PERANCANGAN MOTION GRAPHIC COMPANY PROFILE PT PELINDO JASA MARITIM

Lulu Fathul Jannah(1*), Sukarman B(2), Satriadi Satriadi(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v2i1.45891

Abstract


Dalam perancangan ini bertujuan untuk membuat media informasi mengenai PT Pelindo Jasa Maritim dalam bentuk motion graphic. Metode perancangan yg dilakukan adalah Research and Development dengan model 4D (Define, Design, Development, Dissemination) akan tetapi pada perancangan ini hanya menggunakan 3 tahap, yaitu Define, Design, dan Development. Data yang didapatkan pada hasil observasi dan wawancara akan dijadikan konsep, mulai dari pembuatan storyline dan storyboard, digitalisasi dan layouting kemudian dilanjutkan proses editing menggerakkan tiap scene dan menggabungkan semua scene untuk diberikan backsound, sound effect serta narasi dan subtitle. Hasil dari perancangan ini yaitu motion graphic company profile PT Pelindo Jasa Maritim yang terdapat 18 total scene menggunakan resolusi 1920 x 1080 pixel dengan durasi 04:27 menit dalam format mp4. Hasil dari perancangan ini juga kedepannya dapat menjadi salah satu media informasi dari PT Pelindo Jasa Maritim untuk meningkatkan informasi kepada masyarakat mengenai perusahaan

Full Text:

PDF

References


Anshori. (2015). Company Profile Sebagai Media Promosi. In rajawalipres.

Antelope, S. (2018). 5 Bahan Pertimbangan Menggunakan Motion Graphic Untuk Company Profile. Studio Antelope.

Ashby, K. (2016). Types of Motion Graphics. Motion UX.

Atila, A. (2020). Fungsi Penting Company Profile Sebagai Gambaran Perusahaan.

Benazheer Salsabila. (2021). Pembuatan Video Company Profile Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia LPPM IPB dengan teknik Motion Grapich. INSTITUT PERTANIAN BOGOR.

Fattahi, M., Shir, D., & Asadollahi, M. (2014). The Position of Motion Graphic in Communication Media. Indian J.Sci.Res, 7(1), 815–819.

Jasindo, A. (Director). (2019). Asuransi Jasindo Company Profile Animation [Motion Picture].

Kusumadinata, A. A., Ike Atikah Ratnamulyani, & Muhamad Rendi Nurmansyah. (2019). Hubungan Motion Graphic Sebagai Konten Promosi Sekolah di Media Sosial.Communications,1(2),77–90. https://doi.org/10.21009/communications.1.2.4

Maydiantoro, A. (2021). Model-Model Penelitian Pengembangan (Research and Development). Jurnal Metode Penelitian, 10, 1–8.

Paldy, R. G. ; A. M. (2007). Eksploring Motion Graphic.

Saftanto, S. D. (2013). Pembuatan Video Company Profile Berbasis Multimedia Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Karanganyar. Seruni-Seminar Riset Unggulan Nasional Informatika, 1(1), 243.

Said, A. A. (n.d.). METODE PENDEKATAN DAN ANALISA DATA Dalam Ranah Desain Komunikasi Visual. 4.

Studio, N. D. (Director). (2018). Motion Graphics Company Profile Koperasi Astra International [Motion Picture].

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development/R&D) (M. S. Sofia Yustiyani Suryandari, S.E (ed.)). Alfabeta.

Tulak, R. N. (2021). Pengembangan Audio Visual Company Profile Berbasis Motion Grapich Di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Ahmad Yani Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 145 times | PDF view : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Paratiwi: Jurnal Seni Rupa dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jurusan Seni Rupa dan Desain
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung Prodi Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: paratiwi@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Paratiwi  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by