PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA PEMROGRAMAN KOMPUTER BAGI MAHASISWA FKIP PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
(1) sriwijaya university
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v4i3.4348
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa pemrograman komputer bagi mahasiswa FKIP program studi pendidikan sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research & Development (R&D) yang mengadopsi dari model pengembangan Dick and Carey. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan sejarah yang mengikuti mata kuliah Pembelajaran Berbasis IT (Informasi dan Teknologi). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) berdasarkan analisis kebutuhan diketahui bahwa sebagai calon guru sejarah memerlukan materi bahasa pemrograman untuk dapat menciptakan permainan mereka sendiri sehingga menghasilkan media belajar yang tepat untuk diterapkan; (2) dihasilkannya prototipe bahasa pemrograman komputer bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP Universitas Sriwijaya dan tervalidasinya media pembelajaran bahasa pemrograman komputer oleh ahli bahasa, media cetak, materi dan desain pembelajaran.
Kata kunci: Media, Bahasa Pemrograman Komputer, Pendidikan Sejarah
Article Metrics
Abstract view : 135 times |Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by :
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077
E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id
jurnalpattingalloang@gmail.com
Jurnal Pattingalloang Indexed By
Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional
LICENSED BY :
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
View