Peningkatan Hasil Belajar Fisika Materi Fluida Melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share pada Siswa kelas XI. IPA 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru

Pahri . Arifin(1*),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v5i2.8468

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Fisika melalui pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada siswa Kelas XI. IPA. 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru pada Semester genap Tahun Pelajaran 2008/2009 dengan jumlah siswa sebanyak 31 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar dan lembar observasi, kemudian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis yang diperoleh, yaitu: (1) hasil belajar fisika siswa dari Siklus I ke Siklus II dengan kualifikasi sangat tinggi meningkat dari 38,7% menjadi 58,1%. Kualifikasi tinggi menurun dari 32,3% menjadi 25,8%. Kualifikasi sedang 25,8% menjadi 12,9%. Kualifikasi rendah dari 3,2% menjadi 3,2% dan kualifikasi sangat rendah dari 0% menjadi 0%; (2) aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar fisika melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dari Siklus I ke Siklus II meningkat. Hal tersebut terlihat dari aktivitas siswa meliputi menyimak penjelasan guru, mengajukan pertanyaan, tanggapan, jawaban, kerjasama dalanm kelompok dan perilaku yang tidak relevan dengan proses belajar mengajar menurun; dan (3) pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share dapat meningkatkan kualitas belajar fisika pada siswa terutama pada siswa aktivitas dan hasil belajar. Dari hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar Fisika pada siswa Kelas XI. IPA. 1 SMA Negeri 1 Soppeng Riaja Kabupaten Barru.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Pembelajaran Think-Pair-Share, SMA Negeri 1 Soppeng

 

This study is a classroom action research (Classroom Action Research) which aims to improve the results of Physics learning through Think-Pair-Share (TPS) type cooperative learning for Class XI students. IPA. 1 Soppeng Riaja Senior High School 1 Barru District in the even semester of 2008/2009 Academic Year with 31 students. Data retrieval is done by using learning outcomes tests and observation sheets, then analyzed quantitatively and qualitatively. The results of the analysis obtained are: (1) students' physics learning outcomes from Cycle I to Cycle II with very high qualifications increased from 38.7% to 58.1%. High qualifications decreased from 32.3% to 25.8%. Medium qualification is 25.8% to 12.9%. Low qualifications from 3.2% to 3.2% and very low qualifications from 0% to 0%; (2) the activities of students in the teaching and learning process of physics through the implementation of cooperative learning type Think-Pair-Share from Cycle I to Cycle II increased. This can be seen from student activities including listening to the teacher's explanation, asking questions, responses, answers, collaboration in groups and behaviors that are not relevant to the declining teaching and learning process; and (3) cooperative learning type Think-Pair-Share can improve the quality of learning physics in students, especially in students activities and learning outcomes. From the results of these studies, it can be concluded that the Think-Pair-Share (TPS) type of cooperative learning can improve the learning outcomes of Physics for Class XI students. IPA. 1 Soppeng Riaja 1 State High School, Barru Regency.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Noor Fatirul. 2008. Cooperative Learning . Akses Internet. Makassar

Ali, M. 2004. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar baru Albensindo. Bandung.

Arikunto Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2005. Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara. Jakarta

Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara, Jakarta.

Mudyahardjo, R. 2002. Pengantar Pendidikan “Sebuah studi awal tentang dasar-dasar pendidikan pada umumnya dan pendidikan di Indonesií”. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Mulyasa. E,. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan “Pengembangan standar kompetensi dan kompetensi dasar”. PT. Remaja Rosdakarya. Bandung.

Nana, S. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Sinar baru Albensindo. Bandung

Nasution. S. 2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.

Nurhayati B, & Lukman Wellang Sappe. 2004. Strategi Belajar Mengajar. Jurusan Fisika FMIPA UNM. Makassar.

Popham W. James, Eval, Baker. 2005. Teknik Mengajar Secara Sistematik. Rineka Cipta. Jakarta.

Sahabuddin. 2003. Mengajar dan Belajar “Dua aspek dari suatu proses yang disebut pendidikan”. Badan Penerbit Kampus Gunung Sari UNM. Makassar.

Sardiman, A. M. 2006. Ínteraksi & Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta. Jakarta.

Sudjana, N. 1989. Cara Belajar Siswa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru. Bandung.

Yusufunsbab. 2008. Cooperative Learning . Akses Internet. Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View