Strategi Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversial di Masa Pembelajaran Daring

Sabily Farhan(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v8i2.22523

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah bagaimana pembelajaran sejarah kontroversial di sekolah, untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan pembelajaran sejarah kontroversial di masa pembelajaran daring, untuk menganalisis strategi yang tepat dalam memberikan pembelajaran sejarah kontroversial secara daring. Hal ini penting untuk dibahas karena urgensi sejarah kontroversial bagi generasi muda agar dapat bepikir kritis dan kreatif dalam menyikapi suatu peristiwa sejarah ataupun kebijakan-kebijakan lain. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Studi pustaka dengan memanfaatkan berbagai macam sumber yang kemudian dianalisis untuk dijadikan sebagai hasil penelitian ini. Setelah dilakukan analisis, ditemukan beberapa hasil pembahasan yaitu Sejarah kontroversial sendiri memiliki banyak kelebihan apabila dipelajari dengan baik dalam kelas seperti akan meningkatkan pola pikir kritis, serta kreatif dan mampu meningkatkan rasa toleransi bagi para pembelajarnya, Guru berperan penting dalam menyampaikan pembelajaran sejarah kontroversial ini sehingga ada sikap dan prinsip yang dipegang guru dalam mengajarkan sejarah kontroversial ini. Pada masa pandemi, pembelajaran diharuskan beralih ke sistem daring yang menyulitkan para guru untuk mengajarkan materi kepada peserta didiknya. Berbagai macam kendala menghampiri guru selama pembelajaran daring. Maka dari itu, diperlukan beberapa strategi baru untuk mengatasi hal ini yaitu metode debat dan juga metode investigasi dan diskusi kelompok secara daring melalui fitur video conference. Diharapkan dengan metode metode tersebut dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran sejarah kontroversial ini di kala pembelajaran daring.

Full Text:

PDF

References


Absor, N. F. (2020). Pembelajaran Sejarah Abad 21 : Tantangan dan Peluang dalam Menghadapi Pandemi Covid-19. Journal of History Education, 2(1), 30–35.

Adam, A. W. (2007). Seabad Kontroversi Sejarah. Ombak.

Ahmad, T. A. (2010). IMPLEMENTASI CRITICAL PEDAGOGY DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KONTROVERSIAL DI SMA NEGERI KOTA SEMARANG [Universitas Sebelas Maret]. In Pascasarjana Universitas Sebelas Maret. https://doi.org/10.4324/9780203463499_chapter_13

Arif, S. (2013). ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH ISU-ISU KONTROVERSIAL DI SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Banyumas). UNS-Pascasarjana Prodi. Pendidikan Sejarah-S.861202005-2013, 25–37. https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/34865/Analisis-Pembelajaran-Sejarah-Isu-Isu-Kontroversial-Di-Sma-Studi-Kasus-Di-Sma-Negeri-1-Banyumas

Bunglai, D. (2017). Strategi Pengelolaan Pembelajaran Isu Materi Sejarah “Serupa” dan Sejarah Kontroversial. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 21. https://doi.org/10.21009/jps.042.03

Cahyono, Y. D. (2013). STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH “PERISTIWA 1965” UNTUK TINGKAT SMA*. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Fakhruddin, M., Soekardjo, M., & Umasih. (2021). The Dilemma of Teachers in Teaching Controversial Issues of Indonesian History. Proceedings of the First International Conference on Science, Technology, Engineering and Industrial Revolution (ICSTEIR 2020), 536(Icsteir 2020), 619–622. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210312.098

Hartono, Y., & Huda, K. (2020). Development concept of controversial history material in senior high school in Indonesia. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/3452144.3452282

Hasan, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Debat Aktif Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Pai Di Smk Kartika Grati Kabupaten …. JIE (Journal of Islamic Education), IV(2), 113–129. http://ejournal.stitmuhbangil.ac.id/index.php/jie/article/view/120

Irwan, A. (2016). KETIKA SEJARAH DIGUGAT? (Mengapa Sering Terjadi Kontroversi dalam Sejarah?). Jurnal Penelitian Humano, 7(2), 192–206.

Kartikasari, M., Utomo, C. B., & Amin, S. (2018). Implementasi Pendidikan Multikultural pada Pembelajaran Sejarah Bermuatan Materi Sejarah Kontroversi di SMA Negeri 5 Semarang. Indonesian Journal of History Education, 6(1), 103–114.

Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan Sistem Daring. Diakronika, 20(2), 76. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol20-iss2/148

Matitaputy, J. (2016). Model Pembelajaran Isu-Isu Kontroversial Dalam Pembelajaran Sejarah. Sosio-Didaktika - Social Science Education Journal, 3(2), 184–192. https://doi.org/10.15408/sd.v3i2.4365.Permalink/DOI

Melfianora. (2019). Penulisan Karya Tulis Ilmiah dengan Studi Literatur. Open Science Framework, 1–3. osf.io/efmc2

Mirzaqon, A. T., & Purwoko, B. (2017). Studi Kepustakaan Mengenai Landasan Teori Dan Praktik Konseling Expressive Writing Library. Jurnal BK UNESA, 1–8.

Nugroho, A. S. (2017). Controversial Issues in History Learning: Problems or Challenges ? Atlantic Press, 109(Aecon), 22–25.

Nugroho, A. S. dan I., & Jazimah. (2015). Muatan Sejarah Peristiwa Kontroversial ( Sejarah Kontroversial ) Pada Buku Teks Sejarah Sma Kurikulum 2013 Controversial History Events Content on High School History Text Book Curriculum 2013. Hasil-Hasil Penelitian Dan Pengabdian LPPM Universitas Muhammadiyah Purwokerto, September, 131–136.

Prijadji, Wasino, D. (2010). Penerapan investigasi kelompok dengan media visualisasi sejarah kontroversial untuk meningkatkan keterbukaan diri. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 278–295.

Raihan. (2017). Metodologi Penelitian. In Universitas Islam Jakarta. Universitas Islam Jakarta.

Rajab, H. A. (2018). Metode Debat dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Pondok pesantren Al-Ikhlas Ujung Kabupaten Bone H. Al-Qayyimah, 1, 11–26.

Sahara, F., Noor, A. S., & Chalimi, I. R. (2021). PERSEPSI MAHASISWA TENTANG MATERI KULLIAH SEJARAH KONTROVERSIAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH FKIP UNTAN. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(1), 1–12.

Su, A. (2011). PENGGUNAAN ISU KONTROVERSIAL DALAM KELAS PKn / SEJARAH DI ERA REFORMASI. Ilmiah CIVIS, I(2), 71–86.

Sumardiansyah, S. (2017). Paradigma dalam Pembelajaran Sejarah Kontroversi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 4(2), 77. https://doi.org/10.21009/jps.042.08

Wijaya, D. N. (2017). Blue-Print Pembelajaran Sejarah Berbasis Kontroversi. Vidya Karya, 31(1), 19–28. https://doi.org/10.20527/jvk.v31i1.3970

Yeni Wahyuni, Nana Supriatna, M. W. (2016). PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SISWA DALAM MENGANALISIS PERISTIWA SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN MATERI ISU KONTROVERSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. FACTUM, 5, 329–343.


Article Metrics

Abstract view : 454 times | PDF view : 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View