Situs Jera’ Lomp’e Sebagai Sumber Belajar Sejarah Siswa Kelas X SMAN 8 Soppeng

Alma Paramita(1*), Patahuddin Patahuddin(2), Rasyid Ridha(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Pendidikan Sejarah
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pattingalloang.v6i3.11684

Abstract


 

Penelitian ini adalah penelitian pre-experiment. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas X SMAN 8 Soppeng pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 6 kelas dan dipilih satu kelas secara acak sebagai sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar (pre-test dan post-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan inferensial. Hasil analisis statistika deskriptif 1) rata-rata keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan situs sebagai sumber belajar sejarah sebesar 3,9 (terlaksana dengan baik) 2) rata-rata hasil kemampuan awal siswa (pretest) yaitu 4,77 berada pada kategori sangat rendah. Rata-rata hasil belajar siswa (posttest) yaitu 8,36 berada pada kategori sangat tinggi, 3) hasil posttest menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai yakni 23 siswa mencapai ketuntasan individu. Hasil analisis inferensial menunjukkan 1) nilai rata-rata siswa yang diajar dengan pemanfaatan situs sebagai sumber belajar sejarah lebih besar dari 70 (KKM) 2) nilai rata-rata gain ternormalisasi lebih besar dari 0,3 (kategori sedang) 3) terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberi perlakuan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) strategi guru dalam pemanfaatan situs sebagai sumber belajar sejarah adalah melalui media gambar, sebagai contoh peninggalan zaman islam, dan tugas individu (2) keterlaksanaan pembelajaran dengan pemanfaatan situs sebagai sumber belajar sejarah terlaksana dengan sangat baik (3) hasil belajar siswa sebelum pemanfaatan situs sebesar 4,772 yang berada pada kategori rendah (4) dari hasil belajar siswa terdapat peningkatan yang dapat diketahui dari nilai rata-rata post-test sebesar 8,363 yang berada pada kategori tinggi

 Kunci: Jera’ Lompo’e, Hasil Belajar, SMAN 8 Soppeng

 

 

Abstract

This research is a pre-experiment research. The population of this study was all of the 10th grade of SMAN 8 Soppeng in the even semester of the 2018/2019 school year consisting of 6 classes and one class was chosen randomly as a research sample. Data is collected by using an observation sheet of the implementation of learning and learning outcomes tests (pre-test and post-test). The data analysis technique used is descriptive and inferential analysis techniques. Descriptive statistics analysis results 1) average learning performance using the site as a source of learning history is 3.9 (well implemented) 2) average results of students' initial ability (pretest) of 4.77 are in the very low category. The average student learning outcomes (posttest) ie 8.36 are in the very high category, 3) posttest results indicate that classical completeness is achieved ie 23 students achieve individual completeness. The results of inferential analysis show 1) the average value of students taught by the use of the site as a source of learning history is greater than 70 (KKM) 2) the average value of normalized gain is greater than 0.3 (medium category) 3) there is a difference significant before and after treatment. From the results of this study it can be concluded that: (1) the teacher's strategy in utilizing the site as a source of historical learning is through the media of images, for example the relics of the Islamic era, and individual tasks (2) the implementation of learning by utilizing the site as a source of historical learning very well implemented (3) student learning outcomes before the use of the site amounted to 4,772 which are in the low category (4) of student learning outcomes there is an increase that can be seen from the average post-test score of 8.336 which is in the high category.

Keyword: Jera’ Lompo’e, Learning Outcomes, SMAN 8 Soppeng


Full Text:

PDF

References


Arafah, S. (2018, Oktober 02). Bagaimana strategi guru dalam pemanfaatan situs melalui media gambar? (A. Paramita, Interviewer)

Barus, U., & Suratno. (2015). Pemanfaatan Situs Candi Bahal Sebagai Media Pembelajaran Alam Terbuka. Medan: Perdana Mitra Handalan.

Damayanti, A. (2019, Mei 18). Bagaimana menurut anda pembelajaran melalui media gambar? (A. Paramita, Interviewer)

Dratiarawati, A. (2015). Pemanfaatan Museum Isdiman Ambarawa sebagai sumber belajar. Journal of History Education.

Lestari, I. D. (2011). Efektivita Pemanfaatan situs sejarah sebagai sumber belajar di SMAN 1 Bawang dan SMAN 1 Banjarnegara.

Marwoto. (2009). Strategi Guru Sejarah dalam Meningkatkan Minat Belajar Sejarah di SMAN 10 Pekanbaru. Ilmu-Ilmu Sejarah, Budaya dan Sosial, 5(14), 26-31.

Musdalifah. (2019, Mei 18). Apakah ibu pernah membawa siswa berkunjung ke situs Jera' Lompo'e? (A. Paramita, Interviewer)

Mutallib. (1981). Jera' Lompo'e. Ujung Pandang.

Rahman, A. (2017). Pemanfaatan situs sejarah di MA Al-Ma'rif.

Ramadani, Y. P. (2019, Mei 18). Apakah anda pernah berkunjung ke situs Jera' Lompo'e. (A. Paramita, Interviewer)

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup


Article Metrics

Abstract view : 454 times | PDF view : 30 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SEJARAH 

FAKULTAS ILMU SOSIAL 

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

Kampus UNM Gunung Sari Gedung Fakultas Ilmu Sosial Lantai 3, Jalan Raya Pendidikan, Makassar. 90222.

Phone 082395232077

E-mail: jurnal.pattingalloang@unm.ac.id

          jurnalpattingalloang@gmail.com

 

Indexed by 


Licensed by 

Creative Commons License
Pattingalloang is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

 

Pattingalloang Stats

Flag Counter

style="text-align: center;

View