Strategi Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di Masa Pembelajaran Daring
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author
DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v8i2.22523
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.
Adam, A. W. (2007). Seabad Kontroversi Sejarah. Ombak.
Ahmad, T. A. (2010). IMPLEMENTASI CRITICAL PEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL DI SMA NEGERI KOTA SEMARANG [Universitas Sebelas Maret]. In Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.4324/9780203463499_chapter_13
Arif, S. (2013). ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH ISU-ISU KONTROVERSIAL DI SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Banyumas). UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Sejarah-S.861202005-2013, 25–37. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/34865/Analisis-Pembelajaran-Sejarah-Isu-Isu-Kontroversial-Di-Sma-Studi-Kasus-Di-Sma-Negeri-1-Banyumas
Bunglai, D. (2017). Strategi Pengelolaan Pembelajaran Isu Materi Sejarah “Serupa” dan Sejarah Kontroversial. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 21. https://doi.org/10.21009/jps.042.03
Cahyono, Y. D. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH “PERISTIWA 1965” UNTUK TINGKAT SMA*. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Fakhruddin, M., Soekardjo, M., & Umasih. (2021). The Dilemma of Teachers in Teaching Controversial Issues of Indonesian History. Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 536(Icsteir 2020), 619–622. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.098
Hartono, Y., & Huda, K. (2020). Development concept of controversial history material in senior high school in Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452282
Hasan, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pai Di Smk Kartika Grati Kabupaten …. JIE (Journal of Islamic Education), IV(2), 113–129. http://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/120
Irwan, A. (2016). KETIKA SEJARAH DIGUGAT? (Mengapa Sering Terjadi Kontroversi dalam Sejarah?). Jurnal Penelitian Humano, 7(2), 192–206.
Kartikasari, M., Utomo, C. B., & Amin, S. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran Sejarah Bermuatan Materi Sejarah Kontroversi di SMA Negeri 5 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 103–114.
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148
Matitaputy, J. (2016). Model Pembelajaran Isu-Isu Kontroversial Dalam Pembelajaran Sejarah. Sosio-Didaktika - Social Science Education Journal, 3(2), 184–192. https://doi.org/10.15408/sd.v3i2.4365.Permalink/DOI
Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3. osf.io/efmc2
Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1–8.
Nugroho, A. S. (2017). Controversial Issues in History Learning: Problems or Challenges ? Atlantic Press, 109(Aecon), 22–25.
Nugroho, A. S. dan I., & Jazimah. (2015). Muatan Sejarah Peristiwa Kontroversial ( Sejarah Kontroversial ) Pada Buku Teks Sejarah Sma Kurikulum 2013 Controversial History Events Content on High School History Text Book Curriculum 2013. Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, September, 131–136.
Prijadji, Wasino, D. (2010). Penerapan investigasi kelompok dengan media visualisasi sejarah kontroversial untuk meningkatkan keterbukaan diri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 278–295.
Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. In Universitas Islam Jakarta. Universitas Islam Jakarta.
Rajab, H. A. (2018). Metode Debat dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Pondok pesantren Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone H. Al-Qayyimah, 1, 11–26.
Sahara, F., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATERI KULLIAH SEJARAH KONTROVERSIAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–12.
Su, A. (2011). PENGGUNAAN ISU KONTROVERSIAL DALAM KELAS PKn / SEJARAH DI ERA REFORMASI. Ilmiah CIVIS, I(2), 71–86.
Sumardiansyah, S. (2017). Paradigma dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 77. https://doi.org/10.21009/jps.042.08
Wijaya, D. N. (2017). Blue-Print Pembelajaran Sejarah Berbasis Kontroversi. Vidya Karya, 31(1), 19–28. https://doi.org/10.20527/jvk.v31i1.3970
Yeni Wahyuni, Nana Supriatna, M. W. (2016). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGANALISIS PERISTIWA SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MATERI ISU KONTROVERSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. FACTUM, 5, 329–343.
Article Metrics
Abstract view : 873 times | PDF view : 124 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR
Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.
Phone 082395232077
E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id
jurnalpattingalloang@gmail.com
Indexed by
Licensed by
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Pattingalloang Stats
style="text-align: center;