Kemampuan siswa dalam berkarya seni lukis cat minyak pada Sanggar Seni Moncong Buloa SMA Negeri 11 Bulukumba

Supardi Pardi(1*), Tangsi Tangsi(2), Jalil Saleh(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v3i1.47271

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam berkarya seni lukis cat minyak pada Sanggar Seni Moncong Buloa SMA Negeri 11 Bulukumba dan kendala yang dihadapi siswa dalam berkarya seni lukis cat minyak. Jenis penelitian ini merupakan jenis penelitian “deskriptif kuantiatif”. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa anggota Sanggar Seni Moncong Buloa SMA Negeri 11 Bulukumba yang terhitung masih aktif berjumlah 10 orang siswa.teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah : Observasi, tes praktik, wawancara dan dokumentasi yang teknik analisis datanya adalah teknik analisis kuantitatif dalam proporsi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kemampuan siswa dalam seni lukis cat minyak pada Sanggar Seni Moncong Buloa SMA Negeri 11 Bulukumba dapat tergabung secara keseluruhan sudah dapat berkarya dengan baik karena hanya terdapat 1 siswa yang mendapatkan nilai sangat baik dan terdapat 8 dari 10 siswa yang dapat mencapai penilaian yang dikategorikan baik dan juga 1 dari 10 siswa mendapat penilaian yang dikategorikan cukup. Artinya dari 10 sebagai subjek penelitian rata-rata siswa mendapatkan nilai kategori baik.Adapun kendala yang dihadapi siswa dalam karya seni lukis cat minyak yaitu: terkendala pada masalah biaya dalam mempersiapkan media terutama cat minyak yang tergolong cukup mahal selain itu siswa juga masih kesulitan dalam menggunakan cat minyak baik itu dalam pencampuran warna maupun penerapan teknik gelap terang.
Kata kunci: kemampuan, seni lukis cat minyak, Sanggar Seni


Full Text:

PDF

References


Arsyad, A., 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Andhini Rachmawati, Dhera,dkk. 2020. “Studi Berkarya Seni Rupa Teknik Tempel Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. Malang : Universitas Negeri Malang.

Aggraini, I, A, dkk. 2020. “Mengidentifikasi minat bakat siswa sejak usia dini di SD Adiwijaya”.

Dahlan, M.M., dkk. 2009. Gelaran Almanak Seni Rupa Jogja 1999-2009. I: BOEKOE & Gelaran Budaya.

Mirdamiwati, S. M. 2014. Peran Sanggar Seni Kaloka Terhadap Perkembangan Tari Selendang Pemalang di Kelurahan Pelutan Kecamatan Pemalang Kabupaten Pemalang. JURNAL SENI TARI, 3(1).

Suhermawan, R, Nugraha, R.A. 2010. Seni Rupa. Jakarta: Pusat Perbukuan, Keme nterian Pendidikan Nasional.

Isnanto, A. D. 2013. Macam-Macam Aliran Seni Lukis Di Indonesia. MACAM-MACAM ALIRAN SENI LUKIS DI INDONESIA, 1-6.

Khairiyah, A. 2019. Kemampuan Melukis Cat Minyak Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Barru. JURNAL. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Nurfadhillah, S. 2021. MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat, Jenis-Jenis Media Pembelajaran, dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak (Jejak Publisher).

Mushaydir, A. M. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Seni Budaya Ekstrakurikuler Seni Lukis Cat Minyak Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 11 Bulukumba. SKRIPSI. (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Purnama, Y. 2015. Peranan Sanggar Dalam Melestarikan Kesenian Tradisional Betawi. Patanjala: Journal of Historical and Cultural Research, 7(3).

Retnowati. 2009. “Pengembangan Instrumen Penilaian Seni Lukis Anak di Sekolah Dasar”. Disertasi. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta.

Rupa, J. S. 2014. Penerapan media dalam bentuk pop up book pada pembelajaran unsur-unsur rupa untuk siswa kelas 2 SDNU Kanjeng Sepuh Sidayu Gresik. Gresik.

Salam, S. 2001. Pendidikan Seni Rupa di Sekolah Dasar. Makassar. Buku Ajar Untuk Mahasiswa FSD UNM.

Salam, S. dkk. 2020. Pengetahuan Dasar Seni Rupa. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Sucianti. 2004. Ketentuan Umum Pendidikan Seni Rupa. Jakarta: Jakarta Depdiknas.

Sulastianto, dkk. 2006. Seni Budaya. Grafindo Media Pratama.

Soemarjadi. 2001. Pendidikan Keterampilan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan RND. Bandung: Alfabeta

Suparta, I.M., 2019. Prinsip Seni Rupa. Denpasar: Institutional Repository.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi perkembangan anak dan remaja.

Tersiana, A. 2018. Metode Penelitian. Anak Hebat Indonesia. MEI 31.

Wahid, A. Kahar, & Yunus. P. P. 2014. Apresiasi Seni. Makassar: Cv Prince publishing

Wakhyuni, E. 2019. Analisis kemampuan, komunikasi dan konflik kerja terhadap kepuasan kerja karyawan pada PT. Mitha Sarana Niaga. JUMANT, 11(1),

Wiratno, T. A. 2018. Seni Lukis Konsep dan Metode. Jakad Publishing book and Jurnal.

Yulistio, A. 2011. Manajemen Pengamen Calung Sanggar Seni Jaka Tarub di Kabupaten Tegal. Skripsi Jurusan Sendratasik. Semarang: FBS UNNES.

https://www.google.com/search?q=macam+macam+aliran+seni+lukis&sxsrf=ALiCzsbIrffcQfpzdPQxh5gEA9B95y-

https://www.google.com/search?q=kriteria+penilaian+seni+lukis&sxsrf=ALiCzsbIrffcQfpzdPQxh5gEA9B95y-

https://www.google.com/search?q=bahan+dan+alat+dalam+seni+lukis&sxsrf=ALiCzsbIrffcQfpzdPQxh5gEA9B95y-


Article Metrics

Abstract view : 5 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Paratiwi: Jurnal Seni Rupa dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jurusan Seni Rupa dan Desain
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung Prodi Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal Paratiwi  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by