Perkembangan Transportasi Kereta Api di Jakarta

Jumardi Jumardi(1*), Ruli R(2), Abdulhadi Abdulhadi(3), Atika Siska(4), Viki A(5), Zaqi AZ(6),

(1) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(2) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(3) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(4) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(5) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(6) Pendidikan Sejarah UHAMKA
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v7i1.13291

Abstract


Transportasi kereta api di Indonesia umumnya dan Jakarta khususnya memiliki sejarah yang cukup panjang. Kereta Rel Listrik (KRL), Mass Rapid Transit (MRT) dan Light Rail Transit (LRT) merupakan perkembangan moda transportasi kereta api masa kini. Perkembangan transportasi tidak terlepas dari kepentingan penjajah dalam mengeksploitasi hasil bumi Indonesia. Hingga pada masanya kereta api menjadi angkutan massal yang murah. Metode penelitian menggunakan metode historis dan wawancara. Hasil penelitian diperoleh bahwa kereta api di Jakarta dimulai pada tahun 1869 hingga 1873. Pembangunan jalur kereta api diperuntukkan bagi pengangkutan hasil bumi di wilayah Buitenzorg ke batavia atau sebaliknya. Pada perkembangannya, kereta api dianggap mampu juga berperan sebagai angkutan tenaga kerja dan kemudian berkembang lagi menjadi angkutan massal di DKI Jakarta.

Kata Kunci : Transportasi, Kereta Api

 

Absract

Rail transportation in Indonesia in general and Jakarta in particular has a fairly long history. Electric Rail Trains (KRL), Mass Rapid Transit (MRT) and Light Rail Transit (LRT) are the development of today's rail transportation modes. The development of transportation is inseparable from the interests of the colonizers in exploiting Indonesian agricultural products. Until the time the train became a cheap mass transportation. The research method uses historical methods and interviews. The results were obtained that the railroad in Jakarta began in 1869 until 1873. The construction of the railroad was intended for transportation of agricultural products in the Buitenzorg region to Batavia or vice versa. In its development, the train is considered capable of also acting as a transportation of labor and then developing again into mass transportation in DKI Jakarta.

Keywords : Transportation, Train


Full Text:

PDF

References


(Persero), P. K. (2015). Laporan Keberlanjutan 2015: Transformasi yang Berkelanjutan untuk Indonesia. . Jakarta: Dokumen Perusahaan.

A.D. Laksana., d. (2015). Jalur Kereta Api Cikini - Salemba - Pabrik Opium. Jakarta: Pusat Data, Informasi dan Kepustakaan Kereta Anak Bangsa Edisi 17 Nopember 2015.

Agustine, I. (2016, Agustus 15). Perpres LRT Terintegrasi Direvisi, Kemenhub Diminta Selesaikan Desain dan Spesifikasi Teknis.

Retrieved Juni 20, 2019, from Ekonomi Bisnis com: https://ekonomi.bisnis.com/read/20160815/98/575303/perpres-lrt-terinte grasi-direvisi-kemenhub-diminta-selesaikan-desain-dan-

Arsip. (1899). Kereta Api Batavia-Buitenzorg Dioperasikan 31 Januari 1873; Tanah Partikelir Berkembang ; Trem Listrik Batavia, 1899. Batavia: Trem Listrik Batavia, 1899.

Arsip. (2019). Arsip Kesejarahan PT. Kereta Commuter Indonesia. . Jakarta: Diakses dari http://www.krl.co.id/ pada 20 Juni 2019.

Gartikayati, T. (2012, Juni Selasa).

https://www.kompasiana.com/galing/5516e9dc813311ab64bc6136/ngabuburit-menelusuri-sejarah-perkereta-apian-di-batavia?page=all pada 20 Juni 2019. Retrieved Juni selasa, 2019, from

https://www.kompasiana.com/galing/5516e9dc813311ab64bc6136/ngabuburit-menelusuri-sejarah-perkereta-apian-di-batavia?page=all pada 20 Juni 2019.:

https://www.kompasiana.com/galing/5516e9dc813311ab64bc6136/ngabuburit-menelusuri-sejarah-perkereta-apian-di-batavia?page=all pada 20 Juni 2019.

