MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KEPALA BERNOMOR STRUKTUR DENGAN MATERI POKOK KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA PADA SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 MARE KABUPATEN BONE
(1) Tetap Jaya Dalam Tantangan
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v1i1.819
Abstract
Abstrak
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam pembelajaran, baik pada aktivitas guru dan siswa maupun hasil tes siswa. Peningkatan itu dapat dilihat dari setiap siklus, siklus I hasil belajar sejarah siswa rata-rata 66,02 dengan kategori cukup, terdapat 22 siswa yang belum mencapai standar KKM yaitu 56% dari jumlah siswa dan 17 siswa yang telah mencapai standar KKM yaitu 44% dari jumlah siswa dan Siklus II hasil bejajar sejarah siswa rata-rata 79,8 dengan kategori baik, terdapat 5 siswa (13%) yang tidak tuntas hasil belajarnya dan 34 siswa (87%) yang tuntas hasil belajarnya sehingga telah berada diatas standar KKM yaitu 70 serta telah mencapai ketuntasan secara klasikal yaitu 87% dari target yang ditetapkan yaitu 85%. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil belajar sejarah melalui model pembelajaran kooperatif tipe kepala bernomor struktur dengan materi pokok Kebudayaan Islam di Indonesia pada siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone dapat meningkat.
Kata kunci : Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif Tipe Kepala Bernomor Struktur dan Siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Mare Kabupaten Bone
Article Metrics
Abstract view : 191 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by :
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077
E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id
jurnalpattingalloang@gmail.com
Jurnal Pattingalloang Indexed By
Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
LICENSED BY :
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View