Learning Continum sebagai Penilaian Sosial Pelajaran Daring Materi Nilai-Nilai dan Makna Sumpah Pemuda
(1) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jp3k.v10i2.45402
Abstract
Tujuan penelitian ialah untuk melihat penggunaan learning continuum di dalam pembelajaran daring pada materi sumpah pemuda yang akan diteliti pada siswa kelas 11. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kepustakaan (Library Research) ialah penelitian yang mengumpulkan berbagai informasi dari beberapa sumber seperti buku, majalah, dan sebagaiannya. Penelitian kami ingin membahas mengenai masalah guru dan siswa di dalam menilai aspek sosial di dalam materi sumpah pemuda. Pada penelitian ini kami ingin melihat bagaimana cara guru menilai materi sumpah pemuda yang seharusnya di nilai secara langsung di sekolah. Terdapat beberapa topik pembahasan kami yaitu langkah penilaian pembelajaran dengan acuan learning continuum, penggunaan learning continuum sebagai acuan langkah penilaian pada aspek sosial materi sumpah pemuda dan aspek yang harus dicapai oleh guru dan siswa
Kata Kunci: Daring; Learning Continuum; library Research
Abtract
The purpose of this study was to see the use of the learning continuum in online learning on the youth oath material to be studied in 11th grade students. The method used in this study is a library research approach, namely research that collects various information from several sources of books, magazines. , and so on. Our research wants to discuss the problems of teachers and students in assessing the social aspects in the youth oath material. In this study, we want to see how to assess the youth oath material that should be directly in school. There are several topics of our discussion, namely learning steps with reference to continuum learning, the use of the continuum as a reference for assessing the social aspects of the oath material and aspects that must be achieved by teachers and students.
Keywords: Daring; Learning Continuum; library Research
Full Text:
PDFReferences
Aji, M. T. C., S, L. A., & Pelu, M. (2013). Analisis Sistem Penilaian Pembelajaran Sejarah Berdasarkan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Sukoharjo. Jurnal Candi, 16(2), 69–80.
Alimuddin. (2014). Penilaian dalam Kurikulum 2013. Jurnal Prosiding Seminar Nasional FMIPA UNM Makassar, 1(1).
Aman. (2015). Penilaian Otentik: Teori dan Praktik Dalam Pembelajaran Sejarah. Yogyakarta: UNY Press.
Amrulloh, M. A. (2015). Sistem Penilaian Dalam Pembelajaran. Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 7(2), 125–148.
Anis, M. Z. A. (n.d.). Sejarah Bukan Warisan melainkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Sejarah.
Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Hermawan, S. B., & Atno. (2019). Implementasi Nilai Persatuan di SMA Negeri 1 Lasem Pada Siswa Kelas XI IPS Tahun Ajaran 2017/2018 Pokok Bahasan Materi Sumpah Pemuda. Jurnal Penelitian Dan Inovasi Pendidikan Sejarah, 8(1), 33–41.
Lionar, U., & Mulyana, A. (2019). Nilai-nilai Multikultural Dalam Pembelaaran Sejarah: Identifikasi Pada Silabus. Journal of Social Science Education, 1(1), 22.
Murpratma, D. A. (2012). Aspek Sosial dalam Novel Pusaran Arus Waktu Karya Gola Gong: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra di SMA. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ofianto. (2017). Model Learning Continuum Keterampilan Berfikir Historis (Historical Thingking) Pembelajaran Sejarah SMA. Diakronika, 17(2), 165–169.
Ofianto, & Basri, W. (2015). Model Penilaian Kemampuan Berfikir Historis (Historical Thingking) Dengan Model Rasch. Tingkap, XI(1), 68.
Ofianto, & Ningsih, T. Z. (2021). Assesmen Keterampilan Berfikir Historis (Historical Thinking). Pamekasan, Jawa Timur: Duta Media Publishing.
Salamah, U. (2018). Penjamin Mutu Penilaian Pendidikan. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 274–293.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 168–169.
Setiawan, D. (2017). Pendekatan Saintifik Dan Penilaian Autentik Untuk Meningkatkan Mutu Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 1(2), 34–46. https://doi.org/10.24269/ajbe.v1i2.683
Sirnayatin, T. A. (2017). Membangun Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Sejarah. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 312–321. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1171
Situmorang, R. P. (2016). Analisis Learning Continuum tingkat SD sampai SMP pada tema sistem pencernaan manusia. Scholaria, 6(2).
Sucipto, S. (2007). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia.
T, A. M., & Purwoko, B. (2018). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing. Jurnal BK UNESA, 8(1), 1–8.
Article Metrics
Abstract view : 36 times | PDF view : 6 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Phone 082395232077
E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id
jurnalpattingalloang@gmail.com
Indexed by
Licensed by
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pattingalloang Stats
style="text-align: center;