MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS POKOK PEMBAHASAN MUNCUL DAN BERKEMBANGNYA PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA MELALUI METODE PEMBELAJARAN EPA (EKSPLORASI, PENGENALAN DAN APLIKASI KONSEP) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 33 MAKASSAR

Rosdiana .(1*),

(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v1i1.824

Abstract


Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah EPA (metode eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep) penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus dan setiap siklusnya dilaksanakan 4 kali pertemuan. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes hasil belajar siswa di setiap akhir siklus. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yang diperoleh setelah pembelajaran dengan menggunakan metode  pembelajaran epa (eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep) selama dua siklus yaitu meningkatnya hasil belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I pada kategori sedang yaitu sebesar 82,85 dari skor ideal 100 dengan rentang skor yaitu 25. Sedangkan pada siklus II berada pada kategori tinggi, dengan skor rata-rata mencapai 87,00 dari skor ideal 100 dengan rentang skor 10. Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran epa (eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep) maka hasil belajar siswa kelas VIIIA SMP Negeri 33 Makassar cukup banyak meningkat.

Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Pembelajaran dengan menggunakan metode eksplorasi, pengenalan dan aplikasi konsep (epa) cocok diterapkan  di kelas VIIIA. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa setelah menggunakan metode pembelajaran tersebut.Hasil belajar yang diperoleh dari tes akhir siklus meningkat, yaitu pada siklus I skor rata-rata mencapai 82,85 dari 41 siswa dengan skor idel 100. sedangkan pada siklus II skor rata

Kata kunci : Hasil Belajar, Metode Pembelajaran EPA dan Siswa  Kelas VIII SMP Negeri 33 Makassar

Article Metrics

Abstract view : 153 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View