Kemampuan Menggambar Ragam Hias Secara Berkelompok Bagi Peserta Didik Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 12 Maros

Andi Maulidya Hamid(1*), Pangeran Paita Yunus(2), Alimuddin Alimuddin(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v2i3.45454

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kemampuan Menggambar Ragam Hias Bagi Peserta Didik Kelas XI MIA 2 SMA Negeri 12 Maros, dan kesulitan yang dialami peserta didik pada saat belajar menggambar ragam hias. Jenis penilitian ini adalah evaluatif dengan taraf “deskriptif kualitatif”, merupakan metode penelitian yang umumnya digunakan untuk meneliti kondisi objek yang alami yakni berusaha dalam menyampaikan suatu atau memberi gambaran secara objektif sesuatu menggunakan kenyataan yang sesungguhnya. Adapun Teknik penggumpulan data dilakukan dalam beberapa tahap seperti: tes praktik, observasi, wawancara, dan dokumentasi yang teknik analisis datanya adalah teknik analisis kuantitatif dalam ragam persentase. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan peserta didik kelas XI MIA 2 SMA Negeri 12 Maros dalam menggambar ragam hias secara keseluruhan dikategorikan baik karena terdapat 6 kelompok yang bisa mencapai penilaian yang dikategorikan baik dibandingkan kelompok yang mendapatkan nilai sangat baik yaitu 2 kelompok. Adapun kesulitan yang dialami oleh peserta didik pada saat menggambar ragam hias secara berkelompok yaitu: kurangnya penguasaan dalam teknik pembuatan ragam hias dan kesulitan dalam penempatan objek gambar atau komposisinya.

Kata kunci: kemampuan, ragam hias


References


Gustami, SP. 1980. Nukilan Seni Ornamen Indonesia. Yogyakarta: Arindo Nusa

Media.

Mistaram, A. & Agung A.A.G., 1991. Ragam Hias Indonesia. Malang: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, IKIP Malang.

Mulyana, Deddy, 2005, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K. (2018). Analisis Karya Gambar Bentuk Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Simangumban Berdasarkan Prinsip-partaPrinsip Seni Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 7(2), 212-217.

Parta, I., & Seriyoga, W. (2009). Mengenal Ornamen.

Salam,Sofyan .dkk . 2020.Pengetahuan Dasar Seni Rupa.Makassar:Badan Penerbit UNM.

Syafii, dan Tjetjep Rohendi Rohidi. 1987. Ornamen Ukir. Semarang: IKIP Semarang Press.

Syamsidar. 1991. Arsitektur Tradisional Daerah Sumatera Barat. Jakarta: Direktur Jenderal Kebudayaan.

Veri,Apriyatno.2007.Cara Mudah Menggambar Dengan Pensil.Jakarta:PT Kawan Pustaka.

Widayat,Rahmanu.2017. Ragam Hias Bangunan Keraton Surakarta.Dwi - Quantum.


Article Metrics

Abstract view : 2 times |

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Paratiwi: Jurnal Seni Rupa dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jurusan Seni Rupa dan Desain
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung Prodi Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal Paratiwi  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by