Analisis Buku “Marbel Fun Activity: Coloring & Learning English” Sebagai Bahan Referensi Dalam Pembelajaran Pada Anak Usia Dini

Muhammad Syafruddin Akmal(1*),

(1) Universitas Negeri Makassar
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v8i2.52763

Abstract


ABSTRAK

 

Penelitian ini merujuk pada buku “marbel fun activity: coloring & learning english” (Sumber: dokumen pribadi) yang diterbitkan oleh PT Grasindo, anggota Ikapi pada tahun 2023 yang berlokasi di Jakarta sebagai objek kajian penelitian. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode analisis yang mengacu pada instrumen penilaian buku dari Badan Standar Nasional pendidikan, yaitu analisis; a) Kelayakan Isi; b) Kelayakan Kebahasaan; c) Kelayakan Penyajian; serta d) Kelayakan Kegrafikan. Hasil pada penelitian ini adalah didalam buku “marbel fun activity: coloring & learning english” terdapat 26 lembar bagian yang terdiri dari 49 halaman yang sudah termasuk dengan halaman I dan II (romawi) serta lembar sampul depan dan sampul belakang. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada buku “marbel fun activity: coloring & learning english” mengenai analisis kelayakan isi, analisis kebahasaan, analisis penyaji dan analisis kegrafikan, menyatakan bahwa secara keseluruhan telah layak untuk dapat digunakan sebagai bahan referensi dalam pembelajaran pada anak usia dini.


Keywords


Analisis Buku; Bahan Referensi; Pendidikan Anak Usia Dini.

Full Text:

PDF

References


Akhmad Solihin. Dasar Hukum Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dilaksanakan PKBM. https://paud-anakbermainbelajar.blogspot.com/2015/09/dasar-hukum-program-pendidikan-anak.html. 2015.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur penelitian suatu pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Aziz, dkk. (2014). Analisis kelayakan isi buku teks Bahasa Indonesia terbitan erlangga kelas VII SMP/Mts. Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Lampung. Jurnal Kata

BSNP. 2014. Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas.

Bungin, Burhan. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media.

Faiz, A. & I. Kurniawati. (2022). Urgensi Pendidikan Nilai di Era Globalisasi. Jurnal Basicedu. 6(3), 3222-3229.

Herlinah. 2017. Kelayakan Buku Teks Seni Budaya (Seni Rupa) untuk SMP Kelas VII Terbitan Tiga Serangkain Tahun 2015, Penulis: Kusnadi. Makassar: Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Kemendikbud.2004. Petunjuk Kualitas Buku. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional

Kemendikbud. Kurikulum Merdeka:Keleluasaan Pendidik dan Pembelajaran Berkualitas. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/. 2023.

Koakasih. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur.PT Bumi Aksara.

Nurul Mahmudah. “Pengembangan Buku Panduan Menggambar Dan Mewarnai Ragam Hias Dengan Teknik Gradasi Pada Siswa Kelas V Sdn Kajar 01 Pati”. UNNES: 2017.

Sutopo, H.B., Metodoloi Penelitian Kualitatif; Dasar Teori danTerapannya dalam Penelitian, Surakarta, Sebelas Maret University Press, 2002.

Tim Eduka Studio. (2023). Marbel Fun Activity"Coloring & Learning English". Jakarta. PT. Grasindo, anggota ikapi.

Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional (UU RI No. 20 Tahun 2003). Disahkan di Jakarta, 8 juli 2003.

Yuridis.id. Landasan Hukum Wajib Belajar 9 Tahun. https://yuridis.id/landasan-hukum-wajib-belajar-9-tahun/. 2018.


Article Metrics

Abstract view : 19 times | PDF view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: pakarena@unm.ac.id

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by