riyana, C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi : Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakarta : Rajawali Pers

Sanaky, H. AH. 2013. Media Pembelajaran Interaktif-Inovatif. Yogyakarta : Kaukaba Dipantara

Sardiman, A. M. 2015. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Slameto. 2001. Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., & Russel, J, D. (2011). Instructional Tekchnology and Media for Learning:, Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta : Kencan Prenada Media Group.

Tania.2017. Media Pembelajaran Interaktif (Online), (http://tania91.ilearning.me/laporan-kkp/bab-ii/2-8-media-pembelajaran-interaktif/, diakses tgl 28 Desember 2017)

Trianto. 2009. Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif. Konsep, landasan, dan implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada media Group

Wiriaatmadja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya


Article Metrics

Abstract view : 52 times | PDF view : 7 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View