Implementasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam Kegiatan Pramuka pada Kurikulum Merdeka

Kusman Rukmana(1*), Siti Wahyuni(2), Viena Aunilah Carl Vinson(3), Virda Adinda Larasati(4),

(1) Universitas Pendidikan Indonesia
(2) Universitas Pendidikan Indonesia
(3) Universitas Pendidikan Indonesia
(4) Universitas Pendidikan Indonesia
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pandega.v1i2.53598

Abstract


Artikel ini membahas terkait dengan implementasi dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan kepramukaan pada Kurikulum Merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan dimensi Profil Pelajar Pancasila dalam kegiatan kepramukaan golongan siaga pada Kurikulum Merdeka. Metode penelitian deskriptif kualitatif  yang bertujuan untuk mendeskripsikan fokus penelitian yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Penelitian kualitatif berguna dalam meneliti  suatu objek yang alamiah, suatu kondisi, suatu sistem pemikiran, ataupun suatu kelas peristiwa pada masa sekarang dengan tujuan untuk membuat deskripsi, gambaran yang sistematis. Hasil dari penelitian ini adalah kegiatan pramuka pada kurikulum merdeka dirancang agar dapat menerapkan dimensi Profil Pelajar Pancasila yang dibuat berdasarkan syarat kecakapan umum (SKU) dari tiap golongan Pramuka. Integrasi Pramuka dalam Kurikulum Merdeka dapat membantu peserta didik mengembangkan karakter, kepemimpinan, keterampilan, dan nilai-nilai positif yang penting untuk pertumbuhan dan perkembangan mereka. Sehingga dengan menerapkan nilai dari dimensi Profil Pelajar Pancasila dalan kegiatan pramuka dapat memberikan identitas peserta didik yang matang dan merepresentasikan nilai nasionalisme, kemanusiaan, dan kecintaan terhadap tanah air.

 

 


Keywords


Dimensi, Profil Pelajar Pancasila, Pramuka, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

References


Abdillah, S. D. K., & Fajrin, N. D. (2023). IMPLEMENTASI DIMENSI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KEGIATAN PRAMUKA PENGGALANG. PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Aji, A. H. (2016). Pendidikan karakter dalam ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Spektrum Analisis Kebijakan Pendidikan, 5(1), 82-96.

Fitri, E, Y (2023). Mengurai Miskonsepsi Pramuka dalam Kurikulum Merdeka. BTIKP. 10 Diakses pada Oktober 2023 dari https://btikp.babelprov.go.id/content/mengurai-miskonsepsi-pramuka-dalam-kurikulum-merdeka

Jumadi. 2022. Pendidikan Karakter: Program, Evaluasi, dan Implementasinya. Yogyakarta: Jejak Pustaka.

Mubarak, Zaki Ahmad. 2022. DESAIN KURIKULUM MERDEKA UNTUK ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DAN SOCIETY 5.0. Jakarta: Zakimu.com.

Mulyasa. 2021. Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Rawamangun: PT. Bumi Aksara.

Rumisih. 2022. Buku Saku Pandu Bermutu. Purwokerto: CV. Tatakata Grafika.

Saryanto dkk. 2022. Inovasi Pembelajaran Merdeka Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sukiyat. 2020. Pendidikan Kepramukaan Berbasis Pendidikan Karakter. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing

Syahrendo, J., Zulman, Z., Darni, D., & Rasyid, W. (2023). Pelaksanaan Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka pada Siswa SMA Negeri 2 Bayang. Jurnal JPDO, 6(2), 132-139.


Article Metrics

Abstract view : 197 times | PDF view : 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by:

Pramuka Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Bonto Langkasa, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan 90222, Indonesia Email: ukmpramuka@unm.ac.id  Contact: +62 85299898201

e-ISSN: 2987-5102




This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.