Pengembangan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang Di Era Pandemi Covid 19

Ratno Susanto(1*), Sunik Widyaningsih(2), Achmad Afandi(3),

(1) IKIP Budi Utomo
(2) Pengawas Sekolah Dasar(SD) Se- Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur
(3) IKIP Budi Utomo
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/pandega.v1i1.45535

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media flipbook untuk menghasilkan hasil belajar ekstrakurikuler pramuka penggalang di Era Pandemi Covid 19. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D), yang berbentuk media pembelajaran. Data ini diperoleh dari observasi, wawancara, lembar penilaian dari ahli materi, dan ahli media. Subject penelitian ini berjumlah 20 peserta didik. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa media flipbook sangat membantu pembina pramuka dan berguna bagi pembelajaran peserta didik. Dengan rata- rata kelas kontrol 80,39%

Keywords


flipbook, learning outcomes, scout raiser

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrument Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARYA.

Arsyad, A. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setyosari, Punaji.2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Penerbit Kencana.

Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2013. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis dan Disertasi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susilana, R dan Riyana, C. 2008. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima

Winarno, M.E. 2007. Metodologi Penelitian dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Winarno, M.E. 2011. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani. Malang: Media Cakrawala Utama Press

Andarini, T., Masykuri, M., dan Sudarisman, S. 2013. Pembelajaran Biologi Menggunakan Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning) Melalaui Media Flipchart Dan Video Ditinjau Dari Kemampuan Verbal Dan Gaya Belajar. Jurnal Bioedukasi. Vol. 6(2): 102-119

Desi Rahmawati, Sri Wahyuni, Yushardi. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Pada Materi Gerak Benda Di Smp. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol. 6(4): 326- 332.

Hayati, S. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Flipbook Fisika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Fisika. Vol .4(2): 49-54.

Mulyadi, D. U., Wahyuni, S., dan Handayani, R.D. 2016. Pengembangan Media Flash Flipbook untuk meningkatkan keterampilan berfikir kreatif siswa dalam pembelajaran IPA di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika. Vol.4(4): 296-301.

Nurseto, T. 2011. Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 8(1):19-35.

Wahyuliyani, Y., Supriadi U., Anwar S. 2016. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Flip Book Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti. Jurnal TARBAWY, Vol. 1(1): 69-79

https://m.republika.co.id/berita/q9oz63380/strategi-belajar-kemendikbud-di-masa-pandemi-covid19

https://m.mediaindonesia.com/read/detail/310463-merdeka-belajar-di-era-pandemi-covid-19


Article Metrics

Abstract view : 218 times | PDF view : 119 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






Published by:

Pramuka Universitas Negeri Makassar

Office:

Jalan Bonto Langkasa, Kec. Rappocini, Kota Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan 90222, Indonesia Email: ukmpramuka@unm.ac.id  Contact: +62 85299898201

e-ISSN: 2987-5102




This is a website that publishes an open-access article distributed under Licensed Creative Commons License Creative Commons License the terms of the Creative Commons Attribution 4.0 International License.