Hendaru Tri Hanggoro., (. (2019). Awal Mula Jalur Layang Kereta di Indonesia. Jakarta: https://historia.id/urban/articles/awal-mula-jalur-layang-kereta-di-indonesia-vYE0Q pada 20 Juni 2019.

Ibnu Murti., H. (2016). Arsitektur bangunan Station Kereta Api di Indonesia. Jakarta: PT Kereta Api Indonesia (Persero).

Khafifah, N. (2015, Juni 20). Kisah Jonan Perbaiki KAI: dari Rapor Merah hingga Untung hampir Rp 1 T. Retrieved Juni 20, 2019, from Diakses dari https://news.detik.com/berita/d-2938862/kisah-jonan-perbaiki-kai-dari-rapor-merah-hingga-untung-hampir-rp-1-t pada 20 Juni 2019.: https://news.detik.com/berita/d-2938862/kisah-jonan-perbaiki-kai-dari-rapor-merah-hingga-untung-hampir-rp-1-t pada 20 Juni 2019.

kompas.com. (2009, 2009 kamis). Stasiun Batavia Selatan Genap 80 Tahun. Retrieved Juni Selasa, 2019, from Kompas.com. 2009.

Stasiun Batavia Selatan Genap 80 Tahun.Diakses darihttps://internasional.kompas.com/read/2009/10/23/10494612/stasiun.bataviaselatan.genap.80.tahun pada 20 Juni 2019.: Diakses darihttps://internasional.kompas.com/read/2009/10/23/10494612/stasiun.bataviaselatan.genap.80.tahun pada 20 Juni 2019.

Maatschappij., N.-I. T. (2019). Nederlands-Indische Tramweg Maatschappij. Nederland-Indies: Diakses dari http://searail.malayanrailways.com/PJKA/Nederland-

Indies%20Tramway/ NITM.htm pada 20 Juni 2019.

Matua Harahap., A. (2019, Juni selasa). http://poestahadepok. Retrieved Juni 20, 2019, from blogspot.com/2016/12/sejarah-jakarta-9-kereta-api-batavia.html pada 20 Juni 2019: http://poestahadepok.blogspot.com/2016/12/sejarah-jakarta-9-kereta-api-batavia.html pada 20 Juni 2019

Nasir, M. (1999). Metode Penelitian Cetakan Kedua . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nurhayati, Y. (2014). Sejarah Kereta Api. Kalten: CV Rizki Mandiri .

Persero, P. K. (2014). Company Profile PT Kereta Api Indonesia

(Persero): Komitmen terhadap Inovasi dan Kualitas Pelayanan . Jakarta: Dokumen Perusahaan.

Ramadhan, A. P. (2017, desember sabtu). Pengaruh Jalur Kereta Api Batavia-Buitenzorg terhadap Kehidupan Sosial dan Ekonomi Masyarakat tahun 1871-1913. Retrieved 2016 12, 2017, from http://library.fis.uny.ac.id/elibfis.: http://library.fis.uny.ac.id/elibfis.

Shahab, A. (2004). Saudagar Baghdad dari Betawi. Jakarta: Penerbit Republika.

Staatsspoorowegen. (1921). Verslag der staatsspoor-en-Tranwegen in Nederlandsch-Indie 1921-1932. Batavia: Burgerlijke Openbare Werken.

Suyuti, H. (1989). Pengantar Metodologi Riset. Jakarta: Fajar Agung.

Tempo.co. (2015, Juni 20). Nama Jonan Identik dengan Tranformasi di KAI. Retrieved juni 20, 2019, from tempo.co : https://bisnis.tempo.co /read/450247/nama-jonan-identik-dengan-transformasi-di-kai/full&view=ok pada 20 Juni 2019.

Teuween, D. (2010.). From horsepower to electrification Tramways in Batavia-Jakarta. Jakarta: Batavia-Jakarta.


Article Metrics

Abstract view : 2716 times | PDF view : 657 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: [email protected]

          [email protected]

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View