Perjalanan Pendidikan Sekolah di Daerah Bulukumba (1932 – 1966)

Dg. Mapata(1), Najamuddin Najamuddin(2*),

(1) SMPN 9 Bulukumba Sulawesi Selatan
(2) Prodi Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/jp.v7i3.17960

Abstract


Metode penelitian yang digunakan yakni metode sejarah yang mencakup atas empat tahapan kegiatan 1) heuristik, 2) kritik sumber, 3) interpretasi dan 4) histografi. Dari keempat langkah kegiatan inilah, yang dapat digunakan peneliti di dalam menelusuri jejak-jejak pendidikan sekolah masa 1932 – 1966 di daerah Bulukumba dengan mengadakan wawancara terhadap saksi sejarah sebagai sumber primer dan berusaha membandingkan sumber sekunder serta sumber benda untuk menuliskan kisah sejarah secara objektif dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Hasil penelitian diperoleh tantangan penyelenggaraan pendidikan sekolah 1932 – 1966 di daerah Bulukumba mencakup penyelenggaraan pendidikan barat di Bulukumba, kedatangan Sekutu dan NICA (Belanda) di daerah Bulukumba, pengaruh gerakan DI/TII di daerah Bulukumba, ancaman Gerakan Sosial Politik Dompea Amamatoa Kajang, pengaruh G 30 S/PKI 1965 di daerah Bulukumba, sikap kolot orangtua dan masyarakat dalam memaknai pendidikan. Selain itu, tantangan yang paling berat dihadapi dalam menyelenggarakan pendidikan sekolah masyarakat kabupaten Bulukumba gerakan DI/TII dan Gerakan Dompea Ammatoa Kajang.  Akhirnya,    masyarakat dan orangtua dalam menjawab tantangan pendidikan sekolah  (1932 – 1966). Di daerah Bulukumba.

Kata kunci:  perjalanan, pendidikan, dan sekolah

 

Abstract

The research method used in the historical method includes four stages of activity 1) heuristics, 2) source criticism, 3) interpretation and 4) histography. From these four activities, researchers can use the traces of school education in the period 1932 - 1966 in the Bulukumba area by interviewing historical witnesses as primary sources and trying to compare secondary sources and sources of objects to tell historical stories objectively and scientifically accountable. .

The results of the research on the challenges of organizing school education from 1932 to 1966 in the Bulukumba area included the implementation of western education in Bulukumba, the arrival of the Allies and NICA (Netherlands) in the Bulukumba area, the influence of the DI / TII movement in the Bulukumba area, the threat of the Dompea Amamatoa Kajang Social Political Movement, the influence of the G 30 S / PKI 1965 in the Bulukumba area, the conservative attitude of parents and society in interpreting education. In addition, the most serious challenges are in organizing community school education in Bulukumba district, the DI / TII movement and the Dompea Ammatoa Kajang movement. Finally, society and parents in responding to the challenges of school education (1932 - 1966). In the Bulukumba area.

Keywords: travel, education and school


Full Text:

PDF

References


Aisyah, N., Patahuddin, P., & Ridha, M. R. (2018). Baraka: Basis Pertahanan DI/TII di Sulawesi Selatan (1953-1965). Jurnal Pattingalloang, 5(2), 49-60.

Dg. Mapata, 2017. Riwayat Perjuangan Andi Mappijalang Tokoh Pejuang Kemerdekaan di Bulukumba, Makassar: LP3i

Dg. Mapata, 2018. Andi Sultan Dg. Radja Penegak Kedaulatan RI dari Bulukumba, Jakarta: Pustakaone.

Dg. Mapata, 2019. Perjuangan Muhammad Ilyas Dalam Revolusi Berdarah di Bulukumba, Yogyakarta : Ombak.

Faiz, M., Jumadi, J., & Ridha, M. R. (2020). Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Kab Sidrap 1974-2018. Jurnal Pattingalloang, 7(1), 31-39.

Mattulada “Manusia dan Kebudayaan Bugis Makassar” Dalam Koentjaraningrat, 1980. Manusia dan Kebudayaan Indonesia, Jakarta: Jambatan.

Najamuddin, 2005. Perjalanan Pendidikan Di Tanah Air (1800 – 1945), Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho Notosusanto, 1984. Metode Penelitian Sejarah Kontempore Siuatu Pengalaman, Jakarta: Idaya Press.

Syandri, S., & Iskandar, A. (2020). Pemikiran Dakwah KH Fathul Mu’in Dg. Maggading: Gerakan Muhammadiyah Cabang Makassar 1960-1970. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 14(2), 223-240.


Article Metrics

Abstract view : 174 times | PDF view : 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by :

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222. Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Jurnal Pattingalloang Indexed By

 

 

Jurnal Pattingalloang Telah Terakreditasi SINTA 5 Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional

 

LICENSED BY :

Creative Commons License
Jurnal Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 Flag Counter


View