INOVASI PEMBELAJARAN DIGITAL PADA MATA KULIAH GAMBAR ORNAMEN DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA FSD UNM

Hasnawati Hasnawati(1*), Aulia Evawani Nurdin(2),

(1) Universitas Negeri Makassar
(2) UNM
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v8i2.53933

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan inovasi pembelajaran digital pada mata kuliah gambar ornamen di Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Uniersitas Negeri Makassar. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau research and development, yaitu mengembangkan inovasi pembelajaran gambar ornament. Model penelitian pengembangan  yang digunakan adalah peneliti mengadopsi model yang dikembangkan oleh Thiagarajan, yaitu model 4D (Four-D: Define, Design, Develop, dan Disseminate). Tahap Define (pendefinisian) yaitu menganalisis kebutuhan mahasiswa dalam pembelajaran gambar ornamen, serta mengkaji kurikulum pada lima Program Studi Pendidikan Seni Rupa. Tahap Design (perancangan), yaitu merancang bentuk inovasi pembelajaran yang didesain secara online; Desain Pembelajaran Daring, RPS Daring, Peta Program Daring, dan Rencana Babak Mata Kuliah Menggambar Ornamen dan merencanakan mekanisme penilaian, evaluasi hasil pembelajaran dan credit earning. Tahap Develop (pengembangan), tahap ini merupakan tahap mengumpulkan dan menyusun materi ajar berdasarkan RPS daring, mengumpulkan contoh karya gambar ornamen berdasarkan materi ajar, mengembangkan multimedia pembelajaran, mengembangkan alat evaluasi dan  memvalidasi produk inovasi pembelajaran digital yang telah dikembangkan. Tahap Disseminate (Penyebaran), tahap ini merupakan tahap impelemtasi inovasi pembelajaran digital pada mata kuliah gambar ornamen pada lima perguruan tinggi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  hasil validasi ahli materi dan ahli media pada inovasi pembelajaran digital yang dikembangkan dinyatakan sangat layak digunakan oleh mahasiswa. Penilaian ahli materi memperoleh rerata skor sebesar 4,96 dan ahli media memeproleh rerata skor 4,75. Selanjutnya, inovasi pembejaran ini telah diimplentasikan pada 5 Program Studi Pendidikan Seni Rupa di perguruan tinggi dengan melibatakan 271 mahasiswa, yaitu: UNM Makasssar 67 mahasiswa, UPI Bandung 104 mahasiswa, UNESA Surabaya 58 mahasiswa, UNG Gorontalo 28 mahasiswa, dan Unismuh Makassar 14 mahasiswa.

Keywords


inovasi; pembelajaran digital; gambar ornamen

Full Text:

PDF

References


Admin. (2022). Pembelajaran Digital. LEDSULBAR. https://www.ledsulbar.id/2022/09/pembelajaran-digital.html

Adisasongko, N. (2020), Pemanfaatan Media Video Tutorial Sebagai Alternatif Pembelajaran Di Masa Pandemi Pada Peserta Didik Kompetensi Keahlian TKRO SMK. Universitas Negeri Semarang. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/download/674/592/1682

Alfiriani, A., Hutabri, E., & Pratama, A. (2017). Analisis Kebutuhan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran TI. Pend. IPA Pascasarjana UM, 1–12. https://core.ac.uk/download/pdf/267023929.pdf

Dahiya, S., Jaggi, S., Chaturvedi, K.K., Bhardwaj, A., Goyal, R.C. and Varghese, C., 2016. An eLearning System for Agricultural Education. Indian Research Journal of Extension Education, 12(3), pp.132-135. https://www.researchgate.net/publication/357767922_An_eLearning_System_for_Agricultural_Education

Kemdikbud. (2021). Inovasi pembelajaran digital pendidikan. https://lidm.kemdikbud.go.id/storage/unduhan/divisi-inovasi-pembelajaran-digital-pendidikan_uyvdags7cble0ajx.pdf

Kemdikbud. (2021). Pengajaran yang Sesuai dengan Capaian dan Tingkat Kemampuan. https://www.ninikpsmalang.net/download/file/2__Pengajaran_Yang_Sesuai_Dengan_Capaian_dan_Tingkat_Kemampuan.pdf

Kenji, K. (1998). Internet Resources. ELT, Linguistics, and Communication.

Lubis, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Berbasis Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 2(12), 1121–1126. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um065v2i122022p1121-1126

Mustafa, M., & Rahmah, U. (2017). Analisis Kebutuhan Terhadap Pengembangan Bahan Ajar Elektronika Digital Di Universitas Negeri Makassar. Research and Community Service Institute, 705–710. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/4128

Mulyatiningsih, E., Komariah, K., Lastariwati, B., Kartika, M., & Restiana, R. (2020). Eksplorasi Faktor-Faktor Penentu Keberhasilan Pembelajaran Daring Di Era Revolusi Industri 4.0. Universitas Negeri Yogyakarta. https://simppm.lppm.uny.ac.id/uploads/8729/laporan_akhir/laporan-akhir-8729-20201217-193903.pdf

Nana. (2019). Pengembangan Inovasi Pembelajaran Digital Menggunakan Model Blended POE2WE di Era Revolusi Industri 4.0. 82–90. file:///C:/Users/Ubhie/Downloads/35915-93368-3-PB.pdf

Prensky, M. (2022). 10 Manfaat Utama Pembelajaran Digital. Twitchdpeed. https://www.twitchspeed.com/10-manfaat-utama-pembelajaran-digital/

Suciati. (2018). Pengembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital. Pendidikan, 19 No. 2. https://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/article/view/181

Sucipto, B., & Kustandi. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Yoga. (2020). Modul 3 Kegiatan Belajar 3 Pembelajaran Digital. Universitas Sebelas Maret. https://spada.uns.ac.id/pluginfile.php/462980/mod_resource/content/0/Pembelajaran Digital.pdf


Article Metrics

Abstract view : 58 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by