Kreativitas Peserta Didik dalam Berkarya Seni Kolase di Raudhatul Athfal Al-Djibran Kelurahan Segeri Kabupaten Pangkep

Bulan Talisa.T(1*), Abdul Azis Ahmad(2), Hasnawati Hasnawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v2i2.50540

Abstract


Bulan Talisa. T, 2021. “Kreativitas Peserta Didik dalam Berkarya Seni Kolase di RA AL-Djibran Kelurahan Segeri Kabupaten Pangkep”. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, dibimbing oleh H. Abd. Aziz Ahmad dan Hj. Hasnawati.

 Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana kreativitas peserta didik RA AL-Djibran Kelurahan Segeri Kabupaten Pangkep dalam berkarya seni kolase serta kendala yang dihadapi peserta didik dalam berkarya seni kolase di RA AL-Djibran Kelurahan Segeri Kabupaten Pangkep. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu kegiatan yang dilakukan untuk melihat kreativitas peserta didik dalam membuat sebuah karya seni sesuai dengan tujuan penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis desktiptif kualitatif. Adapun teknik analisis data yang mengacu pada tabel persentase hasil tes peserta didik secara langsung dengan pola dan bahan yang disediakan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa: (1) kreativitas peserta didik dalam berkarya seni kolase di RA AL-Djibran Kelurahan Segeri Kabupaten Pangkep bernilai baik dan cukup karena kedua kategori tersebut memiliki persentase nilai yang sama yaitu 38,2% dalam keseluruhan aspek baik ketepatan menempel/kerapian, pemilihan warna, dan penyelesaian karya. (2) Kendala yang dihadapi peserta didik RA AL-Djibran Kelurahan Segeri dalam berkarya seni kolase adalah sebagian peserta didik kurang minat dalam berkarya seni kolase karena merasa jijik saat memegang lem, peserta didik sebagian lebih menyukai kegiatan bernyanyi dan bermain, peserta didik kadang merasa bosan dengan bahan dan alat yang seperti biasa, dan dalam penyelesaian karya sebagian peserta didik terkendala oleh waktu yang terlalu singkat sehingga tidak dapat menyelesaikan karya secara tuntas. Dengan adanya penelitian ini diharapkan menjadi pembelajaran bagi guru agar lebih memperhatihan media pembelajaran untuk peserta didik dalam pembelajaran keterampilan tangan dan kesenian khususnya seni kolase. 

 

 

Kata Kunci: Kreativitas, Peserta Didik, Seni Kolase


Full Text:

PDF

References


Aziz, Abdul. 2013. “Perbedaan Kolase, Mozaik, dan Montase”. Diakses dari http://sen1budaya.blogspot.co.id/2013/08/perbedaan-kolase-mozaik- danmontase.html?m=1. Pada tanggal 29 Agustus 2021. Pukul 00.46 WITA.

Beaty, Janice J. 2013. Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Depdiknas. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Devi, Fratnya Puspita. 2014. “Peningkatan Kreativitas Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Kelompok B2 di TK Aba Keringan Kecamatan Turi Kabupaten Sleman”. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id. Pada tanggal 27 Agustus 2021. Pukul 04.14 wita.

Dhermawan, Asep. 2017. “Tujuan dan Manfaat Teknik Kolase”. Diakses dari https://agroedupolitan.blogspot.co.id. Pada tanggal 29 Agustus 2021.

Pukul 00.00 WITA

Hurlock, Elizabeth J. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga. Jamaris, Martini. 2006. Proses Kreativitas Anak. Jakarta: Erlangga.

Mirantiyo, Yoki. 2014. “Perbedaan Montase, Kolase, dan Mozaik”. Diakses dari http://yokimirantiyo.blogspot.co.id/2014/03/perbedaan-montase- kolasedan-mozaik.html?m=1. Pada tanggal 29 Agustus 2021. Pukul 23.00 WITA.

Munandar, Utami. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Pamadhi, Hajar. 2013. Seni Keterampilan Anak. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.

Proses Kreasi, Gambar Anak, Proses Belajar. Jakarta: Erlangga

Pekerti, Widia. 2010. Metode Pengembangan Seni. Jakarta: Universitas Terbuka. Salam, Sofyan, dkk, 2016. Modul orientasi pendidikan seni rupa. Makassar:

Universitas Negeri Makassar

Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Universitas Negeri Makassar.

Silviana, Winda. 2019. Implementasi Teknik Mozaik Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Mandiri I Desa Hargo Pancuran Lampung Selatan, Lampung : Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden intan Lampung.

Subiantoro, Benny. 2014. Mudahnya Belajar Menggambar Media Pembelajaran Seni Budaya Bagi Guru Sekolah Taman Kanak-Kanak dan Guru Sekolah Dasar. Makassar: Universitas Islam Negeri Makassa

Sugiyono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, Arfan. 2013. “Tingkat Prestasi Menggambar Bentuk Siswa Kelas X SMA Negeri 13 Makassar”. Makassar: Universitas Negeri Makassar

Sumanto. 2005. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Suratno. 2005. Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Dirjren Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi

Widyan, Ratih. 2016. Pengertian Montase, Kolase, Mozaik. Diakses dari http://ratihwidyan.wordpress.com/2016/01/24/pengertian-montase- kolasemozaik/. Pada tanggal 29 Agustus 2021. Pukul 22.31 WITA.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Paratiwi: Jurnal Seni Rupa dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jurusan Seni Rupa dan Desain
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung Prodi Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal Paratiwi  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by