Peningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Suhu dan Kalor Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru
(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v5i2.8474
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan pemahaman konsep fisika materi suhu dan kalor melalui pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas X1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja tahun ajaran 2009/2010. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 berjumlah 30 orang. Faktor yang diteliti adalah peningkatan pemahaman konsep fisika siswa dan teknik yang digunakan dalam pembelajaran di kelas. Siklus I dilaksanakan 4 kali pertemuan dan siklus II dilaksanakan 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes pemahaman konsep fisika untuk mengetahui sejauh mana pemahaman siswa terhadap materi yang dipelajari, angket tanggapan siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap teknik mind mapping tiap pertemuan selama tindakan diberikan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa : (1) pada siklus I, diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep fisika siswa sebesar 64,87 dari nilai ideal 100, sedangkan dari nilai ketuntasan secara individual pada kriteria ketuntasan minimal sebesar 73,33% atau di bawah standar yang telah ditentukan (85%) sehingga masih dilanjutkan ke siklus II untuk melihat perlakuan ini lebih lanjut. (2) pada siklus II, diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep fisika siswa sebesar 75,50 dari nilai ideal 100, persentase siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal sebesar 90,00%. (3) keaktifan siswa terhadap teknik pembelajaran yang digunakan meningkat dilihat dari peningkatan respon positif siswa terhadap situasi yang diberikan dari siklus I ke siklus II.
Kata Kunci: Hasil Belajar, pembelajaran Team Assisted Individualization, SMA Negeri 1 Soppeng
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, M. 1999. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Anonim. 2003 Kamus Besar Bahasa Indonesia. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.
Djamarah Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadis, A. 2006. Psikologi dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Ibrahim, M.,dkk. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya : Surabaya University Press.
Kurniawan. 2003. Fokus Matematika untuk SMP dan MTs. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Lie, Anita. 1999. Metode Pembelajaran Gotong Royong. Surabaya: Citra Media
Makmun, Abin Syamsuddin. 2000. Psikologi Kependidikan. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya.
Noehi, N & Adi, S. 1999. Evaluasi Pengajaran. Universitas Terbuka Jakarta.
Purwanto. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ruseffendi, E.T. 1988. Pengantar Kepada Guru Mengembangkan Kompetensinya Dalam Pengajaran Untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Penerbit ”TARSITO” Bandung.
Smudanews. Hakekat Belajar. 2007. http://www.geocities.com/Smudanews/ hakekat.html, diakses 03 Juli 2007.
Sobel, M. A dan Maletsky, Evan M. 2003. Mengajar Matematika. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas. Insan Cendekia
Usman Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
Article Metrics
Abstract view : 139 times | PDF view : 10 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Phone 082395232077
E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id
jurnalpattingalloang@gmail.com
Indexed by
Licensed by
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pattingalloang Stats
style="text-align: center;