Strategi Kreatif Rumah Produksi Krakatoa dalam Program Kuis Siapa Berani di TVRI

Erika Dyah Muftiarini(1*), Donie Fadjar Kurniawan(2),

(1) Institut Seni Indonesia Surakarta
(2) Institut Seni Indonesia Surakarta
(*) Corresponding Author




DOI: https://doi.org/10.26858/p.v8i2.45272

Abstract


Penelitian ini membahas mengenai strategi kreatif rumah produksi Krakatoa dalam program Kuis Siapa Berani di TVRI. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan secara mendalam dan tertulis mengenai strategi kreatif tim Krakatoa dalam program acara Kuis Siapa Berani. Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan program Kuis Siapa Berani Episode 20 sebagai objek kajian penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian dokumen, observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan strategi kreatif yang diterapkan dalam episode 20 meliputi strategi 100 orang peserta, pemilihan host yang sudah familiar dan peserta dari berbagai kalangan, gimmick berupa improfisasi host maupun peserta yang menambah keseruan kuis, penggunaan bahasa yang santun dan sopan, pertanyaan yang mengedukasi dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, serta setiap babak permainan yang memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. ABSTRACTThis study discusses about the creative strategies of Krakatoa Production team in the Kuis Siapa Berani in TVRI. While the purpose of this study is to describe in depth and in writing about creative strategies of Krakatoa Production in the Kuis Siapa Berani. The research method used is qualitative descriptive.The research uses the program Kuis Siapa Berani episode 20 as a study of research. the method that has been used for the data collection is document, observation and interview. The result of the research shows that the creative strategies that has been applied on episode 20 involve 100 people’s strategies, familliar host ellectio and participant from various circles, gimmick that involving improvisation of the host or participant makes the show become exciting, formal and polite language that has been used, question that can educate and the truth is responsible for, also in every game round that have a different level of difficulty. 

Full Text:

PDF

References


Burton. Graeme. 1999. Media dan Budaya Populer. Yogyakarta: Jalasutra.

Convelo G. Cevilla, dkk. 1993. Pengantar Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Indonesia.

Darwanto . 2011.Televisi Sebagai Media Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar,

Fachrudin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memroduksi Program Televisi. Yogyakarta : CV Andi Offset

Fred Wibowo. 2007. Teknik Produksi Program Televisi. Yogyakarta: Pinus Book Publisher.

Gempur Santoso. 2005. Metodologi Penelitian, Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Gramedia.

Hidajanto Djamal dan Andi Fachrudin. 2013. Dasar-Dasar Penyiaran Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi(edisi kedua). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Masduki. 2007. Regulasi Penyiaran dari Otoriter ke Liberal. Yogyakarta: LkiS Yogyakarta.

Morissan. 2008. Manajemen Media Penyiaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group

Naratama. 2014. Menjadi Sutradara Televisi dengan Single dan Multi Kamera. Jakarta: Grasindo.

Samiaji Sarosa. 2012.Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks.

Soenarto. 2007. Teknik produksi program Televisi,Yogyakarta : FFTV IKJ Press

Sony Set. 2008. Menjadi Perancang Program Televisi Profesional. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.


Article Metrics

Abstract view : 124 times | PDF view : 0 times

Refbacks



Copyright (c) 2023 JURNAL PAKARENA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Alamat Redaksi:

Program Studi Pendidikan Sendratasik
Fakultas Seni dan Desain
Universitas Negeri Makassar

Gedung DE Lantai 2 Kampus FSD UNM Parangtambung 
Jl.
Daeng Tata Makassar 90224

E-mail: [email protected]

Lisensi Creative Commons
Jurnal Pakarena  dilisensikan di bawah  Lisensi Atribusi-Nonkomersial 4.0 Internasional Creative Commons .

Index by