Efektivitas Gladian Pemimpin Regu Pramuka Penggalang sebagai Bingkai Roots dalam Pencegahan Perundungan Berbasis Sekolah

Muhammad Nurul Yaqin(1*), Ahmad Kusaini(2),

(1) Universitas Negeri Semarang
(2) SDN 2 Mangin Karangrayung
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pandega.v1i2.53149

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan gladian pemimpin regu penggalang sebagai bingkai pelatihan dalam menguatkan jiwa kepemimpinan peserta didik serta mencetak agen perubahan anti perundungan yang selaras dengan pelaksanaan program roots di SMP N 1 Undaan Kudus. Proses pengembangannya peneliti menggunakan model ADDIE. Untuk melihat efektivitas pelatihan anti perundungan dilakukan penelitian yang menggunakan eksperimen semu, dengan rancangan satu kelompok dengan pretest dan posttest. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sampel ditentukan berdasarkan kesesuaian, kebermanfaatan dan dianggap mampu mewakili populasi dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil t-test menunjukkan terdapat perbedaan tingkat pengetahuan tentang penanganan bullying antara sebelum dan sesudah pelatihan, dengan t = 7.620 α = 0,05. Rerata nilai sebelum pelatihan adalah 31.03 dan sesudah pelatihan sebesar 44.03. Dengan demikian, pelatihan yang dilakukan memiliki efektivitas yang baik.


Keywords


Gladian Pinru, Pramuka, Roots, Perundungan

Full Text:

PDF

References


AD/ART Gerakan Pramuka Tahun 2018.

Aliah B. Purwakania Hasan, M. E. (2013). Efektivitas Pelatihan Anti-Bullying terhadap Pengetahuan Penanganan Kasus Bullying di Sekolah pada Guru-guru TK Jakarta. AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, Vo. 2, No.2

Kurnia Syafitri, L. (2023). Strategi Pembentukan Karakter Kepemimpinan pada Peserta Didik melalui Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 8 Surabaya. Journal On Education.

Linasari, T. (2016). Keefektifan Videotherapy dalam Menumbuhkan Keasadaran Anti Bullying pada Siswa Kelas V. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 36 Tahun ke-5.

Radyati, A. D. (2022). Proyek Kepemimpinan 1. Jakarta: Direktorat PPG dan Dirjen GTK Kemendikbud Ristek.

Rafael, S. P. (2022). Filosofi Pendidikan Nasional. Jakarta: Direktorat PPG dan Dirjen GTK Kemendikbud Ristek.

SMP, D. (2021, Desember 27). Mengatasi Perundungan di Sekolah dengan Program “Roots”. Retrieved from Direktorat Sekolah Menengah Pertama: ditsmp.kemdikbud.go.id, diakses pada tanggal 4 Maret 2023

Tatang Guritno, D. P. (2021, Desember 29). Catatan KPAI: 17 Kasus Perundungan dan Kekerasan di Lingkungan Sekolah Terjadi Sepanjang 2021. Retrieved from Kompas: nasional.kompas.com, diakses pada tanggal 4 Maret 2023

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.


Article Metrics

Abstract view : 106 times | PDF view : 14 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by:

Pramuka Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Bonto Langkasa, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan 90222, Indonesia Email: ukmpramuka@unm.ac.id  Contact: +62 85299898201

e-ISSN: 2987-5102




This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.