Kemampuan Mahasiswa Angkatan 2021 Kelas B dalam Menggambar Motif Flora Menggunakan Henna Di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar

Samsidar Samsidar(1*), Sukarman B(2), Hasnawati Hasnawati(3),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) Universitas Negeri Makassar
(3) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v2i3.45383

Abstract


ABSTRAK

Samsidar, 2022. “Kemampuan Mahasiswa Angkatan 2021 Kelas B Dalam Menggambar Motif Flora Menggunakan Henna Di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Seni Rupa, Jurusan Seni Rupa, Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh: Sukarman B. dan Hasnawati).

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa angkatan 2021 kelas B dalam menggambar motif flora menggunakan henna di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluative, populasi terdiri atas 27 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa angkatan 2021 kelas B, karena populasi sangat sedikit sehingga semua populasi menjadi sampel total. Pengumpulan data menggunakan teknik tes praktik dianalisis menggunakan teknik analisis dalam ragam persentase. Hasil penilaian berdasarkan aspek yang dinilai yaitu aspek ide/gagasan, teknik, keindahan, dan penyelesaian. Selanjutnya membuat hasil skor rata-rata mahasiswa yang ditentukan berdasarkan bobot skor angka tertinggi hingga terendah kemudian menentukan jumlah persentase mahasiswa sesuai dengan aspek-aspek penilaian yang telah dikuasai. Penilaian akhir dengan menjumlah hasil skor rata-rata dari tiga tim penilai untuk menentukan persentase dalam menggambar motif flora menggunakan henna. Hasil data yang diperoleh bahwa kemampuan mahasiswa angkatan 2021 kelas B dalam menggambar motif flora menggunakan henna dikategorikan baik. Sebagai saran dari penulis, yakni kepada mahasiswa angkatan 2021 kelas B agar kiranya lebih banyak berlatih untuk meningkatkan kreativitasnya sehingga dapat menghasilkan karya-karya yang lebih baik dan bervariatif.

 


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

-----------------. Kamus Besar Bahasa Indonesia. [Online]. Tersedia di kbbi.kemdikbud.go.id/enttri/religius. Diakses 1 oktober 2021

Affandi, M. (2006). Seni Menggambar dan Kerajinan Tangan. Yogyakarta :

PGTKI Press Yogyakarta

Ariyana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku pegangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hak.

A, S. Moenir. 2008, Manajemen Pelayanan Publik, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Budiwiwaramulja, Dwi, dkk. (2013). Pengemasan Hasil Penciptaan Ragam Hias Dengan Aplikasi Elerninh Authoring System. Jurnal Seni Rupa. Vol 10 (01), 84-86.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fadillah.2017.10 Ragam hias flora beserta dengan penjelasannya. https://satujam.com/flora/ragam-hias-flora/. Di akses 1 oktober 2021

Faulks Philippa. 2011. Henna Magic. America: Llewellyn Worldwide Ltd

Hasnawati, H., & Yunus, P. P. (2018, July). Pentingnya Instrumen Penilaian Untuk Karya Seni Rupa. In Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis UNM Ke 57, (pp. 117-123). Badan Penerbit UNM.

Milman, Yusdi. 2010. “Kamus Umum Bahasa Indonesia”. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Nainggolan, M., Silaban, B., & Azis, A. C. K. (2018). Analisis Karya Gambar Bentuk Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Simangumban Berdasarkan Prinsip-Prinsip Seni Rupa. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 7(2),212-217.

Robbins, Stephen P. & Timonthy A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 13 ThreeEdition, USA:Pearson International Edition, Prentice-Hall.

Sadevi, L. W. (2020). Deskripsi Ragam Hias Motif Dinding Ai dan Sanan Empeg Tenun Ikat Geringsing. Jurnal Da Moda, 1(2), 27-31.

Soedjojono. S. (1946). Seni Loekis, Kesenian dan Seniman. Jogjakarta: Indonesia Sekarang.

Soelaiman, 2007, Manajemen Kinerja ; Langkah Efektif untuk Membangun, Mengendalikan dan Evaluasi Kerja, Cetakan Kedua, Jakarta: PT. Intermedia Personalia Utama

Tangsi. 2010. Materi Kuliah Statistik Pendidikan. Program Studi Seni Rupa. Fakultas Seni dan Desain: Universitas Negerti Makassar.


Article Metrics

Abstract view : 20 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Paratiwi: Jurnal Seni Rupa dan Desain

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Jurusan Seni Rupa dan Desain
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung Prodi Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: paratiwi@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Paratiwi  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by