PERANCANGAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PEMBUATAN POSTER UNTUK KELAS VIII SMP NEGERI 3 BANGKALA BARAT

Muhammad Rezki Ramdhani Al-Pajri(1*), Sukarman B(2), Hasnawati Hasnawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) 
(3) 
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v3i1.49742

Abstract


This study aims to design a comic-shaped learning media to increase the learning motivation of class VIII students of SMP Negeri 3 Bangkala Barat. The contents of the comic are accompanied by discussions regarding an explanation of what a poster is, the function of a poster, types of posters, matters before making a poster design, and procedures for making a good and correct poster. The design of this comic book was carried out using Research and Development research to produce the product. The resulting product is a comic book aimed at students and students. This research includes potentials and problems, data collection, product design, design validation, design revisions and final products which are carried out systematically to get maximum results. After following the research steps based on the Borg and Gall model modified by Sugiono, what is obtained is a comic product that contains matters relating to posters. The results of the media expert validation analysis were carried out by DKV Lecturers from the results of the validator's assessment in the first validation obtaining 12 points considered attractive in the aspects of the cover design assessment, content suitability. The second validation is carried out again, the results obtained are 10 points considered attractive and not (neutral), and 5 points are considered attractive in the aspects of the cover design assessment, content, and display language. Furthermore, the results of the material expert validation analysis were carried out by DKV Lecturers from the results of the validator's assessment on the curriculum assessment aspect only obtaining 1 point which was considered interesting, but in the presentation content assessment aspect obtaining 0 points which were considered interesting. Then a second re-validation was carried out so that the validation results on aspects of the assessment of learning media, content suitability, presentation obtained 1 point which was considered very interesting, then 8 points which were considered interesting, and 6 points which were considered interesting and not (neutral). So that the unified point results from media experts and material experts were obtained from the quality of comic products as learning media for making posters, declared valid for use in learning to make posters.

 

Keywords; Comics, learning, posters, products, students, validation



ABSTRAK

Muhammad Rezki Ramdhani Al-Pajri.2022. Perancangan Komik sebagai Media PembelajaranPembuatan Poster untuk Kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkala Barat.Skripsi.Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar.(Dibimbing oleh Sukarman B dan Hasnawati.)

Penelitian ini bertujuan untuk membuat Perancangan Media Pembelajaran Berbentuk Komik, untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bangkala Barat. Isi komik disertai pembahasan-pembahasan mengenai penjelasan tentang apa itu poster, fungsi poster, jenis poster, hal-hal sebelum melakukan membuat desain poster, dan tata cara membuat poster yang baik dan benar.Perancangan buku komik ini dilakukan dengan penelitian Research and Development untuk menghasilkan produk.Produk yang dijasilkan berupa buku komik yang ditujukan kepada siswa dan pelajar.Peneltian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain dan produk akhir yang dilakukan secara sistematik untuk mendapatkan hasil yang maksimal.Setelah mengikuti langkah-langkah penelitian berdasarkan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono maka yang didpatkan adalah produk komik yang berisi hal-hal yang mengenai tentang poster.Hasil analisis validasi ahli media dilakukan oleh Dosen DKVdari hasil penilaian validator tersebut pada validasi pertama memperoleh 12 poin dianggap menarik pada aspek penilaian desain sampul, kesesuaian isi. Dilakukan lagi validasi kedua maka hasil yang didapatkan 10 poin dianggap menarik dan tidak (netral), serta 5 poin dianggap menarik pada aspek penilaian desain sampul, isi, dan kebahasaan tampilan. Selanjutnya hasil analisis validasi ahli materi dilakukan oleh Dosen DKVdari hasil penilaian validator tersebut pada aspek penilaian kurikulum hanya memperoleh 1 poin yang dianggap menarik, namun pada aspek penilaian isi penyajian memperoleh 0 poin yang dianggap menarik. Maka dilakukanlah validasi ulang yang kedua sehingga hasil validasi pada aspek penilaian media pembelajaran, kesesuaian isi, penyajian memperoleh 1 poin yang dianggap sangat menarik, lalu 8 poin yang dianggap menarik, dan 6 poin yang dianggap menarik dan tidak (netral).   

Sehingga hasil poin yang satukan dari ahli media dan ahli materi didapatkan dari Kualitas produk komik sebagai media pembelajaran pembuatan poster, dinyatakan valid untuk digunakan dalam pembelajaran membuat poster.

 

Kata Kunci: Komik, pembelajaran, poster,produk, siswa, validasi, validator,


Full Text:

PDF

References


Ade Prahmadia Fuad: 2016. Pengembangan Media Belajar Berbentuk Komik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi Pada Kompetensi Menyusun Laporan Keuangan Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 2 Moyudan.Yogyakarta. Skripsi.Yogyakarta : Lumbung Putsaka, ePrints@UNY.

Alex, Pak. 2022. “Pengertian Komik”,https://pengajar.co.id/pengertian-komik/, diakses pada 28 Juni 2022 pukul 16.56 WIT.

Alimuddin. 2011. Strategi Pembelajaran, Pedekatan Pembelajaran Kesenirupaan. Makassar: Fakultas Seni dan Desain.

Arjuna. 2011. “Komik Sebagai Media Pembelajran”, http://arjunabelajar.blogspot.com/2011/03/komik-sebagai-media-pembelajaran.html, diakses pada 11 juli 2022 pukul 08.21 WIT.

Hasnawati J, H. J. 2022. Kemampuan Mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Makassar dalam Berkarya Komik.Doctoral dissertation, Universitas Negeri Makassar.

Ilham Prastya. 2022. “Pengertian Komik Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri Komik dan Jenisnya”,https://www.ayoksinau.com/pengertian-komik/, diakses pada 28 Juni 2022 pukul 15.20 WIT.

Miftah, M. 2013. Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa.Jurnalkwangsan.kemdikbud.go.id, Vol. No. 2, 100-102.

Purnomo, E., Haerudin, D., Rohmanto, B., & Juih, J. (2017).Seni Budaya Kelas VIII.Cetakan ke-2. Jakarta. Kementrian Pendidikan dan Kubudayaan.

Riduwan.(2013). Metode dan Tehnik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Scott, M, C. 2001. Membuat Komik. (Terjemahan oleh Alpha Febrianto)Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Subagyo, J, P. (2015). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktrik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono.(2012). Memahami Penelitian Kualitatif.Bandung: Alfabeta.

Tafano, T. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar.Jurnal Komunikasi Pendidikan, Vol. 2 No. 2, 103.

Wahyanto, H, D. 2005. Komik Sebagai Media Komunikasi Visual Pembelajaran. Jurnal Nirmala. Vol. 7 No. 1, 50-51


Article Metrics

Abstract view : 1 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Paratiwi: Jurnal Seni Rupa dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jurusan Seni Rupa dan Desain
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung Prodi Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal Paratiwi  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by